Emily Cummins Penemu Lemari Es Tenaga Surya

Emily Cummins Penemu Lemari Es Tenaga Surya  - Emily Cummins dirasa pantas menjadi salah satu simbol bibit unggul abad ke-21. Bagaimana tidak ? Di usia yang relatif masih muda, Emily telah berhasil menciptakan sesuatu yang sangat berdayaguna bagi kehidupan manusia dan ramah terhadap lingkungan. Atas penemuannya yang spektakuler, yakni lemari es bertenaga surya, Emily menjadi satu - satunya perempuan yang meraih penghargaan dalam ajang bergengsi bertajuk "The 2010 Business for Peace Honouress" yang digelar di Oslo, Norwegia.

Emily Cummins Penemu Lemari Es Tenaga Surya

Istimewanya, para juri dalam ajang penghargaan yang diberikan kepada anak - anak muda berprestasi yang mampu menciptakan sesuatu atas nama perdamaian dunia itu terdiri dari orang - orang hebat pemenang Nobel, Muhammad Yunus ( peraih Nobel Peace Prize 2006 ), Wangari Muta Maathai ( pemenang Nobel Peace Prize 2004 ) dan A. Micheal Spence ( peraih Sverige Riksbank Prize in Economic Sciences in Memory of Alfred Nobel tahun 2001 ), adalah nama - nama tenar yang bertindak sebagai tim penilai dalam perhelatan "The 2010 Business for Peace Honourees" tersebut.

Emily Cummins yang genap berusia 23 tahun pada 2010 itu, dianggap berjasa karena telah berhasil mengembangkan lemari es yang tidak membutuhkan listrik, melainkan dengan energi sinar matahari. Lemari es tenaga surya temuan Emily ini bahkan dapat dimaksimalkan untuk mengangkut, menyimpan, sekaligus menjaga kadar sensitif obat - obatan yang diperlukan di negara - negara berkembang.

Emily Cummins Wanita Cantik Penemu Lemari Es Tenaga Surya
Penemuan Emily sangat berguna dan telah banyak membantu orang - orang yang tinggal di Afrika, seperti Namibia, Zambia, Botswana, Zimbabwe, Afrika Selatan dan lainnya. Selain menciptakan lemari es tenaga surya, Emily juga berhasil membuat perangkat distribusi air yang dirancang khusus untuk digunakan di negara - negara di Afrika yang hingga kini masih berkutat dengan persoalan penyedian air bersih.

Lantas, siapakah sebenarnya perempuan muda cantik jenius ini ? Inilah Nama lengkapnya Emily Jayne Cummins, gadis asal Inggris yang lahir tanggal 11 Februari 1987. Lulusan Universitas Leeds ini mewarisi kejeniusan dari kakeknya yang memang gemar melakukan berbagai inovasi untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat. Sejak kecil, Emily sering diikutsertakan oleh sang kakek untuk membongkar bermacam - macam jenis barang kemudian merakitnya kembali. Bahkan, saat Emily masih duduk di sekolah menengah, ia mengaku sudah paham tentang cara kerja mesin dan berbagai jenis bahan material. "Emily mengaku selalu punya ide kreatif dan karena semua orang selalu mendukungku, hingga akhirnya aku berani untuk menciptakan penemuanku sendiri," Kata Emily.

Emily Cummins Melakukan Kunjungan Di Afrika
Mengenai lemari es bertenaga surya ciptaannya, Emily mengungunkapkan bahwa temuan ini sangat praktis karena bisa dibawa ke mana - mana dan yang terpenting, ramah lingkungan karena semua bahan pendukungnya diperoleh dari alam. Kulkas portable hasil cipta Emily ini mampu mendinginkan susu dan daging hingga suhu 6 derajat Celcius. Sedangkan tentang alat pengangkut air yang juga berhasil dirancangnya, Emily memang mendedikasikan peralatan ini untuk membantu orang - orang di Afrika, mengingat selama ini mereka harus berjalan jauh demi mendapatkan satu atau dua ember air saja.

"Dengan alat ini, akan ada lebih banyak air yang bisa dibawa dan tentunya akan lebih easy atau mudah." Ujar Emily.

Keresahan atas pemanasan global dan perusakan lingkungan yang semakin parah membuat Emily terlecut untuk menciptakan sesuatu yang berfaedah bagi manusia tanpa harus membuat alam marah atau menyakitinya. "Pemanasan global adalah ancaman yang nyata, dan sangatlah penting jika melakukan sesuatu untuk menjaga kelestarian planet ini demi generasi yang baru yang lebih baik." Demikian tujuan Emily Cummins

Emily tidak sepenuhnya menyalahkan mereka yang memakai benda - benda mewah untuk mempermudah hidup meskipun hal itu dapat menyebabkan rusaknya keseimbangan alam. Namun, manusia juga harus bertanggung jawab atas perbuatannya tersebut jika tidak ingin menuai celaka. Menurut Emily, salah satu caranya adalah dengan membuat produk - produk yang ramah lingkungan namun tetap bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan orang banyak.

Lebih hebatnya lagi, Emily menjalani proses kreatifnya dengan uangnya sendiri atau dengan biaya sendiri. Emily mencari uang dengan bermacam cara agar bisa merealisasikan beberapa temuannya, yang juga termasuk dari tabungan yang kini diperolehnya dari hadiah karena memenangkan kompetisi desain. selain itu, Emily juga bekerja paruh waktu dan merelakan uang gajinya untuk menunjang proses penelitiannya. Saat mengunjungi Afrika untuk melakukan pengujian dan penelitian lebih lanjut selama 2 bulan pun Emily tidak mengharapkan bantuan dari siapa pun. Ia pergi dengan uang sendiri yang didapatnya dari hasil memenangkan sebuah kompetisi yang berhadiah 5000 poundsterling.

Emily Cummins memang salah seorang sosok kebanggan abad ke 21. Selain meraih penghargaan dalam ajang "The 2010 Business for Peace Honourees", sebelumnya Emily juga sudah menorehkan sederet prestasi, termasuk memenangkan gelar Female Innovator of the Year tahun 2007 dari The British Female Inovator and Innovators Network. Selain itu, Emily menjadi duta untuk kampanye The Women of Achievement and the Girls ! Make Your Mark. Sejak akhir tahun 2010, emily sedang berusaha membentuk sebuah badan amal demi pemberdayaan kreativitas kaum perempuan di negara - negara berkembang.

Nah, itulah sedikit cerita mengenai si cantik penemu lemari es tenaga surya dari inggris Emily Cummins semoga dapat menambah wawasan kita semuanya sobat "Hanya Tau Aja".

Back To Top