Potret Kehidupan Kampung Adalah Jalan Menuju Surga

  (www.kaskus.co.id)

Quote:Potret Kehidupan Kampung Adalah Jalan Menuju Surga


Terima Kasih Kaskus Officer, Teman2 FS juga Kaskuser Semua Yang Udah Bantu Jaddin Ni Thread HT 28. Semoga Kebaikannya Dibalas & Dilipatgandakan Oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amiin
Spoiler for HT 28:


Ane juga tak lupa bagi kaskuser yang udah baik hati ngasih reputasi, ane pampang ye supaya lain kali gg segan2 lagi nimpuk ane dengan cendolnya :malus
Spoiler for Reputasi:



Quote:

Selamat Siang Agan-aganwati Semua, Semoga Hari ini Semua Berjalan Lancar & Berada Dalam Lindungan Tuhan Yang Maha Esa.
Ijinkan Hari Ini Ane Membuat Thread Lagi Ya Gan, Mudah2an Bermanfaat Juga Bisa Menjadikan Thread Ini Sebagai Wadah Diskusi Yang Mengacu Pada Kebaikan Kita Semua.

Agan Tinggal di Kampung atau Di Kota??
Bagi Agan Yang Tinggal di Kampung Mungkin Suasana Kehidupan Yang Akan Ane Jabarkan Sudah Terbersit Di Pikiran Agan-agan....Namun Bagi Agan Yang Tinggal Di Kota Pastinya Berpikir "Kehidupan Kampung Sebenernya Itu Gimana?"

Inilah Gan "Potret Kehidupan Kampung Yang Menurut Ane Adalah Jalan Menuju Surga"
Dan Menurut Ane Juga Pantas Kita Tiru & Pantas Untuk Kita Terapkan Dalam Jiwa Kita, Keseharian, Karena Kita Hidup Adalah Ujian Dari Tuhan Yang Maha Esa Untuk Berbuat Baik Guna Bekal Di Akhir Nanti.

Tanpa Banyak Basa Basi Kesini Kesitu Ane Langsung Jabarkan Aje Ye Gan??
Inilah Dia "Potret Kehidupan Kampung Yang Menurut Ane Adalah Jalan Menuju Surga"




Quote:Sebelum melanjutkan Cek Repost Dulu ye gan..!!!
Spoiler for Cek repost:




Quote:
Quote:1. Saat Waktu Menunjukan Jam 5 Sore
"Ada Apa Dengan Jam 5, Mau Janjian??"
Inilah Yang Menurut Ane Potret Kehidupan Orang Kampung Adalah Jalan Menuju Surga.
Kenapa?


Dari sudut rumah sebelah timur, keluarlah sekeluarga menuju ke Mesjid, Dari sudut Sebelah Barat Keluarlah sekeluarga lengkap dengan pakaian Shalat, dari sudut selatan munculah rombongan anak2 remaja mesjid lengkap dengan sarung & pecinya, dari sebelah utara keluarlah sang Ustadz beserta Istri dan putra-putrinya.

Dari Timur terdengar suara Puji-pujian yang menghiasi perjalanan mereka ke mesjid, dari barat terdengar anak2 yang menghapal ayat-ayat suci untuk nanti di Test sama Ustadz nya, dari selatan terdengar pula nyanyian senandung sore, dari Utara terlihat Sang Ustadz menandakan dirinya bangga melihat mereka berduyun-duyun dan bernyanyi tentang puji2an untuk pergi beribadah.

Sampai di Mesjid mereka saling tegur sapa dengan tata bahasa yang sopan, bersalaman satu sama lain. Menjelang waktu Maghrib tiba anak2 & remaja mesjid juga orang tua mengumandangkan puji2an lewat Mic & speaker yang tersedia hingga sampailah waktu adzan tiba.
Dan ini berlaku di setiap waktu akan melakukan ibadah.


Quote:Apakah agan-agan semua Masih / Selalu Mendengar / Melihat Hal Seperti Itu Dalam Keseharian?





