Tingkatan Motivasi Dalam Belajar



Quote:Terimakasih kepada semuanya terutama admin. Ini HT pertama ane
Spoiler for No Repost:



Quote:Maaf sebelumnya kalau Threadnya amburadul emesyu-emesyu. Ini thread pertama ane

Quote:Motivasi adalah sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk melakukan sesuatu. Alasan atau dorongan itu bisa datang dari luar maupun dari dalam diri. Sebenarnya pada dasarnya semua motivasi itu datang dari dalam diri, faktor luar hanyalah pemicu munculnya motivasi tersebut.

Kebanyakan orang ngira kalau motivasi itu datangnya hanya dari luar. Contohnya belajar karna bsok ada ulangan , dapet rangking di kelas, ataupun biar bisa deket ama gebetan. Sebenernya motivasi itu nggak harus dateng dari luar. Justru kalau kita terbiasa dengan hal hal seperti itu tadi kita bakal kehilangan asiknya dari belajar itu sendiri. Agan yang suka main game tau kan gimana senengnya kalu kita lagi main game? bahkan sampe main berjam-jam sampe nggak tidur agan rela nglakuin itu dengan perasaan senang, hafal di luar kepala item,skill,dan hero-hero yang segitu banyaknya nah kalau kita masuk ke tahap motivasi tertinggi dalam belajar, agan pasti bakal ngerasain gimana senengnya kalau pas lagi main game. yak langsung aja gan sis!



Quote:Quote: Level 0. Amotivated Quote:
Kondisi dimana agan tidak ada motivasi untuk belajar


Quote:Quote: Level 1. External
Quote:
Contoh motivasi ini adalah "ntar malem ane bakal belajar ah biar dikasih duit ama emak". Motivasi tahap ini membutuhkan reward dari luar, rewardnya itu sendiri biasanya tidak ada hubungannya dengan belajar.


Quote:Quote: Level 2. introjected
Quote:
Contoh motivasi jenis ini adalah "Ane belajar biar bisa ngebanggain emak". Pada level ini agan belajar untuk orang lain bukan untuk diri agan sendiri. Tapi udah mending laaah


Quote:Quote: Level 3. Identified
Quote:
Contoh motivasi di tahap ini adalah "ane bakal rajin belajar biar dapet rangking 1". Pada level ini agan sudah belajar untuk diri agan sendiri, tapi masih ada nilai atau rangking.


Quote:Quote: Level 4. Integrated
Quote:
Contoh motivasi di tahap ini adalah "Ane mau belajar sungguh-sungguh biar bisa jadi dokter kelak ". Di level ini agan udah bisa liat lebih jauh lagi tujuan agan belajar. Pada tahap ini agan udah punya kesadaran sendiri kenapa agan belajar.


Quote:Quote: Level 5. Intrinsik
Quote:
Nah, di level ini, agan ngerasain bahwa belajar itu fun, bikin agan seneng banget ketika agan bener-bener ngerti sama apa yang dipelajari.

Agan bayangin the best game yang pernah Agan mainin. FIFA? PES? PB? DOTA? DN? Catur? Silent Hill? Kenapa agan termotivasi banget main itu semua? Padahal, agan nggak diiming-iming sama nilai, nggak dikasih duit juga untuk main game-game itu, agan main game juga bukan demi orang tua agan, dll. Pokoknya agan pengen aja main game itu karena: fun. Nah, sebenernya dari mana sumber “fun”-nya ini? Pertama, agan melakukannya karena nggak ada paksaan dari luar. Selain itu, ini yang sangat penting, agan ngerasa ketika agan main game tersebut, agan bisa ngelewatin berbagai challenge yang ada di situ.

Dalam belajar, ini juga bisa terjadi. Kalau dorongan belajar agan itu muncul dari dalam, justru mungkin banget agan ngerasa kalau belajar itu “fun”. Reward dalam belajar itu yang paling kuat itu bukan ketika kita dapet nilai 100 di sekolah. Reward dalam belajar itu adalah ketika agan bisa bilang “Anjir gue ngerti banget konsepnya!!!”.


