6 Sifat Positif Pemotor di Jakarta

Quote:
Sourcenya dulu gan  (blog.arieflatu.net)

Quote:
Ini tulisan ane sendiri, jadi harusnya ga mungkin

Quote:

Jumlah pemotor di Indonesia khususnya Jakarta memang luar biasa banyaknya. Kalau tidak salah, di Indonesia jumlahnya mencapai 80juta lebih. Untuk di Jakarta, (mungkin) di kisaran 10juta lebih di tahun 2013 ini. Angka pertumbuhannya di Jakarta pun luar biasa, bisa mencapai 8 ratus motor baru per hari. Seiring dengan banyaknya motor-motor di Jakarta, makin banyak juga artikel-artikel yang menyoroti perilaku buruk pemotor-pemotor di Jakarta.

Saya sendiri sebagai pemotor yang selalu diklaksonin karena berhenti di belakang garis zebra cross ketika lampu merah, menyadari perilaku buruk teman-teman sesama pemotor ini. Sepengamatan saya, di luar kebiasaan buruk teman-teman pemotor, mereka juga punya beberapa sifat positif yang bisa kita lihat dengan mata kepala sendiri. Saya coba jabarkan satu-persatu


Quote:
Pemberani
Teman-teman pemotor memang memiliki nyali yang luar biasa dalam berkendara. Mereka terkadang naik motor tanpa menggunakan helm, menyalakan lampu, ngebut diantara 2 mobil yang sedang berjalan, dan tindakan-tindakan berbahaya lainnya. Mungkin pemikiran teman-teman pemotor, yang penting kami cepat sampai. Urusan resiko belakangan. Tangan dan kaki lecet tinggal diobati, kepala bocor ya dijahit, kalau mati berarti apes.

Quote:
Setia kawan
Kalau kalian perhatikan, sesama pemotor ini sangat setia kawan. Ketika salah satu dari pemotor masuk busway, maka yang lain akan mengikuti. Mereka tidak rela kalau teman mereka ditilang sendirian. Atau ketika teman mereka naik trotoar dan mengusir para pejalan kaki dengan menggunakan suara klakson yang kadang-kadang ga nyala, maka dengan serta merta yang lain akan mengikuti. Sehingga ketika para pejalan kaki protes, mereka dengan sigap akan berdiri dibelakang bersiap membantu temannya itu untuk melawan pejalan kaki yang ternyata yang punya hak di trotoar. Hak? Hak apa? Ini Jakarta bos, hukum di Jakarta beda, yang banyak yang galak yang menang. Itu mungkin yang ada dibenak teman-teman pemotor.

Quote:
Fleksibel
Satu yang buat saya tercengang dengan teman-teman pemotor adalah mereka sangat fleksibel, seperti air. Kalian tau salah satu sifat air? Air selalu akan mengisi ruang yang kosong. Begitu juga dengan pemotor-pemotor ini. Biarpun sempit, atau jarak kosong yang ga cuma seberapa, mereka akan masuk. Kalau nyenggol motor yang lain, ya mereka kan setia kawan. Kalau yang disenggol mobil? Sambil maju sedikit demi sedikit, teman-teman pemotor biasanya akan melambaikan tangan sambil bergumam, alah dikit doang bos yang kesenggol, ga usah marah-marah dong

Quote:

Kreatif
Kadang-kadang saya suka ga abis pikir sama teman-teman pemotor ini. Mereka ini kreatifnya luar biasa. Suka melakukan hal-hal yang out of the box, yang ga selazimnya. Contohnya, kalau macet, contra flow dong sambil melipir ditepian jalan, atau naik ke trotoar sambil maenin alat musik satu-satunya, yaitu klakson mereka. Zebra cross dulunya adalah tempat para pejalan kaki untuk menyebrang jalan. Namun karena sudah jarang yang menyebrang di zebra cross, maka teman-teman pemotor dengan kreatifnya mengubah fungsi zebra cross menjadi tempat berhenti ketika lampu merah.
Atau contoh lainnya di lampu merah yang menggunakan waktu. Kalau pembalap baru akan memacu kendaraannya ketika waktu menunjukkan angka 0, nah kalau teman-teman ini baru diangka 5 malah sudah membunyikan klakson duluan biar balapan lebih cepat dimulainya. Walhasil di angka 3 mereka sudah saling salip-salipan dengan pemotor yang lain. Waduh saya jadi lupa batasnya antara kreatif dan curang.

Quote:
Ramah
Pemotor di Jakarta itu ramahnya luar biasa lho. Mereka menyapa siapapun yang ada di depan mereka, tapi ya itu, menyapanya dengan klakson. Pejalan kaki yang ada ditrotoar diklakson, sesama teman pemotor yang berhenti dibelakang garis diklakson, bahkan dengan ramahnya mereka menyapa semua orang yang ada di bus transjakarta.

