[FAKTA] Kenapa Air Kencing Disebut Air Seni?

  (www.kaskus.co.id)

Diakui, sebagian besar dari kita termasuk saya kadang bertanya-tanya kenapa air kencing diistilahkan dengan air seni atau air kecil?

Pembahasan mengenai air seni ini, akan saya bagi menjadi beberapa poin

Quote:Quote:1. Etimologi "Seni" dan "Air seni"

Spoiler for :


Sebelum masuk ke intinya, kita rinci dahulu masing-masing kata tersebut dari beberapa kutipan yang berkaitan dengan etimologi seni dan air seni.

Quote:Original Posted By Pertama
Kata ‘seni’ yang sekarang kita gunakan sebagai padan kata dari art memiliki perjalanannya sendiri. ‘Seni’ berasal dari kosa kata bahasa Melayu yang berarti ‘kecil.’

Penggunaan kata ‘seni’ dalam pengertian ‘kecil’ ditemukan, antara lain, dalam sebuah sajak berjudul ‘Sesudah Dibajak’ karya ST Alisyahbana tahun 1936. Pada salah satu larik sajak tersebut tertulis kalimat

“Sedih seni mengiris kalbu.”

Di sini ‘seni’ dipakai dalam arti kecil.

Serupa dengannya, Taslim Ali pun pernah memakai kata ‘seni’ dalam pengertian yang sama di tahun 1941. Dalam sajaknya yang bertajuk ‘Kepada Murai’ tertulis

“Hiburkan hatiku/Unggasku seni”

(Sumardjo, 2000:41-45, Soedarso, 2006:6).

Penggunaan ‘seni’ dalam pengertian seperti itu sekarang sudah sangat jarang kita temukan. Mungkin satu-satunya jejak yang kini masih dapat kita temukan adalah penggunaan ‘seni’ di dalam ‘air seni’ yang berpadanan dengan ‘air kecil’ (misalnya dalam frasa ‘buang air kecil’).

Namun demikian penggunaan kata ‘seni’ dalam pengertiannya seperti sekarang juga sudah ditemukan pada masa itu, dan memiliki daya tahan hidup yang lebih panjang daripada artinya yang pertama.

sumber  (www.javanologi.info)


Masih serupa dengan kutipan di atas,

Quote:Original Posted By Kedua
Kata "seni" berasal dari bahasa Melayu. Kata itu punya arti "halus", "kecil", "tipis", "lembut". Kalau orang Melayu mengatakan "air seni", maka artinya air kencing, sebab ungkapan "hajat seni" berarti buang air kecil alias kencing.

Kata "seni" yang kita pakai sekarang sebagai terjemahan dari "art" (Inggris) baru muncul pada tanggal 10 April 1935 dalam majalah kebudayaan Pujangga Baru yang terbit tahun 1933.

sumber  (palontjongi.blogspot.com)


Quote:Quote:2. Terjadinya Perubahan atau Pergeseran makna

Dalam ilmu sastra, masuk dalam pembahasan perubahan atau pergeseran makna

Quote:Perubahan makna itu tidak saja mencakup bidang waktu, tetapi dapat juga mencakup persoalan tempat. Sebuah kata dengan arti yang mula-mula dikenal oleh semua anggota masyarakat bahasa,. Perubahan makna kata dalam arti yang luas, tidak hanya mencakup perubahan makna seperti yang dimaksud tadi, tetapi juga mencakup perubahan yang dapat dikatakan berada dalam dua ekstrim. Dengan arti kata yang asli masih digunakan, sebaliknya dalam hubungan-hubungan tertentu maknanya mengalami perubahan.

Dalam pembahasan ini adalah perubahan makna dari bahasa daerah ke dalam bahasa Indonesia, sebagai contoh misalnya kata seni yang kemudian di dalam bahasa Indonesia bermakna sepadan dengan bahasa Belanda kunst.