Quote:
Quote:2. Saat Berjalan Menuju Tempat Yang Dituju
"Ko Berjalan Ada Di Sub Judul Gan?"
Inilah Yang Menurut Ane Potret Kehidupan Orang Kampung Adalah Jalan Menuju Surga.
Kenapa?


Ane ambil contoh seorang hendak berjalan menuju rumah saudara yang kebetulan beda RT sekitar 500m. Diperjalanan si bapak ini tak henti-hentinya pasang wajah tersenyum, yang menandakan bahwa dirinya selalu membawa pesan perdamaian.

Setiap orang yang dijumpainya selalu ditegur dengan baik, bersalaman (Walau sebenernya itu tidak kenal), jika terlihat ada orang yang sedang membutuhkan tak segan2 untuk menolongnya walau hanya tenaga & pikiran yang dapat diberikannya.

Sungguh Prilaku Yang Sangat Tertata Baik, Dan Ini Seharusnya Yang Harus Kita Sikapi untuk Bisa Kita Lestarikan Budaya Seperti Ini, Karena Menurut Ane Sudah Sangat Jarang Sekali Terlihat Orang2 Seperti Ini. Dan Itupun Hanya Terlihat Di Film "Kabayan Saba Kota" Versi Original, Dimana Dia Bersalaman Dengan Orang2 Yang Ada Di Mall

Quote:Apakah agan-agan semua Masih / Selalu Mendengar / Melihat Hal Seperti Itu Dalam Keseharian?





Quote:
Quote:3. Saat Tetangga Membangun Rumah
"Kan Mereka Udah Ada Pegawainya Untuk Apa Kita Bantu?"
Inilah Yang Menurut Ane Potret Kehidupan Orang Kampung Adalah Jalan Menuju Surga.
Kenapa?


Terlihat Dari ujung utara sana menuju ke selatan ada seorang bapak berjalan dan tibalah ke hadapan bapak yang dijumpainya dijalan, mereka bertegur sapa, bersalaman dan memberitahukan bahwa dia hendak membantu meringankan pekerjaan tetangganya yang sedang membangun rumah, dan ternyata bapak yang disini pun hendak pergi kesana, diperjalanan mereka mengajak bapak & juga remaja yang kebetulan ada dirumah dan merekapun berbondong2 pergi untuk membantu walau hanya sekedar tenaga saja yg dapat diberikan.

Saling menyodorkan genteng, mengangakat adonan semen & pasir, ada yang membantu melicinkan kayu dsb.

Terlihatlah kerukunan warga yang begitu harmonis dengan dinamika kehidupan yang patut disukuri dan kita tiru juga tentunya dilestarikan.

Quote:Apakah agan-agan semua Masih / Selalu Mendengar / Melihat Hal Seperti Itu Dalam Keseharian?




Quote:
Quote:4. Mendengar Tetangga Sedang Mendapat Musibah / Sakit
"Ibu Saja Deh Yang Kesana Bapak Masih Ada Kerjaan"
Inilah Yang Menurut Ane Potret Kehidupan Orang Kampung Adalah Jalan Menuju Surga.
Kenapa?


Terdengar Di Mesjid Ada uar-uar yang mengatakan bahwa Ibu "Anu" sedang tertimpa musibah sakit, dan diharapkan seluruh warga untuk berkunjung kerumahnya untuk menjenguk. Tanpa menunggu lama masih dalam hitungan dibawah 5 menit para warga berbondong2 menuju rumah tetangga yang kena musibah tersebut.

/kepala keluarga datang, bahkan tak sedikit dari RT sebelah yang membawa mobil pick-up yang dipenuhi warganya untuk menjenguk pula kepada tetangga RT sebelahnya yang sedang mengalami musibah sakit.

Mereka saling berkunjung dan mendo'akan agar musibah sakit tersebut segera disembuhkan dengan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dari kesimpulan diatas terlihat Toleransi antar warga, rasa setia kawan, rasa saling mengasihi, tolong menolong terjalin dengan sempurna. Ini rumpun tetangga desa yang menurut ane sudah sangat jarang sekali ditemui sekarang-sekarang ini.

