5 Bakteri Yang Menyebabkan Penyakit Mengingitis

5 Bakteri Yang Menyebabkan Penyakit Meningitis - Baru - baru ini beredar luas kabar meninggalnya artis sekaligus komedian Olga Syahputra yang dimana dikabarkan meninggal lantaran sudah tidak bisa bertahan lagi menghadapi penyakit Meningitis yang dihadapinya.

5 Bakteri Yang Menyebabkan Penyakit Mengingitis

Karena kematian artis terkenal ini kini Meningitis mulai penjadi perhatian banyak orang, penyakit ini kini mulai diperhatikan oleh banyak orang.

Berikut beberapa bakteri yang perlu kita ketahui karena bakteri - bakteri berikut merupakan penyebab terjadinya penyakit meningitis.

Bakteri Penyebab Penyakit Meningitis


1. Streptococcus Pneumoniae (pneumococcus)
Bakteri Streptococcus Pneumoniae (pneumococcus) merupakan salah satu bakteri yang paling ditakui lantaran Streptococcus Pneumoniae merupakan bakteri penyebab penyakit meningitis yang biasa menyerang pada anak - anak dan balita, jenis bakteri ini juga bisa menyebabkan penyakit paru atau infeski paru ( Pneumonia ) penyakit telinga dan juga bisa menyebabkan radang pada hidung atau (sinusitis).

2. Haemophilus Influenzae (haemophilus)
Bakteri Haemophilus Influenzae (haemophilus) type B merupakan jenis bakteri yang juga tidak bisa dianggap remeh karena bisa menyebabkan infeksi pernapasan dan gangguan - gangguan lain pada telinga dan hidung namun untuk jenis bakteri ini masih bisa diatasi dengan memberikan vaksin (Hib vaccine).

3 Staphylococcus Aureus dan Mycobacterium Tuberculosis
Untuk Bakteri penyebab meningitis yang lainnya adalah bakteri Staphylococcus Aureus dan juga Mycobacterium Tuberculosis, yang memang bakteri berbahaya karena merupakan salah satu penyebab TBC.

4. Listeria Monocytogenes (listeria)
Untuk bakteri yang satu ini sangat banyak dijumpai, bakteri jenis Listeria Monocytogenes ini biasa tersebar di tempat - tempat umum melalui hewan peliharaan dan beberapa makanan yang memiliki potensi besar terkontaminasi bakteri jenis Listeria ini seperti Daging Sandwich, keju dan Hot Dog.

5. Neisseria Meningitidis (meningococcus)
Untuk jenis bakteri penyebab meningitis yang satu ini sangatlah berbahaya dari pada yang lain jenis bakteri Niesseria Meningitidis ini berbahaya lantaran bakteri ini langsung menyerang saluran pernafasan yang kemudian bakteri berjalan menunju ke otak, sehingga menjadi penyebab timbulnya meningitis. Infeksi bakteri jenis ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian bagi para penderitanya hanya dalam jangka waktu 24 hingga 48 jam.

Baca Juga Artikel & Berita Kami Lainnya :

Meningitis atau penyakit radang selaput otak ini merupakan penyakit yang bisa menular melalui batuk, dan kontak langsung makanya banyak dokter yang menyarankan untuk menjaga jarak dengan penderita meningitis.

Dan itulah beberapa jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit meningitis, semoga dapat bermanfaat untuk sobat "Hanya Tau Aja" semuanya.

Bersyukurlah kita yang masih sehat hingga sampai saat ini dan berdoalah agar bakteri - bakteri jenis ini musnah dan semoga penderita meningitis mulai ditemukan pengobatannya. Amin

Tag : Kesehatan
Back To Top