Bila kita melihat makna kata seni yang berarti (i) ‘halus’, (ii) air seni ‘air kencing’, (iii) ‘kecakapan membuat sesuatu yang elok-elok atau indah’ (Poerwadarminta, 1976: 916-917).

sumber  (fitriaapriliaismail.blogspot.com)


Quote:Quote:3. Fakta Tentang Air Seni (Urin)

Quote:1. Warna Urin

Spoiler for :



Rata-rata urin berwarna bening hingga kekuningan (dari muda hingga kuning gelap), tergantung dari makanan yang dikonsumsi dan jumlah air yang diminum. Urin berwarna kuning gelap biasanya merupakan indikasi tubuh mengalami dehidrasi. Sebaliknya, jika meminum air dalam jumlah yang banyak, maka urin yang dihasilkan menjadi bening, menandakan bahwa ginjal tidak bekerja keras.

Namun selain warna itu, dalam beberapa kasus, urin memiliki warna lain yang unik :
a. Orange Muda: Biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan Vitamin B ke dalam tubuh.
b. Merah Darah / Berdarah (Hermaturia) : adanya infeksi pada ginjal atau saluran kencing.
c. Hitam : merupakan akibat yang ditimbulkan dari Melanoma (kanker kulit).
d. Kuning / Hijau Berkilau (Fluorescent) : kurangnya asupan vitamin dan mineral ke dalam tubuh.
e. Coklat : disebabkan oleh Porphyria (sejenis enzim yang menyebabkan terjadinya komplikasi pada syaraf).


Quote:2. Bau

Spoiler for :


Bau urin tergantung dari makanan yang dikonsumsi. Asparagus dapat menyebabkan bau urin menjadi sangat keras dan tajam. Hal ini dikarenakan asparagus mengandung asam asparagusic yang mengeluarkan bau yang menyengat.

Selain itu, makanan / minuman lain yang dapat membuat bau urin menjadi sangat keras dan tajam adalah Alkohol, Kopi, Bawang, Pete, Jengkol, dan makanan berkari.


Quote:3. Jumlah Urin yang Dihasilkan

Spoiler for :


Rata-rata seorang manusia dewasa mengeluarkan urin sebanyak 1 - 2 liter perhari. Tapi semuanya tergantung dari tingkat hidrasinya (sering minum atau tidak), aktivitas, lingkungan, kesehatan, serta kondisi lingkungan.


Quote:4. Kandungan Urin

Spoiler for :


Selain mengandung air, nitrogen, dan garam, urin juga kaya dengan berbagai mineral, yang diyakini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit dan meningkatkan proteksi tubuh pada penyakit. Karena itulah, beberapa tahun terakhir, terapi minum air urin cukup terkenal di negara-negara maju.

Secara umum, urin mengandung Ureacin, Urecholine, dan Urowave yang merupakan bahan untuk pengobatan penyakit diabetes.

Urin yang berasal dari wanita post-menopausal kaya dengan kandungan gonadotropins yaitu hormon yang digunakan untuk terapi kesuburan. Urin wanita hamil mengandung chorionic ganodotropin yang sering dimanfaatkan untuk memproduksi obat untuk penderita hCG dan meningkatkan estrogen.


Quote:5. Frekuensi dan kontrol

Terlalu sering atau terlalu jarang mengeluarkan urine juga merupakan masalah. Diluar faktor kehamilan, terlalu sering membuang urine menunjukkan beberapa permasalahan kesehatan seperti diabetes, atau terlalu banyak mengonsumsi kafein dan alkohol.

Permasalahan lainnya yang kerap kali muncul adalah hilangnya kontrol kandung kemih saat melakukan aktifitas seperti tertawa, batuk bahkan bersin. Hal ini biasanya disebabkan melemahnya otot-otot dasar panggul. Guna kembali menguatkan otot-otot tersebut, melakukan pelatihan Kegel dapat menjadi solusi yang baik.

sumber  (meetdoctor.com)


Quote:Quote:Ternyata Energi Bisa Dihasilkan dari Pipis

Spoiler for :


Energi pipis (urin) didasarkan pada hidrogen, elemen yang paling umum di alam semesta tapi belum dihasilkan, disimpan, dibawa, dan digunakan secara ekonomis.

