8 Penyebab Mengapa Orang Suka Menunda dan Bagaimana Mengatasinya

Quote:




Quote:Sebelumnya ane mau ngucapain terima kasih banyak buat agan-agan dimari karena sudah sudi mampir di Thread ane yg sederhana ini.


Quote:
Spoiler for Cek No Repost:



Quote:MUKADIMAH

via rizalnur7.wordpress.com
Salah satu kebiasaan buruk yg dimiliki sebagian orang adalah suka menunda-menunda, baik itu menunda pekerjaan, pendidikan atau sosial lainnya. Memang tidaklah mudah menghilangkan sebuah kebiasaan yang sudah menjadi kebiasaan atau bahkan menjadi sebuah karakter. Karena seperti sebuah ungkapan bijaksana yang menyebutkan:
“Pola Pikir membentuk Kebiasaan. Kebiasaan membentuk Karakter. Karakter membentuk Nasib. Nasib menguatkan Pola Pikir kembali.”

Penundaan adalah sebuah problem yang dialami banyak orang. Beberapa orang menyadarinya, sementara lainnya tidak menyadari kalau ia punya masalah tersebut. Yang biasanya lebih menyadari adalah orang di sekitarnya yang menjadi korban dari penundaan yang terjadi.

Dampak dari kebiasaan menunda-nunda bisa menyebabkan seseorang kehilangan peluang emas, tekanan mental atau stress, pekerjaan yang menumpuk dan membingungkan, perasaan bersalah, kesedihan dan kekecewaan pada diri sendiri serta penyesalan yang mendalam.

Jika Anda memiliki kebiasaan menunda-nunda, coba cek dan pelajari, mana yang kira-kira diantara 8 penyebab yang dibahas berikut ini yang jadi penyebab dari masalah penundaan Anda.
Kadang mengetahui penyebab dari masalah penundaan sudah akan membuat Anda jadi bisa menentukan strategi untuk mengatasi kebiasaan ini.

Nah marilah kita mengeksplorasi sebab-sebab penundaan yang paling sering muncul dan cara sederhana untuk mengatasinya:
Cekibrott gan!!!


Quote:1. Stres
Spoiler for Stres:

via genelsaglikbilgileri.com
Saat seseorang stres, kuatir, cemas atau gelisah maka sangatlah susah untuk bisa bekerja dengan produktif. Dalam situasi tersebut menunda sering kali menjadi salah satu pilihan yang sering diambil.
Namun ini bukanlah cara yang bijak mengingat hal tersebut hanyalah bersifat sementara. Menunda hanyalah menghilangkan sementara stres namun ia tidak menyelesaikan masalah dan juga malah membuat pekerjaan menumpuk.

Solusi sederhana:
Cara yang bijak adalah menghilangkan penyebab stres atau paling tidak menurunkan kadarnya kalau memang belum bisa dihilangkan secara total.
Jika belum bisa dihilangkan secara total cobalah sediakan waktu untuk menyenangkan bagi Anda seperti pergi ke pantai, nonton bioskop, membaca buku, bersepeda, berenang, memancing, atau melakukan kegiatan yang merupakan hobi adalah salah satu untuk menyeimbangkan emosi Anda.


Quote:2. Terjebak Dalam Tumpukan Tugas dan Jadwal
Spoiler for Tumpukan tugas dan jadwal:

via prayudisetyowibowo.blogspot.com
Terkadang dalam satu waktu Anda mungkin memiliki tugas lebih banyak dari waktu yang tersedia sehingga tiba-tiba saja Anda merasakan kekurangan waktu untuk menyelesaikan tumpukan tugas yang makin lama makin bertambah. Akhirnya Anda merasa terjebak dalam tumpukan jadwal dan tugas yang seakan tiada akhir.
Dalam situasi seperti ini, secara logika mungkin kita berpikir apa bukannya jadi tambah fokus dan semangat kerjanya agar bisa menyelesaikan tumpukan pekerjaan?
Ternyata tidak semua orang seperti itu. Kadang melakukan penundaan menjadi reaksi yang yang tidak Anda sadari. Anda tidak bermaksud menunda sebenarnya tetapi toh itu terjadi.