Quote:Apakah agan-agan semua Masih / Selalu Mendengar / Melihat Hal Seperti Itu Dalam Keseharian?




Quote:
Quote:5. Tutur Kata & Bahasa Yang Digunakan
"Oh iya ada pak, sebentar ya pak saya panggilkan dulu. Sementara bapak menunggu, silahkan duduk dulu ya pak sambil mencicipi makanannya"
Inilah Yang Menurut Ane Potret Kehidupan Orang Kampung Adalah Jalan Menuju Surga.
Kenapa?


Seorang Remaja 17 tahunan terlihat serius dengan kerjaannya, yaitu sedang melukis Kaligrafi disebuah kanvas. Datanglah seorang bapak yang hendak bertamu kepada ayahnya. "De, Bapaknya Ada Dirumah?" dengan sigap remaja tersebut membungkuk sambil menodorkan tangan untuk bersalaman dengan hormat. "Oh iya ada pak, sebentar ya pak saya panggilkan dulu, sementara bapak menunggu, silahkan duduk dulu ya pak" sambil berbalik penuh hormat remaja tersebut menghilang dari pandangan si bapak untuk memanggil bapaknya.

Selang beberpa waktu ada anak yang berada dibawah usianya menghampiri "Kak lukisan kaligrafi mu bagus" dia pun menjawab "Alhamdulilah / puji tuhan kakak diberikan berupa tangan dan pikiran untuk pandai membuat seperti ini, dan mungkin kakak akan memberikannya padamu jika kamu berkenan menerima hadiah ini dari kakak".

Dari 2 penggal cerita percakapan diatas tadi sudah menandakan bahwa Tutur kata yang disampaikan kepada Orang yang lebih Tua & kepada yang lebih muda tatakrama nya selalu dipakai & tentunya itu menandakan orang tersebut mempunyai hati yang baik.

Quote:Apakah agan-agan semua Masih / Selalu Mendengar / Melihat Hal Seperti Itu Dalam Keseharian?




Quote:Pertanyaannya Untuk Agan-agan "Seringkah, pernahkah, atau Melihatkah Perlakuan Seperti Di atas??
Sebaik-baiknya Kehidupan Di Suatu Kampung Pasti Ada Pula Yang Bermoral Gg Baik. Namun Jika Kita Bandingkan Hanya 8:2. Sedangkan Sebaik2 Nya Kehidupan Dikota Jika Dibandingkan Pasti Akan 5:5 atau bahkan mungkin Yang Bermoral Gg Baik Lebih Banyak.

Orang2 Dikampung Sangat Memakai Pribahasa "Karena Nila Setitik Rusak Susu Sebelanga" Jika Ada Satu Orangpun yang Berbuat Maksiat Pasti Satu Kampung Akan Kecipratan Dosanya. Makanya Mereka Berbuat Sebaik2 nya Mengarahkan Putra-Putrinya untuk Berbuat Kebaikan.





Sekian dulu ye gan, Jika Ada yang mau menambahakan silahkan nanti ane taro pejwan.

Rekomendasi Hot Thread  (docs.google.com)

Quote: Pernah Dialami Sendiri & Thank Om Google 4 Pict[/size]
Enjoy...!!