Menyimpan gas hidrogen murni membutuhkan tekanan tinggi dan suhu rendah. Jenis nanomaterial baru dapat menyerap hidrogen, tetapi belum diproduksi pada skala komersial.

Hidrogen terikat secara kimia dengan unsur-unsur lain seperti oksigen sebagai air, membuatnya lebih mudah untuk disimpan dan dibawa, tapi melepaskan hidrogen saat dibutuhkan biasanya membutuhkan ongkos listrik yang tinggi.

Dengan mengikatkan hidrogen pada elemen lain, yaitu nitrogen, Botte dan rekan-rekannya menyadari bahwa mereka dapat menyimpan hidrogen dengan tidak memerlukan kondisi lingkungan khusus, dan kemudian melepaskannya menggunakan listrik kurang dari 0,037 Volt, bukan 1,23 Volt yang diperlukan untuk air.

sumber  (www.indoenergi.com)


Quote:Quote:Sepuluh Hipotesa Mengenai Urin
Urin mengandung mineral, vitamin, enzim, hormon, asam amino, antibodi, antigen, allergen, garam dan nutrien lainnya. Sejauh ini, lanjut Iwan, ada sepuluh hipotesa cara kerja terapi auto urin.

Pertama, penyerapan dan penggunaan kembali nutrien.
Kedua, penyerapan kembali hormon. Misalnya, kortikosteroid yang dapat mencegah infeksi, rematik dan asma. Atau, melationin sebagai obat penenang dan anti kanker.
Ketiga, penyerapan kembali enzim.
Keempat, penyerapan kembali urea. Urin mengandung 25-30 gram urea per hari.
Kelima, memberi efek kekebalan.
Keenam, memberi efek bakterisida dan virusida.
Ketujuh, sebagai terapi garam yang berguna untuk memperlancar metabolisme, menyingkirkan kelebihan gula darah, dan mengeluarkan zat-zat toksik dari cairan dan jaringan tubuh.
Kedelapan, memberi efek diuretika, yakni untuk menstimuler ginjal, meningkatkan produksi air seni, membersihkan ginjal serta ‘mencuci’ gula darah dan zat-zat toksik.
Kesembilan, sebagai gambar hologram. Biofeedback-nya memberikan gambaran keadaan tubuh. Meminum urin akan mengoreksi dan memulihkan keseimbangan fisiologi tubuh yang terganggu penyakit.
Kesepuluh, memberi efek psikologis. Terapi ini dianggap sebagai penyembuhan dari dalam tubuh secara mekanistik dan holistik pada tingkat energi.

sumber  (kesehatan.kompasiana.com)


Quote:Quote:Kesimpulannya adalah:

Quote:
  • Kenapa air kencing dinamakan dengan air seni? Karena bagi masyarakat Melayu kata seni lebih banyak dihubungkan dengan air seni atau air kencing. Kemudian kosakata bahasa daerah tersebut masuk ke dalam bahasa Indonesia meskipun awalnya dirasakan tidak layak diucapkan bagi daerah lainnnya, tetapi di dalam bahasa Indonesia yang baku maka maknanya menjadi layak dan dipakai oleh masyarakat bahasa Indonesia yang berasal dari daerah lain.

  • Urin, air seni, atau air kencing adalah cairan yang dikeluarkan dari alat sekresi (uretha) manusia dan merupakan produk buangan yang dihasilkan oleh ginjal. Secara umum, urin mengandung 95% air, nitrogen, garam, dan kandungan mineral yang tidak terurai. Karena kaya kandungan nitrogen, urin cukup berbahaya jika terserap tubuh. Karena itu, ketika kantung kemih kita sudah penuh, urin harus segera dikeluarkan. Jika tidak, maka efeknya akan merusak ginjal dan meracuni saluran darah dalam tubuh kita.


Demikian semoga bermanfaat


SATU universitas di Inggris tengah mengembangkan alat pembangkit listrik yang memakai daya dari air kencing. Diharapkan, bahan baku ini bisa membantu pengadaan listrik di kamp-kamp pengungsi wilayah konflik, bencana, atau wabah.

