Frank McNamara Penemu Kartu Kredit

Frank McNamara Penemu Kartu Kredit - Mungkin tidak banyak yang mengetahui hal ini siapa penemu kartu kredit atau penggagas terciptanya Kartu Kredit.

Frank McNamara Penemu Kartu Kredit

Kartu Kredit menjadi salah satu atribut yang sangat berguna di zaman sekarang. Dengan kartu kredit, orang tidak perlu lagi repot - repot membawa banyak uang tunai untuk melakukan transaksi. Cukup berbekal kartu yang digesekkan ke perangkat yang telah ditentukan, maka transaksi pun dapat segera ditunaikan. Uang yang di gunakan untuk bertransaksi nantinya akan ditagih oleh perusahaan di mana kartu kredit itu diterbitkan, biasanya oleh bank tertentu.

Kartu kredit biasanya berbentuk kartu yang terbuat dari bahan plastik yang dikeraskan, persis seperti kartu ATM atau debit. Berbeda dengan kartu debit ( ATM ) yang memungkinkan untuk mengambil uang dari rekening, kartu kredit boleh dibilang lebih berperan sebagai pihak yang meminjamkan uang untuk dipakai bertransaksi oleh penggunannya.

Orang yang mencetuskan kartu kredit adalah Frank McNamara. Gagasan ditemukannya kartu kredit sendiri berawal dari kejadian yang di alami oleh sang pembuatnya itu. Pada suatu ketika, McNamara sedang menjamu tamunya makan malam di sebuah restoran terletak di New York, Amerika Serikat. Ketika hendak membayar, McNamara baru sadar bahwa dompetnya ternyata ketinggalan di rumah. Untunglah sang istri yang waktu itu menyertainya membawa uang tunai yang cukup untuk membayar tagihan di restoran itu.

Tertolonglah McNamara, namun dari situlah ia kemudian berpikir, seandainya saja ada sesuatu yang bisa mempermudah jalannya transaksi tanpa harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Setelah melalui percobaan dan usaha yang cukup keras, akhirnya McNamara berhasil menciptakan kartu yang dapat dipakai untuk mengganti pembayaran tunai pada sekitar tahun 1949-1950. Kartu inilah yang kemudian dikenal dengan nama kartu kredit. Disebut kredit karena pemilik kartu istilahnya akan " di pinjami " uang oleh perusahaan penerbit kartu kredit itu, dan membayarnya di kemudian hari. Cara pembayaran bisa dilakukan dengan melunasi langsung tagihan kartu kreditnya. Namun bisa pula dengan cara dicicil ( Kredit ) sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan penerbit kartu kredit itu.

Kartu Kredit yang diterbitkan oleh McNamara dikenal dengan label Diners Club Card. Sesuai dengan namanya, kartu kredit ini bisa dipergunakan untuk membayar tagihan makan di restoran - restoran tertentu. Namun, Diners Club Card juga bisa untuk transaksi perjalanan maupun hiburan, dan oleh karena itu, Diners Club Card sangat populer untuk kalangan menengah ke atas, Diners Club Card bikinan McNamara diakui sebagai kartu kredit pertama di dunia yang di pergunakan secara massal dan meluas. Selain itu, Diners Club Card juga tercatat sebagai perusahaan kartu kredit Independen pertama di dunia.

Awal mula diperkenalkan, Diners Club Card sudah bisa menghimpun setidaknya 200 nasabah dan memiliki link di 27 restoran di New York. Perkembangan kartu kredit ini terhitung sangat cepat karena sudah diadopsi sebagai gaya hidup yang berkelas. Hanya dalam waktu satu tahun, Diners Club Card sudah berhasil menjaring lebih dari 20.000 nasabah. Ruang lingkupnya pun semakin meluas hingga ke luar New York, termasuk Miami, Chicago, Boston, Los Angeles dan San Fransisco.

Pergerakan Diners Club Card semakin dahsyat di tahun - tahun berikutnya. Pada 1952, Diners Club Card telah menyebar ke lebih 200 negara di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Diners Club Card mulai masuk sejak tahun 1973 dan tergolong salah satu jenis kartu kredit pertama yang dikenal orang Indonesia. Diners Club Card masih bertahan hingga saat ini, namun namanya sudah berganti menjadi Diners Club Internasional seiring dengan semakin menduniannya kartu kredit yang lahir dari gagasan McNamara itu. Diners Club Internasional kini menjadi bagian dari Citibank, suatu unit bisnis dari Citigroup, dan telah memperluas cakupannya menjadi tidak hanya terbatas pada restoran.

Demikian mengenai sejarah Frank McNamara Penemu Kartu Kredit ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semuanya.

Tag : Info Penting
Back To Top