Solusi Sederhana:
Dalam situasi seperti ini maka kadang penyelesaiannya yang sederhana adalah :
- Menghilangkan hal-hal yang ingin dilakukan yang sebenarnya kurang bernilai untuk dilakukan.
- Mendelegasikan beberapa tugas, dan
- Menegosiasikan kembali batas waktu dari pekerjaan


Quote:3. Rasa Malas
Spoiler for Rasa Malas:


via bebasberkarya.blogdetik.com
Terkadang seseorang menunda karena terlalu letih secara fisik dan emosi. Akibatnya kita mengambil waktu untuk istirahat sejenak. Dan disinilah jebakannya.
Ketika kita berhenti maka kecenderungan untuk bergerak lagi menjadi makin berat karena hukum fisika menunjukkan bahwa sebuah benda yang berhenti cenderung lebih berat bergerak lagi daripada kalau benda tersebut sudah bergerak walaupun perlahan.
Akibatnya adalah munculnya rasa malas untuk bertindak menyelesaikan suatu tugas. Ketika rasa malas muncul maka makin beratlah untuk memulai sesuatu karena telah berada di zona nyaman.

Bagaimana mengatasinya?
Bergeraklah! Bangkitlah dari Kursi Anda! Lakukan olahraga kecil, lakukan tindakan kecil. Jangan biarkan diri Anda diam tak melakukan apapun! Yang tidak kalah penting adalah memohonlah kepada Yang Maha Kuasa untuk menghilangkan rasa malas dalam diri anda. Ayoo kawan Bersemangatlah untuk melakukan hal-hal yg bermanfaat.
Ingatlah bahwa seseorang dengan tubuh yang bugar lebih mampu mengatasi berbagai rintangan dalam sebuah pekerjaan.


Quote:4. Kurangnya Motivasi
Spoiler for Kurangnya Motivasi:


via khairulsyafiqsuhaimi.wordpress.com
Kita semua pernah mengalami sedikit rasa malas dan ogah-ogahan. Hal itu wajar jika dalam kadar sedikit dan tidak sampai membuat kita menunda-nunda.
Namun jika Anda memiliki motivasi rendah dan merasa bahwa yang Anda kerjakan membosankan serta kurang bisa memuaskan batin walau mungkin uangnya banyak maka hal ini harus segera diatasi.

Solusi sederhana:
Selama motivasi Anda masih rendah maka Anda akan memiliki kecenderungan untuk menunda pekerjaan. Jadi solusinya bisa dengan mencari manfaat/keuntungan yang bisa membuat Anda termotivasi untuk melakukan hal yang diperlukan.
Atau Anda harus segera mencari tahu apa yang sebenarnya bisa membuat Anda merasa berharga, berguna , dan bergairah dalam hidup ini. Temukan tujuan hidup Anda dan pekerjaan apa yang bisa memenuhi hal itu.


Quote:5. Kurangnya Disiplin
Spoiler for Kurangnya disiplin:


via yuni77.blogdetik.com
Walaupun motivasi kita tinggi namun seringkali kita tetap masih harus mengerjakan tugas yang kita kurang sukai namun diperlukan.
Dalam situasi seperti ini maka disiplin diri memegang peranan penting sebagai pendukung motivasi diri. Jika disiplin kita rendah maka penundaan akan menyelinap masuk dan menguasai diri kita.

Solusi Sederhana:
Oleh karena itu Anda harus benar-benar meniatkan diri untuk menyelesaikan tugas, tidak peduli apakah itu menyenangkan atau tidak. Tanamkan dalam diri Anda bahwa justru hal-hal tidak enaklah yang akan membuat Anda sukses.
Memang mudah mengerjakan hal-hal yang kita suka namun kesuksesan seringkali menuntut kita harus mengerjakan hal yang kita kurang sukai namun diperlukan untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai.


