Sheep-Pig Atau Babi Berbulu Domba Hewan Unik Berasal Dari Hungaria

Sheep-Pig Atau Babi Berbulu Domba Hewan Unik Berasal Dari Hungaria - Babi pada umumnya hanya memiliki bulu - bulu tipis yang menghiasai sekitar kulit luarnya, namun untuk babi jenis yang satu ini berbeda dengan babi - babi jenis lainnya untuk babi yang berasal dari Negara Hungaria ini memiliki bulu tebal layaknya domba.

Sheep-Pig Atau Babi Berbulu Domba Hewan Unik Berasal Dari Hungaria

Karena memiliki bulu yang seperti domba spesies babi jenis ini biasa dipanggil dengan sebutan Sheep-Pig lantaran babi ini memiliki kemiripan dengan domba pada bulu - bulu keriting yang sama persis dengan domba.

Jenis Babi Mangalica Berbulu Seperti Domba
Babi ini merupakan jenis Mangalica yang merupakan hewan langka dan hanya ditemui di Hungaria Timur, Mangalitsa atau Mangalica merupakan spesies babi paling langka di dunia. Bulu babi ini memiliki keanekaragaman ada yang memiliki bulu berwarna merah atau hitam namun kebanyakan yang sering ditemui adalah babi mangalica yang memiliki bulu berwarna pirang.

1830-an babi ini mulai dikembang biakan pada masa kekaisaran Austro-Hungaria. pada saat itu Archduke Joseph Anton Johann, yang merupakan anak ketujuh dari Kaisar Romawi Leopold II menerima hadiah berupa babi Sumadija dari salah seorang pangeran Serbia, babi - babi itu pun kemudian dikawinkan dengan beberapa jenis babi lainnya seperti jenis Bakony dan Szalonta.

Dan diduga dari situlah Babi Mangalica dikenal, kandungan lemak babi mangalica ini bisa mencapai 65 hingga 70 persen dari berat tubuhnya, namun sayangkan perkembangan hewan yang tergolong Omnivora ini sekarang ini mulai berkurang dan babi jenis Mangalica ini kini sedang di diselamatkan dari ambang kepunahan oleh upaya genetika hewan Peter Toth.
Tag : Info Penting
Back To Top