Penelitian ini dilakukan oleh University of the West of England bekerja sama dengan Oxfam. Purwarupa toilet pembangkit listrik ini telah ditempatkan di sekolah Bristol untuk mengumpulkan sel bahan bakar mikrobiologi (MFCs) yang digunakan membangkit listrik.

Tujuannya mengumpulkan kencing dalam jumlah banyak untuk memastikan bisa menyalakan listrik di toilet kamp penampungan.

“Kami telah membuktikan bahwa cara ini bisa membangkitkan listrik. Proyek dengan Oxfam ini bisa berdampak besar bagi kamp pengungsi,” kata Professor Loannis Leropoulos, pemimpin riset.

Sebelumnya Leropoulos yang mengepalai Pusat Bioenergi Bristol dalam penelitian 2013 telah membuktikan bahwa MFCs mampu menciptakan listrik yang cukup untuk menjalankan telepon seluler.

MCFs yang dikumpulkan di toilet mengandung bakteri yang menggunakan urine untuk hidup dan mempertahankan diri, dan turunannya bisa membangkitkan listrik. “Kami menyebutnya energi kencing atau listrik-urine,” kata Leropoulos, seperti diberitakan Time dan dikutip CNN.

Dia mengatakan, manusia di seluruh dunia menghasilkan sekitar 6,4 triliun liter urine per tahun, menjadikan teknologi ini sebagai pembangkit listrik yang sangat berkesinambungan.

“Teknologi ini sangat ramah lingkungan, kita tidak perlu menggunakan bahan bakar fosil dan kami menggunakan produk pembuangan yang pasokannya berlimpah,” lanjut Leropoulos. Selain itu, harganya sangat murah.

Leropoulos mengatakan, untuk satu sel bahan bakar mikrobiologi hanya menghabiskan sekitar 1 pound sterling, sekitar Rp19 ribu.

“Satu unit kecil pembangkit yang kami buat untuk demo eksperimen ini hanya seharga 600 pound sterling (sekitar Rp11,6 juta), merupakan bonus yang besar karena teknologi ini dalam teorinya bertahan selamanya,” lanjut Leropoulos.

Pengungsian menjadi salah satu masalah terbesar di banyak wilayah konflik, salah satunya Suriah. Jutaan orang mengungsi ke negara-negara tetangga, dan kondisi mereka mengenaskan karena kurangnya fasilitas.
Quote:Quote:Original Posted By yoshimouri
nah ane bingung ni gan kan urin tuh hasil ekskresi tubuh, kan harusnya dibuang
tapi kenapa ada terapi urin ya?


urin untuk terapi ini masih pro dan kontra, saya sendiri termasuk yang kontra dalam hal ini karena agama saya melarang
tapi thread ini sifatnya adalah sharing dan saya anggap pembaca (kaskuser khususnya) sudah pintar dan bisa membedakan mana yang terbaik buat dirinya

Quote:Quote:Original Posted By rickyrich
skarang knapa namanya pipis?


nah, pertanyaan ente boleh juga
"Bahasa Bali "pis" atau "pipis" artinya uang, bukan buang air kecil. Jika anda di Bali suka pipis berarti anda suka uang."
sumber: http://www.tabuhbali.com/2012/09/bel...il-ngakak.html

ada juga nih
Piss
Artinya kencing. Biasanya dipake buat mendeskripsikan sesuatu yang jelek, atau buat ngusir orang (Piss off). Asal katanya dari Bahasa Latin "Pissiare," sekitar abad ke-14.
sumber: http://malesbanget.com/2014/09/bajin...-kata-umpatan/

ada yang mau menambahkan??

