Gejala-Gejala Asam Urat

Asam Urat umumnya terjadi pada orang dewasa berkisar usia 40 tahun ke atas. Asam Urat menjadi penyakit yang membahayakan dikarenakan penderita penyakit ini akan mengalami rasa tidak karuan. Tahukah anda, apa sih penyakit asam urat itu?. Mengapa seringkali menyerang orang dewasa?.

Asam Urat adalah sisa dari metabolism zat purin yang berasal dari suatu makan yang sudah dikonsumsi oleh tubuh. Sedangkan purin sendiri bararti zat yang asalnya dari mahluk hidup yang ada di bahan makanan. Oleh sebab itu, seandainya anda memakan telur atau daging misalnya, maka di dalam makanan itu terdapat purin. Apabila anda memakan makanan itu, otomatis purin akan masuk ke dalam tubuh anda.

Seseorang yang mengkonsumsi purin dari suatu makanan tersebut dalam keadaan normal maka asam uratnya hasil dari metabolism tubuh akan dikeluarkan melalui kotoran dan urin. Apabila asam urat yang masuk ke dalam tubuh kita terlalu banyak melebihi normal, maka tubuh akan kesulitan mengeluarkan asam urat tersebut.


Tubuh yang tidak bisa mengeluarkan asam urat tersebut menyebabkan persendian mengalami pembengkakan. Sebab asam urat berkumpul di situ hingga menyebabkan penderita asam urat merasa nyeri dan bahkan tidak bisa berjalan.

Sebab Terkena Asam Urat

Dalam definisi asam urat di atas, diketahui bahwa penyakit ini berasal dari purin yang terdapat di dalam makanan.  Penderita asam urat dalam hal ini tidak terkontrol pada saat makan. Maka seringkali penderita asam urat disebabkan tidak memperhatikan makanannya. Apalagi di zaman sekarang ini beragam jenis makanan aneh-aneh. Jika kebiasaan memakan makanan yang aneh-aneh dalam skala berlebihan dan kontinyu, bahaya asam urat akan menyerang pelakunya.

Mengkonsumsi makan yang mengandung purin terlalu tinggi juga menjadi sebab mudah terkena asam urat. Diantara makanan mengandung purin tinggi adalah makanan laut dan jeroan. Memang kedua jenis makanan ini enak. Namun di balik kenikmatan itu, menyimpan ancaman asam urat jika dikonsumsi berlebihan. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung purin tinggi.

Gejala Asam Urat

Jika anda sudah tahu pengertian asam urat dan penyebabnya dengan jelas, maka selanjutnya bagaimana sih gejala asam urat itu sendiri?. Apakah dalam usia anda yang sudah tua mengalami hal-hal yang terasa tidak enak, apakah juga termasuk asam urat?. Simak gejala-gejala asam urat berikut ini:
  • Persendian terasa ngilu, nyeri, terasa kesemutan, dan bahkan sampai bengkak dan kemerahan karena asam urat sudah muradang.
  • Pada malam hari persendian terasa nyeri atau pada pagi hari persendian terasa nyeri, ini bisa jadi gejala asam urat
  • Nyeri pada persendian secara ber-ulang-ulang
  • Nyeri terjadi pada persendian kaki, tangan, tumit, serta siku
  • Nyeri yang begitu hebatnya, biasanya penderita akan kesulitan berjalan
  • Jika anda belum yakin, anda bisa memeriksakan asam urat anda ke dokter terdekat. Berapa ukuran asam urat pada tubuh anda.
Tag : Health
Back To Top