Spoiler for Bonus Thread Ane Yang Lain Gan (HT):
01. Buah2an Ini Mungkin Sudah Punah, Padahal Semasa Kecil Buah2an Ini Selalu Jadi Teman (www.kaskus.co.id) - HT#1 | battencourt
02. Sejarah Asal Nama Daerah Glodok, Kwitang, Senayan & Menteng  (www.kaskus.co.id) - HT#2 | battencourt
03. 7 Musisi Akustik Gitar Fingerstyle Yang Mencengangkan  (www.kaskus.co.id) - HT#3 | battencourt
04. Karakter Manusia Asli "One Piece" Ternyata Ada Gan !!  (www.kaskus.co.id) - HT#4 | battencourt
05. Tips Bertemu Keluarga Pacar  (www.kaskus.co.id) - HT#5 | battencourt
06. [MIRIS & SENANG] Pekerjaan Yang Dilakukan Saat SD Untuk Menambah Uang Jajan  (www.kaskus.co.id) - HT#6 - | battencourt
07. Meninggal Secara Tragis, Artis-Artis Ini Dipercaya Jadi Hantu..!!  (www.kaskus.co.id) - HT#7 | battencourt
08. 10 Kampus Dengan Pesona Pemandangan Yang Indah & Sedap Dipandang  (www.kaskus.co.id) - HT#8 - | battencourt
09. Tukang Jualan Yang Diserbu Saat Musim Hujan  (www.kaskus.co.id) - HT#9 | battencourt
10. Kebiasaan Janggal Waktu SD Yang Kalo Dipikir Dewasa "Ngapain Juga Kita Seperti Itu?"  (www.kaskus.co.id) - HT#10 | battencourt
11. 7 Gaya Rambut Pendek Pria Paling Keren  (www.kaskus.co.id) - HT#11 | battencourt
12. 5 Gitarist Non Artis Yang Punya Skill Hebat & Patut Kita Pelajari Lick-Lick nya  (www.kaskus.co.id) - HT#12 | battencourt
13. Teknik Gitar Electric Yang Wajib Bisa & Wajib Diketahui Para Gitarist"  (www.kaskus.co.id) - HT#13 | battencourt
14. Belajar Menjadi Seorang Ayah Itu Sangatlah Susah & Membutuhkan Kesabaran"  (www.kaskus.co.id) - HT#14 | battencourt
15. Ketika Harus Bilang "Ini, Itu atau Nggak Sama Sekali"  (www.kaskus.co.id) - HT#15 | battencourt
16. Biaya Hidup di Jakarta Lebih Mahal Dibanding Amerika. Ko Bisa?"  (www.kaskus.co.id) - HT#16 | battencourt
17. 5 Kriteria Mahir Membuat Lirik Lagu Yang Sempurna  (www.kaskus.co.id) - HT#17 | battencourt
18. Do You Always Thinking After Doing This ?  (www.kaskus.co.id) - HT#18 | battencourt
19. Hal yang Dihindari Para Remaja Saat Pergi Kesini & Melakukan Ini  (www.kaskus.co.id) - HT#19 | battencourt
20. 6 Cara Pamit Dari Tongkrongan"  (www.kaskus.co.id) - HT#20 | battencourt
21. Love Laugh Lie... bye! "Agan Selalu Ucapin/Pakai Kata-kata Ini Ke Pujaan Hati?"  (www.kaskus.co.id) - HT#21 | battencourt
22. "Balada/Teman Minta Gratisan Ke Teman Yang Jualan. Agan Suka Gitu??"  (www.kaskus.co.id) - HT#22 | battencourt
23. Agan Suka Merasakan Dongkol, Kesal atau Benci Di Hari & Tanggal-tanggal Ini?  (www.kaskus.co.id) - HT#23 | battencourt
24. "Apakah Ini Cinta Dengan Style Pacaran Agan?"  (www.kaskus.co.id) - HT#24 | battencourt
25. 8 Hal Yang Diketahui Saat Agan Mengiringi Lagu Dengan Gitar / Piano  (www.kaskus.co.id) - HT#25 | battencourt
26. Pekerjaan Yang Dilakukan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan  (www.kaskus.co.id) - HT#26 | battencourt
27. 7 Rahasia Yang Harus Agan Pegang Teguh  (www.kaskus.co.id) - HT#27 | battencourt
28. Potret Kehidupan Kampung Adalah Jalan Menuju Surga  (www.kaskus.co.id) - HT#28 | battencourt
Reserved Dulu
Komeng Kaskuser


Quote:Quote:Original Posted By funk
tetangga belakang rumah bangun rumah malah bocorin genteng saya mas


Quote:Original Posted By zedaefide
Kalo gotong royong bangun rumah ,sekarang sudah jarang gan ,


Quote:Original Posted By peturuk
bener bgt, ane dah ngerasain hidup di desa dan di kota, dan itu rasanya berbeda 360°


Quote:Original Posted By chua84
Sebagian desa2 sekrang udah pada modern pola pikirnya gan...
Ada sih beberapa keseharian yang masih bisa saksikan seperti yang dijelaskan diatas, namun seiiring perkembangan zaman adat dan kebiasaan sperti itu sudah mulai ditinggalkan...