Quote:Quote:Original Posted By wulantomo
Kalo habis minum white koffie kenapa pipis kita jd wangi ky minuman itu ya gan?? Apakah bahaya??


telah ada pertanyaan serupa
dan jawabannya adalah: "Hal itu hal yang normal kok. Itu diakibatkan oleh zat kimia perasa yang ada pada kopi susu instan tersebut yang tentunya berefek pada bau urin yang mengandung bau zat tersebut. Tidak perlu kuatir."
sumber: http://meetdoctor.com/question/efek-...-susu-sachetan

Quote:Quote:Original Posted By morningauturm
Ane mau nanya !
Knp tes kesehatan + tes bebas narkoba mesti sampelnya urin bukan darah?


pertanyaan bagus gan
jawaban ringkasnya adalah:

karena urine dapat mengidentifikasi apa yang telah kita makan oleh karena itu urine dapat menidentifikasi narkoba.

atau, karena narkoba yang masuk kedalam tubuh akan dianggap sebagai benda asing sama halnya saat kita meminum obat oleh karena itu di salam tubuh narkoba akan dinetralisir dihati dan dibuang melalui ginjal sehingga masuk ke urin , atas dasar itu urine dapat dijadikan unttuk melihat apakah seseorng tersebut mengkomsumsi narkoba atau tidak
sumber: http://brainly.co.id/tugas/2031350


Quote:Quote:Original Posted By pbocil
pertanyaan nih gan, mohon bantu jawab

kenapa air kencing itu anget?


jawaban:
Organ tubuh manusia masing2 memerlukan suhu optimal untuk bekerja.... kenapa kencing panas?? karena suhu kerja optimal organ kelamin,ginjal,& kantung kemih memerlukan suhu 40 derajat sebagai suhu optimalnya.... suhu itu dapat dikontrol dengan menyerap panas hasil gesekan sendi sendi pada tubuh manusia yg dapat dibawa oleh darah... (ingat darah mengandung Hb yg juga mengandung ion Fe, besi red yang bersifat menghantarkan panas.

Suhu optimal tubuh manusia untuk dapat bekerja normal adalah 36-37 oC (kecuali testis, maksimum 35 oC), sehingga diupayakan homeostasis untuk dapat mempertahankann suhu tubuh selalu dalam kondisi itu.
sumber: http://apamengapadanbagaimana.blogsp...itu-panas.html


Quote:Quote:Original Posted By 43215
Spoiler for urea dlm urine:




ini yg menyebabkan urine bau pesing karena kandungan urea (NH2CONH2) dlm air yg akan terurai menjadi amoniak (NH3):
(NH2CONH2) + (H2O) ‹=› 2(NH3) + (CO2)




Quote:Quote:Original Posted By hika12i
tanya nih gan, mitosnya orang minum air seninya sendiri dibilang ada manfaatnya untuk membuang racun, awet muda n segala macem yg baek2... padahal menurut penelitian sekarang itu ga ada bukti asli kalo itu beneran bermanfaat, yang ada cuma sugesti aja
gimana itu menurut bro ?


namanya mitos tentu lebih banyak sugestinya daripada fakta dan ilmiahnya.
selain air seni yang asalnya kotoran kan masih banyak obat dan asupan lain yang bermanfaat serupa yang agan sebut di atas


Quote:Quote:Original Posted By wulandamayasari
wah baru tau

sbelumnya gak tau

o iya trusada pertanyaan nih..

tapi maap sblumnya agak jorok..

kenapa kita bilang BAB ?

padahal kan yg di kluarkan padat, bukan air ?

*kcuali diare

mohon di jawab ya puh


karena kalau kita ucapkan kata berak sedangkan di sekitar kita banyak orang yang lebih tua dari kita, maka itu dianggap tidak sopan, jadi kemudian diistilahkan dengan buang air besar sebagai lawan kata buang air kecil yang bermakna kencing. intinya masalah norma saja sih

maaf saya belum menemukan referensi khusus mengenai pertanyaan ini,
hanya saja bang Wiki telah menjawab seperti ini,

