Mengenal Sumbatan Di Jantung

Mengenal Sumbatan Di Jantung - Aterosklerosis adalah penyakit akibat plak di dalam pembuluh arteri. Pembuluh arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen ke jantung dan seluruh tubuh.

Mengenal Sumbatan Di Jantung

Plak penyumbat pembuluh darah ini terbentuk dari lemak, kolesterol, kalsium dan zat - zat lain yang ditemukan di dalam darah. BIla tertimbun cukup banyak selama bertahun - tahun di pembuluh darah, plak bisa menimbulkan penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke.

Penyakit jantung koroner terjadi ketika plak tertimbun di pembuluh arteri koroner. Plak menyempitkan jalan arteri koroner, sehingga mengurangi jumlah darah yang masuk ke otot jantung. Plak juga membuat bekuan darah terbentuk di arteri. Bekuan darah ini secara parsial atau sepenuhnya bisa memblokade aliran darah ke jantung.

Agar penyakit ini bisa segera ditangani, perhatikan gejala - gejala yang sering dialami. Jangan abaikan nyeri dada sewaktu beraktivitas.

"Saat istirahat, nyeri dada ini akan hilang sendiri," kata Dr. Munawar.

Sesak napas juga bisa jadi tanda penyakit jantung. Gejala lain adalah sakit di belakang tulang dada. Rasa sakit kemudian bisa menjalar ke rahang, bahu, leher, ulu hati, dan punggung.

Saat mengalami gejala ini, segeralah ke rumah sakit, yang punya fasilitas untuk penyakit jantung. Semakin cepat ditangani, hasilnya akan semakin baik.

Tag : Kesehatan
Back To Top