Quote:6. Buruknya Manajemen Diri Karena Kebiasaan Buruk.
Spoiler for Buruknya manajemen diri karena kebiasaan buruk:


via family.fimela.com
Apakah Anda pernah terlambat menghadiri rapat karena bangun kesiangan?
Ini adalah salah satu contoh kebiasaan buruk yang menandakan jeleknya manajemen diri.
Hal ini bisa mengakibatkan kita menunda pekerjaan karena waktu yang kacau membuat kita harus mendahulukan pekerjaan yang sudah didepan mata sehingga akhirnya mengorbankan pekerjaan lain yang sudah kita rencanakan.
Akibatnya penundaan kecil semacam ini bisa menyebabkan tertumpuknya suatu tugas. Dan saat tugas-tugas itu jatuh tempo secara bersamaan maka kita akhirnya merasakan kekurangan waktu.
Padahal itu dikarenakan penundaan kecil yang sering kita lakukan dan manajemen diri yang buruk.

Sampai kapan Anda akan terus terjebak dalam kebiasaan buruk??!! Niatkanlah dalam diri anda disertai dengan tekad yg kuat untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk. Berusahalah untuk memanajemenkan diri anda ke arah yg lebih baik. Tidak ada kata terlambat!!!


Quote:7. Kurangnya Keterampilan yang Dibutuhkan
Spoiler for Kurangnya keterampilan yang dibutuhkan:


via narastri.web.id
Seseorang juga mungkin menunda-nunda karena ketidakmampuan secara teknis. Kurangnya keterampilan ataupun pengetahuan yang dibutuhkan membuat seseorang segan dan ragu untuk memulai sesuatu.

Jika Anda menyadari hal ini maka segera cari buku, training atau kursus singkat yang bisa menutupi kekurangan ini. Atau Anda delegasikan tugas tersebut.


Quote:8. Perfeksionis
Spoiler for Perfeksionis:


via pesona.co.id
Salah satu sebab penundaan yang cukup sering adalah ingin perfeksionis yaitu keinginan untuk melakukan segala sesuatu setelah semuanya sempurna yang akhirnya membuat kita menunda melakukan rencana-rencana kita untuk menunggu ‘waktu yang tepat’.

Ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna karena segala sesuatu pasti bisa dibuat lebih baik. Kesempurnaan adalah resep utama untuk stres!!
Berikan ijin pada diri Anda untuk mentoleransi beberapa kesalahan dan jadilah manusia normal


Quote:PENUTUP
Nah, Itulah 8 penyebab yang paling sering menyebabkan seseorang melakukan penundaan. Apakah ada penyebab lain?

Ane tunggu komentar2 bermutu dari agan2 sekalian yg telah ane share diatas

"Kamu menundanya hari ini dan berniat mengerjakannya hari esok. Lalu atas dasar apa besok kau tidak melakukan hal yang sama. Esok adalah cerita yang berbeda, jangan cemari keindahan hari esok dengan penundaan hari ini. Tak pernah ada akhir bahagia, untuk setiap penundaan."

Semoga thread sederhana ini ini bisa bermanfaat besar bagi Anda dalam meraih kesuksesan, kesehatan dan kebahagiaan Anda.

=Salam Hebat Untuk Anda=




Spoiler for Cek Sumber:
Sumber (www.ariesandi.com) dengan beberapa perubahan


Quote:
Spoiler for Pesan TS:
Jika isi thread ane dirasa bermanfaat Jangan lupa untuk bantu ya gan, bagi yg sudah ISO bolehlah ane dikasi sedikit dan budayakan komeng gan,,,



REKOMEN HT  (docs.google.com)






Quote:Quote:KOMENTAR KASKUSER

Quote:Original Posted By hitobashira
Biasanya sih kalo nunda" ane karena males gan, sekarang ane lagi berusaha hilangin kebiasaan males doain ya gan supaya ane gak males"an lagi, Aaminn..
ane bantu