Quote:Berikut Rangkuman Tingkatan Motivasi


Quote:Mulanya agan enggak harus langsung di level intrinsik. Agan bisa mulai dari lvl 1 trus creeping dlu biar dapet exp smpe lvel 5 . Biar agan bisa smpe motivasi level 5 awalnya mungkin agan harus memaksakan diri agan semaksimal mungkin sampe bener-bener ngerti konsepnya. Ketika agan udah ngerti konsepnya rasanya akan asik banget bak main game

Sebenernya sama aja kayak main game. Bayangin game yang dulunya agan nggak bisa, terus sekarang agan jago banget. Awalnya agan nggak bisa apa-apa, terus agan mulai belajar dari yang simple-simple, terus agan bisa, seneng kan rasanya? Nah, terus agan main lagi, pelajarin game-nya, sampe agan jago. Kenapa agan mau susah-susah pelajarin game itu sampe agan bisa jago? Karena motivasi agan untuk melakukan itu semua datangnya dari dalam diri agan sendiri.

Quote:Nah, belajar tuh juga gitu. Kalau agan udah ngerasain “fun”-nya belajar, agan akan ketagihan untuk pengen belajar layaknya ketagihan main game. Motivasi ini tidak hanya untuk para pelajar yang sedang belajar saja, tetapi dapat diaplikasikan dalam hal yang lainnya.


Quote:Sekian thread dari ane semoga bermanfaat
Kalau berkenan boleh bagi ama atau komengnya


Spoiler for Kaskuser Baik Hati:
Terimakasih kepada kaskuser yang sudah berkenan memberi ijo-ijo dan abu gosoknya


Quote:Sumber Artikel  (www.zenius.net)
Sumber Gambar  (www.google.com)
Komeng Kaskuser
Terimakasih kaskuser sekalian yang sudah menyempatkan watunya untuk komeng di thread ane. Maaf enggak bisa bales semua komeng agan. Sekali lagi terimakasih
Spoiler for Klik:

Quote:Original Posted By radja.kandcil
Betul gan, dari klasifikasi yang agan bikin. Kalo dipikir-pikir emang ada kalanya kita bisa merasakan, melihat, bahkan mengalami fase-fase tersebut.
Nih beberapa fase-fase nya:

Spoiler for Amotivated:

Biasanya, terjadi pada saat agan-agan yang baru aja kerja alias freshgraduate. Lulus dari D3/SMK/SMA dan lagi lanjut studi ke jenjang lebih tinggi yaitu D3/S1. Udah sibuk kerja di weekday, berlanjut kuliah di weekend rasanya tuh beraaaat. Sekarang aja udah bisa dapet duit, kenapa mesti kuliah lagi sih.


Spoiler for External:

Biasanya, terjadi pada saat agan-agan masih kecil. Bener gak? Coba deh diinget-inget. Belajar rajin, rangking #1 dikelas supaya dibeliin PS Asiknya dapet PS


Spoiler for Introjected:

Biasanya, terjadi pada saat agan-agan yang sangat sayang sama kedua orang tuanya. Bisa dibilang agan termasuk anak yang penurut gan, bener gak?
Disatu sisi agan suka bidang seni, tapi disuruh nyokap bokap masuk kedokteran. Dan hasilnya agan masuk kedokteran deh, demi ngebahagiain orang tua agan.


Spoiler for Identified:

Biasanya ini, terjadi saat agan sudah mengerti dan memahami pentingnya belajar. Tapi sayangnya masih kalah dengan ego yang namanya rangking. Biasanya ini dialami oleh adik-adik kita saat masa SMP/SMA yang disekolahnya ada grade kelas kepintaran. Kelas X A untuk anak yang paling pinter, Kelas X B untuk anak yang biasa, Kelas X C untuk anak yang bebel otaknya


Spoiler for Integrated:

Biasanya ini, terjadi saat agan sudah mendekati akhir-akhir pencarian jati diri. Sudah bisa memutuskan, masa depan agan mau menjadi apa. Masa-masa ini biasanya dialami sewaktu SMA kelas XI atau XII. Dan tentunya rata-rata dialami oleh siswa/siswi yang berada di kelas-kelas dengan grade untuk anak yang pinter-pinter aja.


