John Logie Baird Penemu Televisi

John Logie Baird Penemu Televisi - Sang penemu yang berbakat yang hingga sampai saat ini karya - karyanya masih bermanfaat bagi umat manusia.

John Logie Baird Penemu Televisi

John Logie Baird Penemu Televisi

Televisi menjadi penemuan yang paling populer dalam sejarah perkembangan teknologi informasi. Dari perangkat layar kaca inilah kita inilah kita bisa memperoleh informasi apa pun, baik yang terjadi lingkup nasional maupun internasional. Selain itu, acara - acara menarik lainnya, misalnya yang bersifat hiburan seperti film, sinetron, infotainment, kuis dan lain sebagainya dapat kita saksikan melalui televisi.

Penemuan Televisi Adalah John Logie Baird, Sosok super jenius dari Britania yang lahir pada 14 Agustus 1888 di Helsenburgh, daerah pesisir pantai barat Skotlandia. Ayah Baird adalah seorang pramuka agama alias pendeta. Kondisi kesehatan Baird sejak kecil terbilang tidak begitu baik, ia sering sakit - sakitan. Namun, di balik kelemahan fisiknya itu, Baird menyimpan bakat cemerlang di otaknya.

Baird memang di kenal sangat cerdas dan gemar mengotak - atik barang - barang elektronik. Rupanya ia adalah tipikal anak yang penuh rasa ingin tahu, ia selalu merasa penasaran dengan barang yang ada di sekitarnya sehingga kemudian barang itu pun dibongkar pasang olehnya. Salah satu hatil kreasinya di waktu kecil adalah ketika ia berhasil memasang jaringan telepon yang terhubung dengan kamar kawan - kawannya.

John Logie Baird
Menempuh pendidikan menengah atas di Larchfield Academy ( Sekarang menjadi bagian dari Lomond School ) di Helensburg, Baird kemudian melanjutkan kuliah ke Glasgow and West of Scotland Technical College ( sekarang menjadi Starthclyde University ). Setelah meraih gelar sarjana, Baird meneruskan kuliah ke Glasgow University. Namun, studi pasca sarjananya ini terpaksa terhenti akibat meletusnya Perang Dunia I pada 1914 atau ketika usia Baird menginjak 26 tahun. Pecahnya peperangan besar di Eropa itu membuat hati Baird tergerak untuk bergabung dengan kemiliteran. Sayangnya, ia ditolak karena alasan kesehatannya yang tidak memenuhi syarat.

Perang Dunia I berakhir pada 1918. Kondisi Eropa, termasuk Skotlandia, pun berangsur - angsur membaik. Baird kemudian bekerja pada perusahaan Listrik bernama Clyde Vallery di Skotlandia. Namun, beberapa waktu kemudian, Baird keluar dari pekerjaannya dan hijrah ke Inggris untuk membuka usaha sendiri.

Sejak itulah Baird mulai melakukan riset dan eksperimen untuk membuat suatu alat yang dapat menampilkan gambar bergerak atau yang kini dikenal dengan sebutan televisi. Hobi dan kemampuannya dalam mengutak - atik barang - barang elektronik benar - benar tersalurkan dan sangat membantu usahanya itu. Pada 1924. untuk pertama kalinya Baird berhasil membuat alat yang mampu mengirim gambar. Namun, baru pada 26 Januari 1926, Baird berani menunjukkan televisi ciptaannya kepada khalayak umum.

Moyangnya televisi ciptaan Baird menggunakan cakram putar dengan lubang di dalamnya. Televisi sederhana buatan Baird berhasil menayangkan bentuk wajah, yakini berupa siluet atau bayangan hitam wajah manusia. Kendati gambar yang ditampilkan televisi hitam putih hasil karya Baird masih terlihat buram, tapi penemuan ini menjadi pembuka jalan bagi hadirnya perangkat layar kaca yang lebih baik di masa - masa selanjutnya.

Penemuan Baird yang revolusioner tak pelak menjadi buah bibir masyarakat pada waktu itu. Upaya - upaya untuk mengembangkan teknologi televisi yang telah dirintis oleh Baird pun segera di lakukan oleh sejumlah pihak pada 1927, atau tidak lama setelah Baird mengumumkan penemuannya, perkembangan televisi telah berjalan dengan cukup pesat. Saat itu televisi sudah memiliki kemampuan jaringan lebih dari 438 mil, yakni antara London di Inggris dengan Glasgow di Skotlandia.

Baird pun tidak hanya tinggal diam. Sadar bahwa respons publik terhadap penemuannya cukup menggembirakan, Ia kemudian mendirikan perusahaan dengan nama The Baird Television Development Company ( BTDC ) untuk memperluas jangkauan usahanya. Kantor Pos Jerman pun pernah memberikan bantuan dana untuk mengembangkan televisi yang digagas oleh Baird.

Pada 1930, Baird berhasil membuat kombinasi gambar dan suara secara bersamaan dengan sistem mekanis. Namun sistem baru ini tidak bertahan lama karena pengunaan sistem elektronik keburu ditemukan oleh Guglielmo Marconi yang kemudian banyak dikembangkan dan digunakan. Namun, torehan prestasi Baird sebagai sang penemu Televisi tidak pernah dapat dikalahkan oleh siapa pun. John Logie Baird atau yang lebih akrab di sapa Baird ini wafat pada 14 Juni 1946 dan dimakamkan di Glasgow, berdekatan dengan makam ayah, ibu dan istrinya.

Demikian mengenai artikel John Logie Baird Penemu Televisi ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semuanya sobat Hanya Tau Aja :)
Tag : Info Penting
Back To Top