Quote:
Tidak memandang perbedaan
Ditengah melunturnya nilai-nilai Pancasila di masyarakat kita, teman-teman pemotor ternyata dengan patriotiknya berusaha untuk mengembalikan nilai-nilai tersebut, terutama tidak memandang perbedaan. Bhineka tunggal ika, walaupun berbeda tetapi tetap satu jua, berusaha diamalkan sebaik mungkin oleh mereka. Yang paling terlihat adalah di lampu merah. Walaupun warnanya beda, tetapi tetap fungsinya sama, jalan terus. Hijau ya jalan. Kuning lebih kebut biar ga kena merah. Nah kalau sudah merah? Jalan terus tapi pelan-pelan, melipir sedikit demi sedikit sambil liat-liat ada polisi ga. Kalau aman, tancaaaap.


Naah itulah kira-kira sifat positif teman-teman pemotor di Jakarta. Kalau agan pengguna jalan di Jakarta menemukan sifat positif yang lain, boleh dibagikan di sini, biar ane taro dipekiwan

Quote:
Pembelaan dari kaskuser. Gimana agan2 sekalian?
Quote:Original Posted By inewRchase
susah gan kalo jd biker di jakarta..kalo bener dapet intimidasi dari yg laen..

1. kadang masuk jalur busway gara2 terpaksa karena mobil sebelah gamau ngasih jalan,sedangkan yg belakang udah klakson2 gajelas, kenapa ga jalur kiri? nah kita ke jalur kana karena jalur kiri ketutup mobil yg make jalur nanggung..atau kita kegiring ama mobil, jadi kita kebawa ke jalur kanan, (kalo TSnya biker pasti ngerti sering kejadian kaya gini)

2. kadang ambil jalur berlawanan (tanpa pembatas ane ga pernah kalo ada pembatas) gara2 jalur yg mestinya jalur 1 mobil 1 motor, jadi jalur 2 mobil, lah kita lewat mana gan? masa lewat trotoar? iya kalo ada trotoar, kalo tanah bebatuan? tp ane sebagai pengendara yg baik ga pernah bikin 2 jalur di jalur berlawanan, belakang ane yg oon, jd yg depan gabisa lewat..

3. lewat trotoar sangat jarang ane lakuin, itu kalo bener2 didepan lenggang, tp ditutupin mobil yg nanggung pake jalurnya, kekanan enggak kekiri nggak, biasanya ane pake trotoar tp cuma buat dahuluin mobil didepan ane itu aja..

4. trobos lampu merah ane lakuin kalo malem doang sih gan, kalo bener2 sepi, kalo siang ane ga pernah, walopun belakang klakson2 mah..

5. Helm, ane sih pake helm terus, kecuali cuma skitara komplek ane..keluar komplek pake helm, sarung tangan juga malah, kapok gan gapake sarung tangan jadi kapalan..

ane mau ngasih tau ada positifnya pengendara motor (yg ini bener2 positif),
Spoiler for positif:
mereka bener2 solider sama sekitar, coba aja ada org laen jatoh dari motor/org kecelakaan (entah mobil/motor), pasti ditolongin, pengendara mobil ga kaya gini(mungkin karena naek motor lebih praktis turun), mobil mogok ditengah jalan aja ditolong dibantu didorongin ampe pinggir..dan abang ane peranh malem2 motornya mogok, tiba2 ada yg nolongin derek motor ampe rumah, dan orgnya ga mau dibayar, alesannya dia pernah dibantu kaya gitu juga sama org, jd bisa dibilang timbal balik acak lah (random mutualism)..ane sekeluarga dulu juga pernah dibantu pas mobil lagi mogok ama pengendara motor, alhasil mobil jalan ampe bengkel (biar langsung dibetulin, bengkelnya udah deket rumah sih), dari bengkel kami naek angkot


tapi kalo ente pengedara motor dan mobil, pasti ente mikir itu bukan salah mereka, jakarta yg udah kebanyakan mobil ama motor, imbasnya kelakuan org2 indonesia yg gamau diatur..karena banyak juga loh dosa2 pengendara mobil yg ga di publish yg ane sendiri juga kadang lakuin..

page one kalo TSnya baca



Spoiler for sifat positif yang lain menurut agan2:

Quote:Original Posted By traceourDJK
wakakakakka....tambahin dong gan sikap positifnya...pejeng di pejwan kalo berkenan ya gan

Sangat percaya diri

Pemotor di Jakarta sangat percaya diri masbro. Bisa dilihat dari cara mereka berpindah jalur, ingin belok ke kiri atau ke kanan, mereka tidak memerlukan kaca spion dan lampu sein.