Quote:Original Posted By abdulrazakr80


Manajemen waktu yang kacau
Awalnya sihh, dr keadaan malesss..
Terus kerjaan ditunda - tunda
Alhasil kerjaan numpuk


Quote:Original Posted By Deniaz
ane penunda pekerjaan pro gan
dan batin ane menderita karena selalu kepikiran terus kalo yang ane lakuin salah, harusnya ane bisa ini, bisa itu, ane pengen gini, pengen gitu, pengen bisa ini, bisa itu....tapi apa daya, malas itu sudah mengendap di badan selalu terpikir: jadi ya nanti...ah tar lagi...bisa nanti ini mah, santai...pasti nanti juga bisa...dll dll..
Semua itu paling kuat efeknya kalo sendiri

jadi, sekarang kalo ada tugas, kerjaan, atau pengen ngelakuin hal-hal positif ane coba atasi dengan cari orang yang bisa awasi ane, atau ngingetin langsung/g langsung tentang kerjaan kita, atau posisi sama biar bisa kerja sama dan ningkatin semangat.
Cari orang yg bisa buat kita sadar langsung atau g langsung. G jarang juga ane posisiin diri ane sama orang-orang yang lebih males dari ane, ini cara ekstrim sih, kalo g kuat malah ikut terjerumus , tapi kalo di ane malah jadi motivasi...kerjaan g kelar-kelar, deadline menghantui, dan g da yang kerja, "ane harus ambil tindakan" kira-kira itulah bentuk motivasinya. Tapi ini ektrim, kalo lagi g kuat iman malah tambah parah
Jadi paling efektif itu emang ada pengawas/pengingat, atau teman tuk kerja sama
Ane paling suka sebel ortu suka nyuruh ini, itu, g pake jeda...tapi ane jadi bisa ambil hikmah, bahwa emang kita para pemalas perlu "momok" tuk menggerakkan kita sewaktu penyakit ini kambuh

INTINYA gan, JANGAN kebanyakan SENDIRIan


Quote:Original Posted By g.o.r.i
Bener banget tuh, kadang kita suka nunda2 kerjaan karena masih banyak kerjaan lain yang menumpuk atau lebih penting untuk dikerjakan, sayangnya setelah menunda kemuian lupa untuk dikerjakan lagi.
Saran gue kalau emang kepepet harus menunda suatu tugas ada baiknya dibikin reminder atau dicatat diagenda


Quote:Original Posted By budiarso12
Kalo ane biasa ny menunda tuh krena menunggu waktu yg tepat...kdang memang tepat keputusan ane,org antri susah2,ane bsa langsung tanpa antri,krn waktu yg d tentukan dn d sesuaikan...jd intiny ane selalu memperhatikan sikon,kapan harus menunda dn kapan harus segera...hehehe..

Btw...nice tret...ane sangat termotivasi,krn kdang2 perhitungam ane jg bsa mleset..hehehe..


Quote:Original Posted By lcoffin
Stress =
gue ngilangin stres, ga liat satu manusia aja sehari (kecuali orang tua dan yg lain punya ikatan darah dari orang tua)

Rasa malas =
gue males bukan karena males bangkit atau tiduran, yg gue cari aja yg g pernah nyambung
yg bikin gue males ngerjakan sesuatu itu
gini contoh nya / perumpamaannya :
diajarkan dikelas bahwa = "kucing itu kaki empat"
lalu diberi tugas = "cari bagaimana cara kucing berbicara"
terus gue cari lewat browsingdi internet atau apa pun ,dan yg ada = "cara-cara kucing kimpoi"

Movitasi mah yg gue dapat malah menggebu-gebu, membakar semangat

Kurangnya Disiplin & Buruknya Manajemen Diri Karena Kebiasaan Buruk = ini kembali ke masalah "Stress" diatas tadi



"


Quote:Original Posted By paychee
Nice share gan, bahasa keren nya Prokrastinasi
Kalo ane punya tips sendiri, yaitu bikin timeline dan konsisten serta bertanggung jawab sama itu timeline


Quote:Original Posted By armand17
Ane tertohok baca thread ini gan,,
ane termasuk yang suka meunda nunda sesuatu,,
terimakasih gan,, mungkin ini bakal ane bookmark, save page, print trus di tempel di kamar ane,, biar ane nggak suka nunda nunda pekerjaan lagi..



