10 Trik Untuk Membuat Makanan Lebih Sehat

10 Trik Untuk Membuat Makanan Lebih Sehat - Makanan Sehat sangatlah penting untuk kesehatan kita sehari - hari salah sekali aja memakan makanan yang tidak sehat biasanya bisa menimbulkan penyakit tertentu dalam tubuh.

Contohnya jika kita tidak tau pola makan yang sehat atau tidak tau cara membuat makanan yang lebih sehat berarti setiap hari kita makan dengan makanan yang kita sendiri tidak tau kandungannya sama sekali dan apakah itu berbahaya atau tidak jika di konsumsi setiap hari.

10 Cara Merencanakan Makanan Lebih Sehat

Nah, berikut di bawah ini saya akan share 10 Trik Untuk Membuat Makanan Lebih Sehat silahkan langsung simak aja penjelasannya :
  1. Rencanakan menu selama seminggu. Dengan cara ini anda bisa membuat perencanaan makan yang baik.
  2. Bawa daftar belanja saat pergi ke supermarket. Daftar belanja ini akan memastikan anda membeli kebutuhan makanan bergizi yang diperlukan di rumah, dan mencoret bahan makanan yang tidak dibutuhkan.
  3. Pilih yang sedang musim dan berwarna cerah. Membeli makanan yang sedang musim akan menghemat banyak pengeluaran. Sementara warna cerah dan semakin gelap menandakan banyaknya vitamin dan mineral yang ada pada bahan makanan tersebut, seperti paprika merah atau brokoli yang berwarna hijau tua.
  4. Lengkapi dengan peralatan dapur untuk menyiapkan makanan rendah lemak. Pisau tajam misalnya, akan memudahkan anda menghilangkan lemak dari daging. Alat masak bebas lengket akan mengurangi penggunan minyak goreng saat memasak.
  5. Tidak ditambah lemak. Gunakan metode memasak yang tidak membutuhkan tambahan lemak lagi, seperti mengukus, merebus, atau memanggang.
  6. Kurangi atau hilangkan bahan tinggi lemak.
  7. Gunakan rempah untuk memperkuat rasa. Coba tambahkan daun salam, kayu manis, cengkeh, pala, sebagai penambah rasa dalam masakan anda.
  8. Jadilah vegetarian ketika makan malam. Karena aktivitas di malam hari sangat sedikit, tak ada salahnya menyantap makanan tanpa daging. sebagai gantinya pilih tahu sutera.
  9. Pakai piring untuk mengontrol porsi makan. Porsi makan seimbang dalam sebuah piring akan terdiri dari seperempat bagian protein, seperempat bagian karbohidrat, dan setengah bagian sayur. Tambahkan pula susu dan buah segar sebagai penutup.
  10. Cek kembali porsi makan. Kebanyakan masyarakat saat ini menjadi korban dari porsi makanan yang sangat besar. Agar porsi makan tidak kebablasan, siasati dengan menggunakan piring yang lebih kecil. Dengan begitu porsi makan akan terlihat banyak dan anda tidak berkesempatan untuk menambah porsinya.
Demikian mengenai 10 Trik Untuk Membuat Makanan Lebih Sehat ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan sobat Hanya Tau Aja semuanya.

Tag : tips
Back To Top