Cornelius Van Drebbel Penemu Kapal Selam

Cornelius Van Drebbel Penemu Kapal Selam - Leonardo Da Vinci ( 1452-1519 ) adalah orang pertama yang merancang sketsa kapal selam. Gagasan awal Da Vinci tentang kapal selam bermula dari ketertarikannya pada arus air. Pelukis Monalisa itu kemudian memperhatikan gerakan ikan yang berenang melawan arus. Dari situlah, ia memperoleh gambaran awal bentuk kapal selam yang dipercaya mampu beraktivitas di bawah air.

Cornelius Van Drebbel Penemu Kapal Selam

Bayangan Da Vinci tentang kapal selam kemudian diejawantahkan oleh William Bourne ( 1535-1582 ), seorang pakar Matematika yang pernah menjadi anggota Angkatan Laut Kerajaan Inggris, dengan merancang bentuk kapal selam pada 1578. meskipun Da Vinci dan Bourne telah melakukan gerakan awal dalam konsep pembuatan kapal selam, namun orang uang berhasil merealisasikannya adalah Cornelius van Drebbel. Oleh karena itu, orang Belanda inilah yang kemudian diakui sebagai penemu kapal selam.

Nama lengkapnya adalah Cornelius Jacobszoon van Drebbel, terlahir di Alkmaar, Belanda pada 1572. Pada 1590 atau menginjak usia 18 tahun, Drebbel menempuh studi di akademi seni di Kota Haarlem. Di akademi itu, ia dididik oleh para pakar seni, khususnya seni ukir, seperti Hendrick Goltzius, Karel van Mander dan Cornelis Corneliszoon. Drebbel menjadi murid kesayangan para gurunya itu. Bahkan, pada 1595, Drebbel menikahi adik perempuan salah seorang gurunya, Hendrick Goltzius, bernama Sophia Jansdochter Goltzius. Dari pernikahan itu, Drebbel dikaruniai 4 orang anak.

Di bawah bimbingan para gurunya, Drebbel menjelma menjadi seorang seniman yang cukup terampil dan mulai dipercaya untuk mengaplikasikan kemampuan seninya. Pada 1600, Misalnya, Drebbel mendapat proyek untuk membangun sebuah air mancur di Kota Middleburg. Di sana, Drebbel bertemu dengan Hans Lippershey dan Zacharias Jansen, dua konstruktor yang saat itu sedang membuat rancangan teleskop untuk kapal. Dari Lippershey dan Jansen, Drebbel memperdalam pengetahuannya tentang seni bangun dan lensa optik.

Kapal Selam Penemuan Cornelius van Drebbel
Nama Drebbel pun semakin dikenal publik sebagai seniman rancangan bangunan berbakat. pada 1604, atas undangan penguasa kerajaan Inggris, Raja James V, Drebbel bersama keluarganya hijrah ke London. Namun, 6 tahun kemudian, yakni pada 1610, Drebbel pindah ke Praha ( Sekarang ibu kota Republik Ceko ) atas permintaan Raja Rudolf II yang memang sangat berminat terhadap seni, Pada 1612, Raja Rudolf II pun kemudian dengan Drebbel kembali ke Britania.

Selama beberapa tahun, Drebbel mengembangkan penelitiannya tentang seni bangun dan lensa optik dengan lebih serius untuk membuat mikroskop dan teleskop. Angkatan Laut Kerajaan Inggris pun akhirnya tertarik untuk merekrut Drebbel, Di fase inilah, Drebbel terobsesi untuk mewujudkan pembuatan kapal selam yang sebelumnya telah dirancang oleh Da Vinci dan Bourne. Drebbel mulai mempelajari sketsa kapal selam yang telah dibuat oleh kedua ilmuwan pendahulunya itu, Lalu berusaha merealisasikannya. Drebbel mempertahankan prinsip Bourne, yakni bahwa kapal dapat menyelam apabila tangkinya diisi dengan air, dan jika kapal yang dinaikkan lagi ke permukaan, maka aid didalam tangki harus dikosongkan dulu.

Drebbel menggunakan dayung dalam rancangan kapal selamnya sebagai penggerak. Lubang - lubang untuk tempat dayung itu dibuat lebih rekat untuk menghindari masuknya air. Untuk wujud fisiknya, Drebbel menggunakan bahan pendukungnya, agar kapal lebih mudah menyelam. Bentuk awal kapal selam Drebbel seperti dua perahu yang saling menelungkup dengan dibungkus kulit binatang. Pada 1620. terwujudlah pembuatan Kapal selam pertama di dunia.

perjalanan perdana kapal selam Drebbel dilakukan di Sungai Thames, London, dengan melibatkan 12 orang pendayung. Kapal selam itu berhasil menyelam sedalam 360-450 cm di bawah permukaan sungai selama 2 - 3 jam. Inovasi untuk kapal selamnya terus dilakukan Drebbel hingga akhirnya ia berhasil menciptakan kapal selam dengan 6 dayung yang bisa menampung 16 penumpang.

Pengembangan kapal selam terbaru oleh Drebbel itu mampu menyelam selama 3 jam dengan kecepatan sekitar 18 km / jam. Kapal selam tersebut dapat bergerak di dalam air sejauh 4-5 meter, dan jalur pertama yang ditempuh adalah dari Westminster ke Greenwich pulang pergi. Temuan Drebbel, yang wafat pada 7 November 1633, ini kemudian dikembangkan dari tahun ke tahun dan kini menjadi salah satu peralatan yang sangat viral bagi angkatan laut di berbagai negara di dunia.

Back To Top