Quote:Original Posted By riancandrian
tamparan keras nih, ngingetin ane soalnya ane sering nunda-nunda kerjaan atau target pribadi,
ujung-ujung nya malah jadi males & ada penyesalan yg sangat mendalam
kaya kuliah, temen-temen seangkatan udah pada mau lulus, lah ane mulai aja belum, karena mallas awal nya
nice thread gan, tq sdh mengingatkan


Quote:Original Posted By adie_18july
trit bagus dan pas banget sama yg ane alamin gan, 6 dari 8 point diatas ane ngerasa ada d diri ane,

namun kecenderungan ane ada d poin terakhir, yaitu ingin segalanya sempurna, padahal ane tau sempurna itu butuh embel2 yg gk sedikit, dan ujung2nya ane menunda hal yg seharusnya udah ane jalankan.

manajemen waktu dan manajemen diri adalah yg utama!! tapi ada yg lebih utama yaitu komitmen akan diri sendiri termasuk d dalamnya komitmen terhadap segala rencana diri sendiri.

makasih buat TS yg udah pas nyentil ane


Quote:Original Posted By caacing
makasih gan udah ngingetin, kebetulan ane lagi berjuang melawan kemalasan, soalnnya udah lama ane nunda Tugas Akhir kuliah .


Quote:Original Posted By lojinke
Cara terampuh menghilangkan sifat ini adalah dengan bergaul dengan orang yg rajin---Jangan mendekati pemalas, virusnya lebih cepat menghinggapi kita melebihi aids sekalipun...


Quote:Original Posted By crossoverjersey
Walopun ane masih suka nunda pekerjaan juga :

Ane ada tips nya buat ngatasin masalah ini yakni membuat TO DO LIST dimana sebanyak apapun kerjaannya minimal beberapa kerjaan harus beres dalam 1 hari , tidak usah banyak banyak 2-3 kerjaan beres itu lebih baik ketimbang ngerjain banyak hal tapi ngga tuntas smua


Wow nice thread
kadang2 malas gan jd deh nunda ane
Quote:Original Posted By aseptanuwijaya
kadang2 malas gan jd deh nunda ane


Kalo begitu harus belajar untuk membuang rasa malasnya ya gan,,,
so motivating
Quote:Original Posted By eeriecc
so motivating


Sippp

nes thread gan..
cek sempak
Quote:Original Posted By keldani

nes thread gan..
cek sempak


Semoga bermanfaat ya gan,,,
Thank's ya gan nya
Ane biasanya nunda boker lebih lama ketika habis makan makanan mahal gan, sayang kalo buru" dibuang
nice thread
Quote:Original Posted By paleloledung
Ane biasanya nunda boker lebih lama ketika habis makan makanan mahal gan, sayang kalo buru" dibuang


itu pembahasannya udah lain lagi gan,,,
rasa malas itu yang utama gan
ane ga mau jadi duda ntarnya gan
coz jadi duda linglung kesana kemari buat nyari bini
Kalau ane penyebab suka menundanya biasanya sih rasa malas gan (*´∇`*)
Kalo misalnya nunda merit karna blm mapan, gimana tuh gan?
Bangun tidur aja ditunda apa lagi kerjaan gan

Ane kadang suka gitu sih
ane gk pernah menunda kalo urusan MAKAN
Biasanya sih kalo nunda" ane karena males gan, sekarang ane lagi berusaha hilangin kebiasaan males doain ya gan supaya ane gak males"an lagi, Aaminn..
ane bantu


Manajemen waktu yang kacau
Awalnya sihh, dr keadaan malesss..
Terus kerjaan ditunda - tunda
Alhasil kerjaan numpuk
Via: Kaskus.co.id
Tag : The Lounge
Back To Top