Ernest Dunlop Swinton Penemu Mesin Tempur Tank

Ernest Dunlop Swinton Penemu Mesin Tempur Tank - Selama berlangsungnya Perang Dunia II ( 1939-1945 ), Tank menjadi salah satu mesin tempur andalan. Peran Kendaraan lapis baja ini bahkan menjadi serpihan penting dalam riwayat militer Jerman yang mengobrak - abrik daratan Eropa di bawah bendera NAZI pimpinan Adolf Hittler. Kendati pada akhirnya Hittler kalah perang. namun cerita tentang kedigdayaan pasukan anak Jerman masih saja menjadi legenda yang tidak bisa dilupakan.

Ernest Dunlop Swinton Penemu Mesin Tempur Tank

Mesin penghancur bernama tank sebenarnya tercipta pada kemelut di periode sebelumnya, yaitu padakemelut di periode sebelumnya, yaitu pada Perang Dunia I ( 1914-1918 ). Adalah Ernest Dunlop Swinton yang berhasil menciptakan mesin perang paling tangguh pada perjalanan awal abad ke-20 tersebut. Swinton adalah seorang penulis sekaligus tentara dari angkatan perang Inggris yang lahir di Bangalore, India, pada 1868 Lulusan Akademi Militer Kerajaan Inggris ini menjadi perwira sejak tahun 1888 dan bertugas di India hingga dilantik sebagai Letnan pada 1891. Swinton juga turut bertempur dalam Perang Boer II ( 1899-1902 ), bahkan memperoleh penghargaan atas partisipasinya itu.

Sejak Perang Boer II berakhir, Swinton menulis The Defence of Duffer's Drift, sebuah buku taktik militer. Buku ini kemudian digunakan sebagai salah satu acuan untuk melatih para prajurit militer Amerika Serikat. Gagasan awal Swinton dalam menciptakan tank juga termaktub dalam buku ini. Manjelang pecahnya Perang DUnia I, Swinton menjabat sebagai perwira staf dan menjadi sejarawan resmi dalam perang Rusia-Jepang yang terjadi pada 1904-1905.

Terwujudnya penciptaan tank berawal dari rasa penasaran Swinton. Ia merasa, terdapat banyak kesulitan yang dialami kendaraan militer untuk bisa menembus wilayah lawan. Ia berpikir, kira - kira mesin perang seperti apakah yang paling bisa diandalkan untuk menjelajah medan laga. Swinton lantas terinspirasi oleh traktor dan membayangkan seandainya mesin yang sebenarnya digunakan untuk pertanian itu dimodifikasi menjadi kendaraan jelajah yang tahan banting dan sekaligus berfungsi sebagai kendaraan tempur yang mematikan.

Kebetulan, saat Swinton ditugaskan ke Prancis pada pertengahan tahun 1914 sebagao koresponden perang, Ia melihat traktor mulai difungsikan sebagai kendaraan militer untuk mengangkut peralatan perang. Atas dasar itulah, pada November 1914, Swinton menyarankan kepada para petinggi militer Inggris untuk membuat kendaraan dengan kekuatan dorong yang besar sekaligus dilengkapi senjata untuk menghancurkan musuh. Awalnya, usul itu diabaikan hingga Winston Churchill, tokoh militer Inggris terkemuka, menyadari bahwa gagasan Swinton tersebut sangat penting untuk segera di realisasikan.

Pada 1916, Swinton naik pangkat menjadi letnan kolonel, dan karier militernya pun melesat hingga mencapai jabatan sebagai mayor jendral. Swinton diberi wewenang memimpin pelatihan unit tank yang pertama. Pembuatan tank secara massal pun mulai dilakukan. Hingga tahun 1918, sebanyak 2.100 traktor yang diciptakan oleh Benjamin Holt telah beralih fungsi menjadi alat perang.

Traktor dengan ban berjalannya yang mampu melindas apa pun, ditambah tenaganya agar menjadi kendaraan yang super kuat. Selain itu, seluruh badan mesin perang ini dilapisi dengan baja anti peluru dan dilengkapi dengan moncong maut berisi amunisi yang siap untuk ditembakan setiap saat.

Usai Perang Dunia I, Swinton menemui Benjamin Holt untuk mengucapkan terima kasih kepada pencipta traktor itu, khususnya atas inspirasi awal terciptanya tank dan kontribusi traktor selama peperangan terdahulu. Pada 1919, Swinton mulai bertugas di Departemen Penerbangan Pada 1922, Swinton memimpin perushaan bernama Citroen. Ia pun mengabdi sebagai guru besar sejarah militer di Universitas Oxford sejak 1925 hingga 1929. Selanjutnya, pada kurun 1934-1938, ia menerima mandat untuk bergabung dengan Royal Tank Corps ( Korps Tank Kerajaan Inggris ), Ernest Dunlop Swinton masih merasakan gejolak Perang Dunia Kedua di usia senja hingga wafatnya pada 1951.

Nah, itulah sedikit cerita mengenai Ernest Dunlop Swinton Penemu Mesin Tempur Tank semoga dapat bermanfaat untuk sobat "Hanya Tau Aja" semuanya.

Back To Top