Spoiler for Intrinsik:

Biasanya ini, oleh agan-agan yang JONES. Karena, menurut pengamatan ane pribadi yang biasanya ngejar pendidikan sampe S2/S3 saat usia muda itu dialami oleh jomblo. Percaya atau nggak sih. Karena cerita, denger cerita, bukan karena mereka gak laku gan, tetapi karena mereka akan lebih nyaman untuk belajar disaat tidak ada tanggung jawab lebih seperti ngurus anak, pacar overprotective, dll.



Quote:Original Posted By priandoyo
Mantap gan trit-nya, nambahin dikit ya. Tingkatan belajar bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Bisa dilihat dari tingkat motivasinya atau dari tingkat tercapainya tujuan belajar (obyektif/tujuannya)

Belajar bisa dilihat dari tingkat motivasi si siswa-nya. Kalau dari teori motivasi apa yang agan sampaikan ini istilahnya Self-determination theory (SDT) [1]. Tapi belajar juga bisa dilihat dari dari tingkat tercapainya.

Tingkat tercapainya ini bukan hanya secara nilai gan, misal agan belajar IPA, dapet nilai 7, temen yang lain dapat nilai 8 atau ada yang 9. Tapi tingkat bagaimana agan-agan bisa mengaplikasikan hasil belajar tersebut. Nah kalau ini tingkatannya ada dari mengetahui (knowledge), menganalisa, menggabungkan (sintesa) dan mengevaluasi. Ini secara teori disebut Taxonomy of Educational Objectives (Bloom's taxonomy) [2]

Jadi bagaimana riilnya, prakteknya dilapangan?
Jadi semisal agan-agan males belajar matematika, bisa jadi karena agan-agan melihat bahwa matematika ini tidak membawa manfaat, sehingga motivasi agan rendah, see teori SDT. Tapi bisa juga agan males belajar matematika karena agan menyadari bahwa matematika tidak bisa diterapkan, see teori Bloom's taxonomy.

Lalu harusnya bagaimana?
Kalau ane gan, percaya bahwa intinya belajar adalah critical thinking. Jadi sejalan dengan teori Bloom's tadi. Karena pada akhirnya yang paling penting adalah mengaplikasikan ilmu yang agan-agan miliki.

[1] http://en.wikipedia.org/wiki/Self-de...ination_theory
[2] http://en.wikipedia.org/wiki/Bloom%27s_taxonomy


Quote:Original Posted By GOTG1H3
Kalo dilihat lihat lagi terus ane intropeksi diri ane sendiri kayanya ane ada ditingkatan yg ke 4 gan integrated.
tapi gan dari ini ane mungkin bisa maju selangkah lagi ke level 5

Quote:Original Posted By ezkagiers
Nice trit gan. Wejangan H-7 UN bangett. Makasihhh. Afk mau belajar dulu deh

Quote:Original Posted By tresnology
ya jadi walau bagaimanapun, motivasi itu ada karena kebutuhan kan gan? tingkatan motivasi yg disebutkan selaras dengan tingkatan kebutuhan. ada yg belajar karena butuh uang, ada yg butuh membahagiakan ortu, ada yg butuh nilai, ada jg yg belajar untuk refreshing. jadi yg diutarakan agan emang pada dasarnya berdasarkan teori motivasi baik punya kang Maslow, Om McClelland, maupun Bang Herzberg di mana teorinya memperhitungkan kesesuaian tingkat motivasi dengan tingkat kebutuhan