Mereka sangat percaya diri terhadap keadaan di sekitar mereka. Mereka enggak perlu menyalakan lampu sein dan enggak perlu tengok kaca spion ketika akan berpindah jalur atau ketika ingin berbelok. Tinggal belokin aja motor mereka ke tempat yang mereka mau kapanpun. Beres.

Kendaraan di belakang gimana? Kalau nanti kecelakaan gimana? Kok enggak mikirin keselamatan orang lain?
Urusan belakangan lah. Pede aja dulu, anggep aja di jalanan tersebut cuman ada ente doang.

Quote:Original Posted By Tachibanax
ada juga tuh gan kalo lagi ujan suka berenti di bawah jembatan seenaknya,,,
bikin makin macet aja

Quote:Original Posted By mixonline
Yg plg mnjengkelkan adalah saat pngendara motor mau belok tanpa mnyalakan sein, ato menyalakan lampu jauh yg mnyilaukan mata pengendara lain. Bhkan para alayer skrg bsa2 nya pake lmpu Hid buat gntiin lampu remnya.. ckckck.. kbanyang ngga silaunya?!

Quote:Original Posted By ..joker..


gimana kalau cekatan dan gesit di lampu merah

Quote:Original Posted By sn5301679
Tambahin gan:
Ada yang Alay suka pakai sirene. ini paling jijay. rasanya pingin tabrak aja tu motor, atau doain biar sirenenya konslet trus nyala didepan polisi, biar kena tilang. Mampus

Quote:Original Posted By Badvriel
wuanjis itu gambar ngena banget
TS lupa soal pengendara motor yang suka sms ya

kebeneran ane suka kritis soal ginian
ane di bandung

pengendara motor di bandung tuh:
1. suka smsan di jalan sambil melaju..
kalo kaya ane sih ke pinggir bentar ga 1 menit bales sms maju lagi
ditegur malah mereka yang marah

2.ambil jalur yg belok kiri langsung di lampu merah
yang mau belok ketutup
malah pas antrian ga panjang mereka pada ambil jalur itu ga pada antri
ane suka banget tuh ga nagsih jalan biar pun keadu bodi

3. terobos lampu merah
no komen dah soal ini...kalo diklakson mereka yang marah

4. Diem di bawah pohon saat siang walau itu ngehalangin jalan
resiko pemotor bos..ga mau pnas pake mobil atau bawa payung

5. saat macet ambil jalur lawan..
kalo misal 1 jalur lawan udah sampe antri
ambil 1 jalur lagi dan seterusnya sampe nutup penuh jalur lawan
dannn...macet total deh jadinya

6.kaga ngasih jalan buat kendaraan yang mau nyebrang atau belok
mcaem sendirinya ga pernah minta izin belok

banyak sih cuma lupa..
ane sendiri pengendara motor cuma kesel ama pengendara lain..
yang biasanya pelaku2 gitu sih bapak2 rata2..
apalahi yang badan gede
kalo anak muda emang banyak tp ga seberani bapak2..

cendol buat ts udah kasih hiburan



Spoiler for yang senasib:

Quote:Original Posted By redshadowxxx
klo yg klakson2 keqnya bukan pemotor doang gan... itu juga sifat positifnya pengguna mobil... apalagi klo pengguna motor yg kata agan harus berhenti di belakang garis zebra cross... beuh brasa denger lagu gan tin tan tin tun wkwkwk (pengalaman berhenti sebelum garis zebra cross)


Quote:Original Posted By inteldown2
kesel gan sebagai pemotor yang taat kepada pemotor yang ga bener apa lagiii yang suka klakson...


Quote:Original Posted By fauziajah
Itu gambar di lampu merahnya pas banget dengan apa yg terjadi dijalan

Curcol dikit
Ane org bogor yg sebelumnya 3 tahun di bekasi. tapi selama di bekasi ga parah" amat. lampu MERAH yah berhenti lampu KUNING siap" dan lampu HIJAU jalan ga kenceng"
dan semenjak pindah ke JAKARTA ane langsung PRUSTASI dijalan.
karena apa ketika lampu sudah MERAH bikers / Cares masih pada jalan ga mau berhenti. jadi kalau lagi sama" buru" pasti pada NYANGKUT di Tengah" jalan ALIAS ga ada yang ngalah
dan setelah 4 bulan ane baru bisa beradaptasi dengan keadaan kacau balau begini.

jadi apa yang perlu diperbaiki untuk kebaikan bersama dijakarta yah gan ?