Quote:Original Posted By selena.gemez
jadi inget keluarga di kampung, damai rasanya, gk kaya dikota dikejar2 mulu perasaanya, kaya ada tanggungan , kata orang jawa dulu, urip sing semeleh ( setelah usaha pasrahkan sama Allah hasil terbaiknya)


Quote:Original Posted By d2n.ghz

ane orang kampung gan dulunya,
sekarang merantau di ibukota

beda banget gan aura masyarakatnya

tapi alhamdulillah temen kantor ane yg dari kampung juga, baik banget

satu kalimat yg ane suka ttg orang kampung.
"MEREKA TIDAK MISKIN, MEREKA HANYA TIDAK BUTUH BANYAK HAL"


Quote:Original Posted By panji.keling
Kampung bisa berarti dusun, desa, atau perumahan yg ditinggali gitu ya..
Ane juga tinggal di kampung berarti
Ada nilai2 persaudaraan dan spiritual di kampung, meskipun kadang ada sebutan minor
Terlebih untuk kata "kampungan"

Mungkin liat dari asal kata "kampung", yg katanya serapan dari bahasa luar "camp" atau "campo"

Ane barusan ngintip di KBBI:
kampung /kam·pung/ 1 n kelompok rumah yg merupakan bagian kota (biasanya dihuni orang berpenghasilan rendah); 2 n desa; dusun; 3 n kesatuan administrasi terkecil yg menempati wilayah tertentu, terletak di bawah kecamatan; 4 a terkebelakang (belum modern); berkaitan dng kebiasaan di kampung; kolot

Mudah2an banyak perkampungan yg terangkat baik ekonomi juga semangat spiritualnya


Quote:Original Posted By Zheett
ane pindah dari jakarta ke kampung beda banget auanya, religius bnget orang oraang kampung. suara sholawat sering berkumandang. kadang ceramah dr mesjid pun keddengeran. ane juga jadi suka sholat berjemaah drpada sholat sendiri. cari kedamaian ya dikampung tempatnya.


Quote:Original Posted By Rafeon
alhamdulillah tradisi kaya gitu masih ada di kampung ane..kaya gotong royong bwt bantu tetangga...


Quote:Original Posted By hilza77
iya gan bener. Soalnya saya pernah ngerasain sendiri. Kampung memang jalan menuju surga. Saya mau cerita dikit ya gan. Saya Dari kecil sampai kls 5 Sd tinggal di kota, dimana orng2 nya sok sibuk sendiri. Ketika saya kls 6 saya pindah ke kampung. Perbedaannya bnr2 kerasa gan. Yang tadinya saya kira orng kampung gimana gituh. Ternyata pada ramah2. Waktu saya lagi jln2 orng2 yg ngeliat saya pada senyum. Terus waktu saya lagi bawa barang yg berat banget ada orng yg ngebantu. Pokoknya kampung itu bnr2 surga lah. Orng2 nya ramah2, Peka banget, dan peduli terhadap sesama


Quote:Original Posted By Tachibanax
wah bener neh gan,, ane juga lebih demen tinggal di desa, udaranya adem dan masi bersih


Quote:Original Posted By galihskm
wahh ane aslinya jg dari kampung gan, tapi karena tuntutan pekerjaan akhirnya ane harus merantau, emang bener gan kehidupan di kampung jauh lebih damai rasa kekeluargaan dan gotong royong masih di junjung tinggi beda banget sama di kota bahkan sama tetangga aja ada yg ngak kenal apalagi yg macam komplek, nanti sih suatu saat ane jg pasti pulang ke kampung halaman ane gan


Quote:Original Posted By kacanakopecah
Yg Ts tulis cma tinggal dibuku2 ppkn gan.
skrg udah bener2 jarang bgt.