Quote:Original Posted By johanjalil
Ane tipe intrinsik
Tapi kalo rangking selalu kalah, jarang dapat rangking 1-5 (waktu SMA). Yaa karena ane ga pernah musingin itu sih.
Mungkin yang rangking 1 terus itu tipe identified yak, eh ga tau juga ding

Quote:Original Posted By cardiology
kayaknya ane intrinsik gan motivasi ane untuk membangun Indonesia tercinta

Quote:Original Posted By shironousagi
Klo gw dari interprojected sampe intrinsic ada...tapi emang sekarang lebih ke intrinsik...
Di samping pingin paling gak buat orang tua seneng, pengen jadi apa, atau pun pingin dapet nilai bagus (walaupun gw orangnya gak mentingin nilai sih, kan yang penting ilmunya...toh nilai mau diaplikasiin dimana sih klo gak ada bukti a.k.a hasil kerjaan orang lain...)...gw emang lagi suka belajar hal-hal baru...(out of curiosity)...
Kita sebagai manusia emang makhluk paling mulia, tapi kita lemah, gak bisa apa-apa kalo gak belajar apapun...
Bahkan dengan keegoisan kita, kita bisa koq jatuh jadi lebih hina dari sesuatu yang kita anggap hina...
Manusia itu mulia karena selain punya nafsu, juga punya akal...toh walaupun banyak nafsu yang "gak-gak" tapi nafsu u/ kebaikan gak pa pa kan? Lagipula lebih baik mendzalimi diri daripada suka mendzalimi orang lain :v #Masochistmotto

Quote:Original Posted By FajarHiryawan
gua dulu yg belajar merasa fun penuh semngat itu waktu belajar setir mobil...pokokny exited baget gua belajar mobil..hahaha..beda banget belajar di sekolah sama kuliahan dulu...apalgi dah dpt sim A masih bocah dah dpt sim A...sesuatu banget...heehee

Quote:Original Posted By MOH4X12
mantap gan , ane jg lg cari tau caranya nya "fun" dalam belajar sama kyk ane lg ngedota

Quote:Original Posted By ctpmgks
ane ga tentu gan kadang no.1 bahkan bisa sampai no. 5. tergantung mood sih

Quote:Original Posted By fadilcihuy
tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina.. stop belajar kalau ajal menjemput

Quote:Original Posted By jokotingkirz
Yaap betul,ngerti konsep itu aseeek banget gaan... aslii..

belajar jadi serasa maen game,ketagihan..
Udah paham konsep itu ibarat loe liat buku/soal trus loe ngomong "all of this, is in my (your) fuckin hand hahahah"

Yaah walaupun gk bisa dipungkiri, buat dapet pemahaman konsep itu loe harus kerja ekstra bro. Satu tips dari ane, misalnya ente gk ngerti dlm suatu hal... Ikutin insting untuk cari jalan keluar dari masalah loe, and its work damn well for me...

Quote:Original Posted By adhyastore
ane sii biasanya tergantung gan, kalo lagi pas bisa lvl 5 tuh,
kalo lagi males ya lvl 0

pernah juga mikir yang lvl 5,
kenapa giliran maen game bisa ngerti banget, kalopun susah diusahain sampe bisa
giliran belajar kayaknya kebalikannya


Quote:Original Posted By andipooh37
entah apa ane termasuk di instristic,
ane belajar sesuai dengan kebutuhan yg bakal ane gunakan di masa depan dan terkait dengan Hobi ane.. walaupun selain dari hobi dan kebutuhan utk masa depan ane & hobi ane. tetap ane lakuin.
kalau ada soal jawaban yg sedikit membingungkan (Menipu) tapi bisa. justru di situ ane merasa senang & seru.
bukan soal yg gak bisa sama sekali atau soal yg terlalu muda (baca 1/4 soal udah tau jawabannya)
well, udah pasti ane belajar untuk diri ane sendiri... yg pastinya gak pelit juga buat berbagi ilmu ke temen

Quote:Original Posted By darkrevenant
Kalo yang intrinsik gw alamin sendiri waktu belajar komputer. Karena senang dan hobbi, jadinya belajarnya benar-benar fun sekali

Quote:Original Posted By samsamaji
bener banget dah gan.. klo ane belajar soal bidang yg ane senengin tanpa disurihpun ane udah lakuin.. feelnya dapet dan pas ada kesulitan itu kayak maen game musuh bos.. asik dah gan..

tpi pas Matemtik gue kyk mo tidur sumpah kgk niat gue..
itu knp y?

