Charles Babbage Penemu Komputer

Charles Babbage Penemu Komputer
Charles Babbage Penemu Komputer - Jika anda bertanya Siapa Penemu Komputer Jawabannya Adalah Charles Babbage. Nenek moyang komputer ternyata sudah ditemukan sejak pada awal abad ke-19. Sang super jenius yang berhasil merancang cikal-bakal komputer adalah seorang ahli Matematika dari Inggris bernama Charles Babbage. Orang inilah yang pertama kali mencetuskan ide tentang mesin yang bisa diprogram. waktu dibuat, sebenarnya mesin ciptaan Babbage itu belum dikenal sebagai komputer, melainkan lebih mirip mesin hitung digital. Akan tetapi, penemuan mesin penghitung digital hasil karya Babbage ini menjadi salah satu prestasi yang paling menentukan dalam sejarah perkembangan komputer. Selain itu, mesin hitung tersebut juga tercatat sebagai kalkulator otomatis yang pertama kali diciptakan.


Dilahirkan pada 26 Desember 1791 di Southwark, Londong Inggris, Babbage sejak kecil sudah sangat suka dengan Matematika. Ayah Babbage adalah seorang pegawai bank yang dalam kesehariannya selalu berkutat dengan angka - angka. Aktivitas sang ayah diketahui sering mengotak - atik angka inilah yang kemudian membuat Charles Babbage ikuti tertarik dengan kegiatan hitung - menghitung. Di sekolah Babbage selalu mendapat nilai tinggi untuk pelajaran Matematika ketika bersekjolah di Trinity College pada 1811. nilai Matematika yang diperoleh Babbage ternyata sangat sempurna, jauh melampaui teman - teman sekolahnya. Bahkan, ada yang menilai bahwa kemampuan Matematika yang dimiliki Babbage jauh mengungguli guru yang mengejar Matematika di sekolahnya.

Inilah Penemu Komputer Pertama Kali Charles Babbage
Setelah lulus dari Trinity College, Babbage pun dikenal sebagai ahli Matematika muda yang sangat berbakat. Waktu itu usianya baru menginjak 20 tahun namun sudah terkenal sebagai anak muda yang cerdas dan brilian. Pada 1816, Babbage terpilih untuk menjadi anggota Royal Society, sebuah organisasi bagi para ilmuwan sains dan akademis independen di seluruh Inggris. Selain itu, Babbaga menjadi salah satu orang yang paling berpengaruh di balik pendirian Astonomical Society pada 1820. Yayasan Astronomical Society merupakan perkumpulan bagi para ahli astronomi di geofisika se-Britania Raya. Babbage juga menerima gelar The Lucasian Chair of Mathematics dari Universitas Cambridge.

Babbage menciptakan mesin hitung digitalnya pada 1821. Mesin yang diberi nama Difference Engine ini mampu menyusun tabel matematika. Selama 2 tahun berikutnya, Babbage berusaha untuk menyempurnakan mesin hitungnya. Ia berusaha membuat mesin hitungnya agar bisa digunakan untuk berbagai jenis operasi aritmetika. Setelah jadi, Babbage menamakan mesin barunya dengan nama Analytical Engine yang dimaksudkan sebagai mesin pemanipulasi simbol umum dan memiliki karakteristik yang kemudian diadopsi oleh kompoter modern.

Kendati telah berhasil menciptakan mesin yang sebenarnya luar biasa, Namun hasil karya Babbage ini belum memetik ketertarikan dari publik dan pihak - pihak terkait. Pada 1843, Babbage bekerja sama dengan seorang mitranya yang bernama Ada Lovelace untuk kembali menyempurnakan Analytical Engine. Meskipun pamornya sediki8t naik, namun sesungguhnya potensi mesin buatan Babbage ini belum sepenuhnya terlihat. Hal ini disebabkan karena apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi mesin tersebut tidak tersedia pada zaman itu. Dengan kata lain, kakek moyang komputer yang dibuat oleh Babbage telah melintas batas kemampuan teknologi yang ada pada masa itu.

Pemerintah Inggris menilai penemuan Babbage itu belum dibutuhkan oleh Masyarakat. Oleh karena itu, pendanaan yang selama ini diberikan untuk penelitian Babbage diputuskan untuk ditunda sementara sejak tahun 1832, Namun akhirnya benar - benar dihentikan pada 1842. Hal inilah yang menyebabkan cikal - bakal komputer yang dibuat Babbage baru terlaksana dalam taraf rancangan dan bentuk awal, Belum mencapai wujud yang diinginkan oleh Babbage. Keputusan pemerintah itu membuat Babbage kecewa berat hingga akhirnya hayatnya. Kerangka mesin buatan Babbage masih tersimpan rapi di Museum Sains London, Inggris hingga sampai saat ini.

Babbage tidak sempat merasakan bahwa mesin ciptaannya ternyata memang sangat berguna di masa depan, sebagai rancangan awal bagi sejarah perkembangan komputer yang kemudian berkembang menjadi teknologi paling mutakhir. Pada 1991, dengan menggunakan rancangan asli dari Babbage, dikembangkanlah sebuah mesin yang dapat berfungsi dengan sempurna. Kenyataan ini menjadi pembuktikan bahwa gagasan Babage tentang mesin ini bukan hanya sebatas di angan - angan semata, melainkan dapat diaplikasikan. Charles Babbage wafat pada 18 Oktober 1971 di London.

Nah, itulah cerita singkat mengenai siapa penemun komputer sebenarnya. semoga artikel berjudul "Charles Babbage Penemu Komputer" ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semuanya.
Tag : Info Penting
Back To Top