"Gerakan peristaltis dari otot-otot dinding usus besar menggerakkan tinja dari saluran pencernaan menuju ke rektum. Pada rektum terdapat bagian yang membesar (disebut ampulla) yang menjadi tempat penampungan tinja sementara. Otot-otot pada dinding rektum yang dipengaruhi oleh sistem saraf sekitarnya dapat membuat suatu rangsangan untuk mengeluarkan tinja keluar tubuh. Jika tindakan pembuangan terus ditahan atau dihambat maka tinja dapat kembali ke usus besar yang menyebabkan air pada tinja kembali diserap, dan tinja menjadi sangat padat. Jika buang air besar tidak dapat dilakukan untuk masa yang agak lama dan tinja terus mengeras, konstipasi dapat terjadi. Sementara, bila ada infeksi bakteri atau virus di usus maka secara refleks usus akan mempercepat laju tinja sehingga penyerapan air sedikit."

semoga membantu


Quote:Quote:Original Posted By undead011
gan ane kalo kencing itu kan juga mengeluarkan sedikit sel kelamin(sperma or ovum) dan apabila wc bersama itu apa gak menyebabkan pembuahan di septitank dan melahirkan manusia mutan ?btw gan mungkin pertanyaan ane gk nyambung tapi mohon disambung"ngin ya..


udah dijawab nih

Quote:Original Posted By hello.kimcil


gak mungkinlah gan, umur sperma itu pendek bgt kalo udah lepas dr "sarangnya" bentar aja udah rusak ato mati, kecuali kalo disimpan dan diawetkan. lagian mw ketemu sama ovum siapa kalo di luar tubuh? kecuali kalo dua2nya sama2 diambil lalu disatukan lewat proses laboratorium, kalo sukses jadilah calon bayi tabung yg ntar ditanamkan dalam rahim



Quote:Quote:Original Posted By naryukita
gan kalo abis kencing knp badan kita jadi tiba2 bergetar kayak kesetrum?


Itu karena urin menyimpan panas yang dimiliki tubuh, jadi ketika urin keluar dari tubuh( kencing) panas dari tubuh keluar sehingga suhu tubuh menurun dan suhu tubuh yang menurun akan membuat tubuh menggigil otomatis
ooh, ternyata begitu ya

baru tau ane
Hahahaha biaa dicoba tuh minum air kencing
Nais inpo gann
mnurut ane sh, krna itu bkn air mani/pejuh
Ternyata Seni itu artinya dari bahasa melayu menjadi halus ya gan...
jadi klo digabung jadi air halus atau air kecil
Seni = kecil
Ane baru tau pengertian lain seni..
Quote:Original Posted By kuhaku48
Hahahaha biaa dicoba tuh minum air kencing
Nais inpo gann


jangan lupa bikin videonya upload gan
kenapa musti dari negara tetangga yang menghubung hubungkan ya
yaudah kita jangan sebut air seni lagi, sebut aja air kencing
baca bagian satu dan dua jam set4 dini hari, bikiin muak sama linguistik
punya manfaat jg ya gan
intinya buang air kecil....ouw...
Quote:Original Posted By sdkusuma
Seni = kecil
Ane baru tau pengertian lain seni..


banyak definisi mungkin gan
Quote:Original Posted By marben
kenapa musti dari negara tetangga yang menghubung hubungkan ya
yaudah kita jangan sebut air seni lagi, sebut aja air kencing


melayu gak harus negara tentangga juga kali

sebagian sumatera juga pake bahasa melayu dalam dialek mereka
Quote:Original Posted By medisgroup


melayu gak harus negara tentangga juga kali

sebagian sumatera juga pake bahasa melayu dalam dialek mereka


oh begitu..
daerah sumatra mana nya memang yang pake bahasa melayu gan ?
kalo gitu punya ane gak bisa dibilang air seni dong ya
soalnya alirannya deras kayak selang pemadam kebakaran
Quote:Original Posted By zendra007
baca bagian satu dan dua jam set4 dini hari, bikiin muak sama linguistik


lah... emangnya kenapa gan ampe segitunya
Wah anumu berseni sekali ya
Quote:Original Posted By Pencabul
kalo gitu punya ane gak bisa dibilang air seni dong ya
soalnya alirannya deras kayak selang pemadam kebakaran


kekk gini gan


Via: Kaskus.co.id
Tag : The Lounge
Back To Top