Quote:Original Posted By dimasriatmodjo
jujur saja sebelum baca trit ini ane belajar pengen bahagianin ortu gan pengen banget melihat wajah ortu ane tersenyum setelah mengambil rapor ane....

Quote:Original Posted By tokorakyat
ternyatan ane masih Level 2. introjected bentar lagi naik Level 3. Identified
Amin !!!

Quote:Original Posted By dagofur
ini sih kaya perjalanan ane gan
waktu kecil (SD) ane berada di posisi external dimana bapak ane selalu ngasih ane nasi goreng spesial penuh cinta sampe lah di waktu remaja (SMA) ane ngerasa "gua belajar harus dapet ranking #1" tapi tetep badung gak ketulungan karena ngerasa fun dengan semua yang ane lakuin sampe mau dikeluarin disekolah sumpah ampe sp3 bro tapi keinginan tetep jadi number #1

Quote:Original Posted By zianoro
Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Belajar adalah perubahan tingkah laku secara relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari praktik penguatan (motivasi) yang dilandasi tujuan tertentu. Korelasi ini menguatkan urgensitas motivasi belajar. semoga bermanfaat bagi kita semua

Quote:Original Posted By blackbeng
ada lagi gan belajar dengAn mengharalman ridho allah

Quote:Original Posted By aLoneLines
ane di level introjected gan
belajar krn orang tua ga mau kecewa, tp ane sadar kalo ane ini diambang kehancuran gan
karena selama ane belajar, ane blm nemuin cara yg pas

Quote:Original Posted By intanmarinthan
kalau ane merupakan tipe instrinsik. ane suka banget belajar apalagi kalau bisa mengerti materinya

Quote:Original Posted By kimfauziah
waw kerenn gan untuk melakukan itu, harus ada kemauan,kerja keras, dan rasa cinta juga akan hal yg akan kita tuju.

kalo gue mungkin masih di tahap ke 4-5 hhe, semoga bisa lanjut ke level berikutnya. Untuk merasakan ke 'fun' an dalam belajar.


Quote:Original Posted By bluguduk
Bener bgt gan, motivasi belajar ada tingkatannya. Dan untuk mencapai level tertinggi atau tingkatan belajar karena kesadaran untuk mencapai tujuan tertentu dibutuhkan waktu, pemikiran, sudut pandang dan pengalaman. Mantep gan tritnya.


Quote:Original Posted By kuntoajib
Ada alasan yang menurut ane tepat yaitu jika agan udah belajar dan merasa agan bisa lebih mengerti diri agan sendiri dan sang khalik.
Maka itulah yang disebut Kaffah... Level tertinggi belajar...


Quote:Original Posted By ridhosatria
Mungkin level intrinsik itu kata lainnya "passion" ya gan...

jadi udah nemu minat dan bidang favoritnya, jadi belajar bukan jadi beban tapi ya memang karena FUN!

