Alasan BOPI Coret Arema dan Persebaya dari ISL

Arema dan Persebaya dianggap tidak memenuhi dua persyaratan. Apa itu?

Rabu, 1 April 2015 | 22:12 WIB
Oleh : Zaky Al-Yamani, Raditya Andriansyah  (bola.viva.co.id)

Arema Cronus (biru) dan Persebaya Surabaya (hijau).(ANTARA FOTO/ Feny Selly)

Quote:
VIVA.co.id- Dua klub raksasa Indonesia, Arema Cronus dan Persebaya Surabaya terancam tak bisa mengikuti kompetisi ISL 2015. Kedua klub asal Jawa Timur ini tidak lolos verifikasi yang dilakukan oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Ketua BOPI Mayjen (Purn) Muhammad Noor Aman mengatakan, semua tim harus memenuhi kelengkapan berdasarkan lima aspek. Antara lain, aspek legalitas, keuangan, pelaku olahraga profesional, pembinaan usia muda, dan kegiatan sosial.

“Kami hanya memberikan rekomendasi kepada tim yang sudah terverifikasi. Kepada tim yang belum terverifikasi tidak akan bisa mengikuti kompetisi,” ujar Noor Aman.

Arema dan Persebaya dianggap tak memenuhi dua poin awal dalam lima aspek tersebut. BOPI menilai, keduanya memiliki permasalahan keuangan (penunggakan gaji pemain, dan penunggakan pajak) serta dualisme kepemimpinan.

Arema sebenarnya sudah mengantongi rekomendasi dari AFC untuk mengikuti ISL 2015. Namun, menurut BOPI, Arema hanya mengantongi rekomendasi AFC untuk kelayakan mengikuti pertandingan, dan bukan kepada lima aspek tersebut.

BOPI juga mengatakan tak akan berhenti melakukan pengawasan selama kompetisi berlangsung, dalam hal ini verifikasi faktual kepada klub-klub yang masih belum melunasi pajaknya. BOPI memberikan tenggang waktu hingga putaran pertama ISL berakhir.

Jika sampai tenggang waktu yang ditentukan klub tersebut tak juga melakukan pelunasan pajak, BOPI akan mencabut rekomendasi sehingga tak bisa mengikuti putaran kedua.

“Kepada klub yang belum menyelesaikan pembayaran pajak antara lain, Mitra Kukar, Persela Lamongan, Gresik United, Pelita Bandung Raya, dan Perseru Serui harus segera melengkapinya paling lambat akhir putaran pertama. Jika tidak, rekomendasi akan kami cabut,” tutur Noor Aman. (art)


ga ada lo.. ga rame euy..

Quote:Terus Acak-acak ISL, Komisi X DPR Anggap BOPI Membangkang


Kamis, 2 April 2015 | 00:45 WIB
Oleh : Anry Dhanniary, Satria Permana  (bola.viva.co.id)


VIVA.co.id- Keputusan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang mencoret dua klub peserta Indonesia Super League (ISL), Arema Cronus dan Persebaya Surabaya, mendapatkan reaksi keras dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Seperti yang diungkapkan Ketua Komisi X DPR, Teuku Riefky Harsya, tindakan BOPI yang mengurangi jumlah peserta ISL sudah melanggar undang-undang. Karena sebelumnya DPR melalui Komisi X sudah memutuskan kalau tanggal kickoff dan jumlah klub sudah tidak akan berubah.

"Berdasarkan pasal 74 ayat 2 UU No 42 tahun 2014 Jo UU 17 tahun 2014 tentang MD3, setiap pejabat negara, pejabat pemerintah, badan hukum, warga negara, atau penduduk wajib menindaklanjuti rekomendasi DPR," ujar politisi asal Partai Demokrat tersebut.

"Komisi X DPR akan mempertanyakan keputusan BOPI dalam rapat kerja dengan Menpora RI yang akan kita gelar minggu depan. Semestinya BOPI sebagai lembaga mandiri yang dibentuk pemerintah harus menghormati dan menindaklanjuti rekomendasi Komisi X dalam RDPU tgl 26 Maret 2015, dimana telah disebutkan pada poin 2: Komisi X DPR RI menekankan bahwa pelaksanaan kick-off ISL 2015 akan dilaksanakan pada tanggal 4 April 2015 yang diikuti 18 klub," lanjut Teuku, Rabu 1 Maret 2015.

BOPI sendiri sebelumnya sudah menyatakan kalau hasil rekomendai Komisi X DPR RI akhir bulan lalu hanya seperti "Sumpah Pocong" saja. Badan yang berdiri di bawah Kemenpora itu menyatakan akan tetap mengacu pada verifikasi.

Usai tengat waktu pada 1 Maret 2015, BOPI pun tidak mengindahkan instruksi DPR RI dan malah mencoret Arema dan Persebaya dengan alasan tidak lengkapnya pada poin legalitas dan keuangan.

Hal ini dianggap oleh DPR sebagai hal yang membingungkan, karena tidak sejalan dengan keputusan hasil pertemuan sebelumnya.

"Kami sebagai wakil rakyat telah menjalankan tugas, fungsi dan kewenangan yang diatur dan dilindungi Undang-Undang. Semestinya semua pihak terutama institusi negara dalam hal ini Menpora dan BOPI menghargai dan menghormati lembaga negara DPR RI," tambah Teuku.


Kwak waw jadi HT

Abah Chabayan sbagai Bobotoh PERSIB.. akan merasa kesepian andaikan PERSEBAYA & AREMA tidak bisa ikutan ISL sok atuh beubeunah sing beneur.. #SUPPORTtoPERSEBAYA_AREMA

Jangan dikasih cendol ya gan


Quote:Original Posted By chungta.