Quote:Original Posted By lekazald
well semuanya true story gan, karena dulu waktu ane masih kecil, ane suka main ke rumah pembantu ane daerah perkampungan gitu, disana ane sampe gak mau pulang katanya kalo udah sehari nginep gan


Quote:Original Posted By pelunggreat
Tambahan di Kampung ane gan
Ane orang kampung.

Banjir rantang
Di kampung ane kalau bulan ramadhan atau hari raya saling kirim makanan


Quote:Original Posted By cormeus
Jadi inget jaman dulu waktu tugas di Pacitan Gan
kota kecil dengan penduduk yang ramah dan alam yang luar biasa indah
#nostalgiaJamanBahula


Quote:Original Posted By Cavaleiro15
Kampung yg bener emg begitu, masih pada baik" orangnya, bener" sifat orang Indonesia


Quote:Original Posted By winXP7Vista
Ane kangen kampung
Di kampung ane dari pojok desa sampai pojok hampir kenal semua
Bahkan tetangga desa pun kenal

Nah dijakarta ini tetangga sebelah pun g kenal, sungguh miris


Quote:Original Posted By juragan04
Kalo di kampung " Saat Waktu Menunjukan Jam 5 Sore orang-orang ke masjid untuk ibadah "
di jakarta malah masih sibuk di jalan, dan ABG masih sibuk pacaran...


Quote:Original Posted By sukitea
sebagai anak kampung ane mengakui
yang ente tulis bener semua
apalagi kita kalo mau ke sawah/kebun
pasti saling sapa mau mandi ke sungai pun sama


tapi sekarang ke biasaan di atas kek nya udah mulai luntur


Quote:Original Posted By billy1
ne salah satu thread yg patut dibaca oleh semua warga kaskuser ataupun yg lainnya ...
ane tambahin gan....

Perbedaan Pendapat dikampung kadang dimusyawarahkan di kantor kepala desa
Spoiler for Musyawarah:


Quote:Original Posted By winkus
-ditempat ane biasanya kerja bakti, asyik juga dah
ane sempetin ikutan kalo ada waktu... kalo ada halangan, ane ikut nyumbang makanan
-tetangga kena musibah juga
perlu kita tolong juga, tanpa dikomando... menolong sesuai kemampuan kita


Quote:Original Posted By jimbling
ane tinggal di salah satu kampung yang ada banyak di Jogja gan,
dan emang bener, kehidupan di kampung seperti yang agan utarakan. saling bantu, gotong royong, dan yang jelas tanpa pamrih gan.
nice gan


Quote:Original Posted By njelitheng
bagi dikit pengalaman mas gan..

waktu paman meninggal kemaren, tetangga dateng smua. yg uda kerja disawah lgsung balik buat ngelayat. bantu2 sana sini..

makin terharu mas gan


Quote:Original Posted By badassguy
Alhamdulillah gan rumah ane masih di perumahan, bukan elit bukan perkampungan juga, biasa aja, dari beberapa point di atas hampir semua juga masih ada, seneng aja kalo setiap sore masih ada anak" yg maen depan rumah, maen maenan yg sebenernya kaya sepedahan, gundu segala macem bukan maenan gadget trus misal dah rada magriban pada ke masjid , hidup ditempat yg "sederhana" lebih banyak positifnya emang dari pada tempat yg "berlebih" tapi sama tetangga sebelah rumah juga kaga kenal


Quote:Original Posted By matamera
waktu kecil dikampung anak soleh

waktu remaja datang ke jakarta

tidak ada bekal ilmu, tidak ada kerja tetap, mulai labil kena arus ibu kota

yang tadinya hitam putih mulai jadi abu abu

akirnya ikut teman ambil jalan pintas untuk hidup senang, cuma modal berani

lanjutnya?.................




tetangga belakang rumah bangun rumah malah bocorin genteng saya mas
Kalo gotong royong bangun rumah ,sekarang sudah jarang gan ,


Kangen sama kampung
Quote:Original Posted By funk
tetangga belakang rumah bangun rumah malah bocorin genteng saya mas



Bukan bantuin malah ngancurin

Quote:Original Posted By zedaefide
Kalo gotong royong bangun rumah ,sekarang sudah jarang gan ,