Quote:Original Posted By solehikhsanudin
menurut ane level paling atas bisa diartikan juga sebagai sikap untuk menghayati bahwa hidup ini adalah suatu proses pembelajaran yang tiada henti, min al-mahdi ila al-lahdi (dari buaian sampe liang lahat)


Quote:Original Posted By alebmep
Damn! suka banget ama thread agan.

emang, buat belajar butuh termotivasi dulu, kalo nggak ya "belajar" cuman jadi rencana doang, belajar gk ya . . belajar gk ya . . belajar gk ya . . *gitu terus ampe ketiduran


Quote:Original Posted By anabex1noe
belajar kan juga memiliki arti yang luas gan. klo ane sih kadang bisa masuk ke fun nya belajar kadang juga belum. biasanya ane udh nemu fun nya belajar itu klo di ilmu2 hitung dan kurang nemu fun di ilmu yang sifatnya hafalan. tapi klo pas nemu fun nya sih ya ketagihan. kek yg agan tulis di thread nice ini

Quote:Original Posted By anggieyuliamj
nice thread belajar is fun
dulu ane males banget belajar sekarang malah ketagihan
memotivasi diri sendiri,dengan berpikiran bahwa belajar sangat penting












kyanya ane yang Identified deh gan
Quote:Original Posted By zzainal
kyanya ane yang Identified deh gan

Udah mayan tuh gan. Masih bisa dinaikin lagi kok gan. btw mkasih udah mampir
sistem kebut semalem gan SKS
Quote:Original Posted By CekidotGanz
sistem kebut semalem gan SKS

wkwk itu juga di lvel 3 gan
motivasi ngaskus juga gan, supaya cpt iso
Quote:Original Posted By bintangsongo
motivasi ngaskus juga gan, supaya cpt iso
tobat kau nak
Quote:Original Posted By bintangsongo
motivasi ngaskus juga gan, supaya cpt iso


wkwk sip dah
Quote:Original Posted By Paul.McCartney
kalau menurut ane sih, kuncinya supaya termotivasi dalam belajar itu, kita harus menyukai dulu bidang yang ingin kita pelajari tersebut!


yap benar sekalii!

ane mah tipe yg external kak
motivasi dalam belajar menurut saya, adalah dengan adanya tanggung jawab
dengan adanya tanggung jawab kita bisa belajar lebih serius, dan konsen... untuk mencapai tujuan (goal)

tetap semangat belajar untuk meraih kesuksesan masa depan gannn
nice trit
Quote:Original Posted By serbetmen
ane mah tipe yg external kak


Masih bisa ditingkatin lagi kok gan btw mkasih udah berkenan mampir

Ane jarang belajar.. Keseringan ngaskus
Ane jarang belajar.. Keseringan ngaskus
Quote:Original Posted By walidumar01
motivasi dalam belajar menurut saya, adalah dengan adanya tanggung jawab
dengan adanya tanggung jawab kita bisa belajar lebih serius, dan konsen... untuk mencapai tujuan (goal)

tetap semangat belajar untuk meraih kesuksesan masa depan gannn
nice trit


yak benar sekali. Tanggung jawab merupakan salah satu faktor meraih kesuksesan juga

Semangat btw mkasih udah mampir dan berkenan untuk komen
wah, kalau ane sekarang udh tingkatan yg paling atas

kalau waktu dulu baru masuk sekolah SMA, ane masih paling bawah ....
Quote:Original Posted By thebarmawi
Ane jarang belajar.. Keseringan ngaskus

bagaimanapun juga belajar adalah kebutuhan agan btw mksih udah mampir dan sudah berkenan untuk komen
Level 0. Amotivated
+
Level 5. Intrinsik

tuh level gw
haha

kadang gw males banget ngapa2in
dan kadang.. 1 buku / ebook bisa gw lahap 1 hari... bukan yg 10 halaman yaaa... yg 200hal++ dan bukan novel ! dan pada saat itu gw ga ingat yg lain.. makan keluar kamar... paling gw minum doank

Quote:Original Posted By riccoenggo
wah, kalau ane sekarang udh tingkatan yg paling atas

kalau waktu dulu baru masuk sekolah SMA, ane masih paling bawah ....

WOW.Selamat buat agan, kesuksesan agan udah di depan mata
emang rata" orang indo bgitu gan. Btw mkasih udah mampir dan berkenan untuk komen
Via: Kaskus.co.id
Tag : The Lounge
Back To Top