Minta tolong TS, dikasih info kalau Persebaya ini adalah Persebaya jadi2an. Karena aslinya klub ini adalah PERSIKUBAR, bukan Persebaya yg dulu terkenal dan dipuja2 rakyat Surabaya. Bukan Persebaya yg juara Liga Indonesia. Bukan Persebaya yg melahirkan banyak pemain nasional.

Thank you banget bila berkenan.

Congratz jadi HT.



saatnya aremania n bonek bersatu lawan bopak...
Arema n Persebaya jangan menghambat dong......
Aremania tetap fokus menyambut duel Arema vs Persija.
Rabu, 1 April 2015 | 19:07 WIB
Oleh : Marco Tampubolon,D.A. Pitaloka   (bola.viva.co.id)
(Malang)

Aremania (VIVAnews/Dyah Ayu Pitaloka)

Quote:VIVA.co.id- Suporter Arema Cronus, Aremania, memilih tak menggubris keputusan yang dikeluarkan oleh BOPI terhadap Arema Cronus. Keputusan itu dianggap berbau politis dan merugikan sepakbola Indonesia. Aremania pun menyatakan akan memboikot Menpora dan BOPI jika datang ke Malang.

"Pagi tadi Aremania ada pertemuan yang dihadiri sekitar 300 korwil, di Kepanjen. Arema sudah dapat izin pertandingan dari kepolisian dan kami fokus menyiapkan dukungan untuk pertandingan pada 4 April," kata Ahmad Gozali, Aremania Koordinator Wilayah Klayatan, Kecamatan Sukun Kota Malang, Rabu 1 April 2015.

Dia menuturkan, sikap Aremania bulat untuk tetap mendukung Arema bertanding melawan Persija Jakarta. Bahkan Aremania merasa sikap BOPI dan Menpora tidak jelas dan merusak sepakbola di Indonesia, "Itu mereka sudah ditumpangi berbagai kepentingan politik.
Aremania tidak akan menggubris sikap mereka. Isinya BOPI itu orang-orang IPL semua," kata Ahmad sengit.

Untuk menunjukkan sikap protesnya, menurutnya Aremania sepakat untuk memboikot Menpora, Imam Nahrawi dan Ketua BOPI, Noor Aman jika datang ke Malang, " Aremania akan boikot Menpora dan Noor Aman jika berani menginjakkan kaki di Bumi Arema, (Malang)," sebutnya.

Aremania pun bersikap tidak akan mempercayai informasi dari sumber manapun, kecuali dari manajemen Arema Cronus. Bahkan Aremania yakin, Arema Cronus akan mendapat restu dari pejabat pemerintah untuk mengikuti ISL musim ini.

"Saya dapat kabar langsung dari manajemen Arema, sore ini. Bahwa Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta agar ISL tetap diikuti 18 klub, bukan 16," katanya, sambil menolak untuk menyebutkan siapa nama manajemen Arema Cronus yang telah memberi bocoran itu.

General Manajer Arema Cronus Rudy Widodo membenarkan jika Arema telah mendapat izin untuk melakukan pertandingan pada 4 April nanti, " kita sudah dapat izin dari PT Liga, KONI dan Kepolisian," ujarnya.

Siang tadi, BOPI memang telah mengeluarkan rekomendasi untuk menggelar ISL 2015 mulai 4 April mendatang. Namun BOPI hanya merekomendasikan 16 tim musim ini.
Kalo bonek sih dengan senang hati menerima keputsan ini, yang ikut kompetisi kan persikubar
.
Tapi kalo aremania ya......

tim tarkam suporter tarkam gini nih
bijimane mau maju sepakbola indonesia kalo yg jelek tetep didukung
Itu hasilnya banding Persebaya 1927 ke Arbitrase Internasional yang dulu2 gimane?
Gaji pemain2 yg dulu2 aja masih nunggak
aremania mana suaranya?wah orang malang bakal kehilangan tontonan bola nih
aku mek ngguyu tok ae,,,,modar cangkemmu.....

#SAVEPERSEBAYA1927
Paling nanti juga lolos
Gmana pun caranya
Mudah2an tim yg asli nya bisa kembali...
Quote:Original Posted By saeed...
aku mek ngguyu tok ae,,,,modar cangkemmu.....

#SAVEPERSEBAYA1927


Ak muk cengangas cengenges...ketheke podo plonga plongo..
Coret sekalian PSSI
Ga menarik, kalah mulu, bikin emosi dan 1 lagi....ngabis2in anggaran...mending buat post lain
Masih berfikir sepak bola tanpa mafia ?
To : Menpora & BOPI
Terkadang Tujuan Baik selalu banyak tantangan dan hambatan, percayalah jika kita benar Tuhan bersam kita
yang penting tegas pak
BOPI apaan ya gan?
Quote:Original Posted By saeed...
aku mek ngguyu tok ae,,,,modar cangkemmu.....

#SAVEPERSEBAYA1927


Quote:Original Posted By andrageni


Ak muk cengangas cengenges...ketheke podo plonga plongo..


nyarios naon euy teu ngertos
Quote:Original Posted By htmc2
Masih berfikir sepak bola tanpa mafia ?
To : Menpora & BOPI
Terkadang Tujuan Baik selalu banyak tantangan dan hambatan, percayalah jika kita benar Tuhan bersam kita


bopi sama menpora nya aja nggak beres..

aremania dan bonek terancam kagak jadi joget joget dong tanggal 4 nanti
Tim "BAPAK" di coret euy

Singa nya jd kucing.. Meong..Meong..Meong..

Via: Kaskus.co.id
Back To Top