Ya itu gan makanya ane bikin trt seperti ini...tahnk dh mampir gan
Quote:Original Posted By yank.adek.hamil
Kangen sama kampung

Pulang dulu ye gan, temuin ema sana....:nagcir
bener bgt, ane dah ngerasain hidup di desa dan di kota, dan itu rasanya berbeda 360°
Quote:Original Posted By peturuk
bener bgt, ane dah ngerasain hidup di desa dan di kota, dan itu rasanya berbeda 360°

Nah itu die gan....intinya mungkin kembali ke individu masing2 ye?? thank gan dh mampir
apalagi pas bulan puasa
enak banget tinggal di desa
Quote:Original Posted By battencourt
Reserved Dulu

Cepet banget gan? pke Rockey ye?

No 1 gan kehidupan kampung banget. dikota mana ada yang beginian
No 5 gan, orang2 kampung ramah-raamah utur katanya halus sehalus sutera
Sebagian desa2 sekrang udah pada modern pola pikirnya gan...
Ada sih beberapa keseharian yang masih bisa saksikan seperti yang dijelaskan diatas, namun seiiring perkembangan zaman adat dan kebiasaan sperti itu sudah mulai ditinggalkan...
Quote:Original Posted By dagna12

Cepet banget gan? pke Rockey ye?

No 1 gan kehidupan kampung banget. dikota mana ada yang beginian

Bukan gan ane pake Jet

Quote:Original Posted By vaughan12
No 5 gan, orang2 kampung ramah-raamah utur katanya halus sehalus sutera

Bener tuh gan
Quote:Original Posted By chua84
Sebagian desa2 sekrang udah pada modern pola pikirnya gan...
Ada sih beberapa keseharian yang masih bisa saksikan seperti yang dijelaskan diatas, namun seiiring perkembangan zaman adat dan kebiasaan sperti itu sudah mulai ditinggalkan...

Komeng ini oke banget..!! tapi kamopung tetep lampung ye gan? orang2 baiknya lebih bnyal menurut ane...Thank gan dh mampir
Quote:Original Posted By LeviTata
apalagi pas bulan puasa
enak banget tinggal di desa

emang agan tinggal dimana gitu gan?

jadi inget keluarga di kampung, damai rasanya, gk kaya dikota dikejar2 mulu perasaanya, kaya ada tanggungan , kata orang jawa dulu, urip sing semeleh ( setelah usaha pasrahkan sama Allah hasil terbaiknya)
ah sekarang kampung udah banyak yang berubah gan
akibat

ane orang kampung gan dulunya,
sekarang merantau di ibukota

beda banget gan aura masyarakatnya

tapi alhamdulillah temen kantor ane yg dari kampung juga, baik banget

satu kalimat yg ane suka ttg orang kampung.
"MEREKA TIDAK MISKIN, MEREKA HANYA TIDAK BUTUH BANYAK HAL"
Kampung bisa berarti dusun, desa, atau perumahan yg ditinggali gitu ya..
Ane juga tinggal di kampung berarti
Ada nilai2 persaudaraan dan spiritual di kampung, meskipun kadang ada sebutan minor
Terlebih untuk kata "kampungan"

Mungkin liat dari asal kata "kampung", yg katanya serapan dari bahasa luar "camp" atau "campo"

Ane barusan ngintip di KBBI:
kampung /kam·pung/ 1 n kelompok rumah yg merupakan bagian kota (biasanya dihuni orang berpenghasilan rendah); 2 n desa; dusun; 3 n kesatuan administrasi terkecil yg menempati wilayah tertentu, terletak di bawah kecamatan; 4 a terkebelakang (belum modern); berkaitan dng kebiasaan di kampung; kolot

Mudah2an banyak perkampungan yg terangkat baik ekonomi juga semangat spiritualnya
Quote:Original Posted By sitoy.51704
ah sekarang kampung udah banyak yang berubah gan
akibat


Akibat apa toy
Kampung ane belum berubah masih 'kampung'
Via: Kaskus.co.id
Tag : The Lounge
Back To Top