Quote:Original Posted By awyusuf
ane paling sebel kalo para oknum bikers ini ngambil lajur lawan, kita yg di lajur yg bener harus ngalah sama mereka dr depan
apalagi kl dah ktmu macet, segeralah melipir ambil kanan ke lajur org satu per satu sampe akhirnya penuh dan kendaraan dari arah depan ga bisa lewat.
kl nyenggol kendaraan kita cuek aja, stlh di klakson, paling angkat tangan sebelah sbl tetap berlalu...

cek kulkas bray TS


makasi gan ijo2nya

Quote:Original Posted By yudiajahh
yg pling sering ituu ga berhenti di belakang garis putih pas lg lampu merah..

Quote:Original Posted By Reinzza
gw selalu ikut aturan kok gan, tapi ya gitu pas ane berenti di belakang zebra cross ane malah diklaksonin, terus pas jalanan kosong tapi lampu masih merah ane juga diklaksonin engga mobil engga motor ya sama aja.


Nah ini gan, ane sering banget digituin. Tapi biasanya ane cuekin, kadang2 ane pelototin juga

Quote:Original Posted By nampanbakso
hahahaha
asli ane..
kata katanya manis banget gan

ane sebagai bikers yang taat aturan
merasa tersentil

Quote:Original Posted By eyeshield24
cara agan dalam mengemas thread ini patut diacungi jempol

menguraikan hal negatif dengan bahasa yg positif hehe

ketauan deh siapa yg asal komen tanpa baca isi threadnya

Quote:Original Posted By aldyth22
wah setuju banget gan sikap "baik" pake kutip, di lampu merah deplu deket bintaro mereka malah berhenti di arah berlawanan nunggu lampu merah jadi ganggu kita yang arah sebaliknya, kalo di klakso melotot kayak algojo tuh mereka...

tapi ane salut sama mereka yang baik beneran, karena walaupun ngelihat orang2 nyetir motor serampangan, tapi tetep pada prinsip untuk taat pada peraturan..


Quote:Original Posted By noyoyo
susah emang jadi pemotor yg mematuhi peraturan lalu lintas d'jakarta mah
berenti d'belakang garis pasti jadi bulan2an klakson

Quote:Original Posted By Tomsilver
yang ga nahan, busway lg di jalurnya trus berhenti di haltenya
di belakangnya ada motor ikutan masuk busway, buswaynya di klakson jg
greget abis

Quote:Original Posted By irfaann
ane setiap hari ngalamin itu gan, ane udah berhenti di belakang zebra cross tapi tetep aja di klaksonin

terus yang paling sering itu, biasanya pas di lampu merah detik ke 3 mau ijo tu bikers pada nglakson2 , padahal kan masih merah


Quote:Original Posted By tyotong
kalo berenti di belakang zebra cross pas lampu merah malah di tereakin " BARU TINGGAL DI JAKARTA YA MAS" padahal dia sama ane juga lamaan ane, dia simas tengik alay dengan plat T dengan lancangnya ngomong begitu

Quote:Original Posted By tukangroti
ane rider gan. tapi tiap ketemu lampu merah pasti selalu menggumam "Yang ijo siapa, yang jalan siapa".
Ane pengen tabrak-tabrakin tuh gan motor-motor penerobos lampu merah.


Malah pernah kejadian di lampu merah McD buaran gan, doi yang nerobos malah doi nendang motor ane. Hadeh. Baik bener emang itu rider. Otaknya didudukin mulu gan.
hehehehe.

Quote:Original Posted By biovlanoid

ane salah satu jd korban paraa rides itu..udah cakep2 ane jalan di trotoar malahan di klaksonin, ane gak mau mnggir malahan kaki ane di cium sama ban motor
two thumbs up lah buat bikers di jakarta



Spoiler for biker sejati:

Quote:Original Posted By sky.e
Positifnya kalo ada kecelakaan pasti pengendara motor duluan yg nolong, klo supir mah nyelonong boy aja sambil klakson2, org laen kesusahan dia mah ngeliatin dr dalem mobil aja #truestory

Quote:Original Posted By blackdahliamurd
kalo pengemudi vespa saling bertegur sapa bila bertemu dijalan gan.
meski pun nga saling mengenal.
kalo ada vespa yg mogok dijalan juga bakal dibantuin. Salut

Quote:Original Posted By dhoy.echo
ane paling benci yang perboden gan. udah jalan macet ditambah banyak yg lawan arah. pada gak mikir kali yak. sama yang suka ngambil jalur busway. ane jujur gak pernah nyerobot jalur busway selama ane berkendara sepeda motor. karena udah jelas itu jalur buat bus bukan buat motor maupun mobil

Quote:Original Posted By Teroris.Lounge
hay gw pengendara motor (salah satu communitas di kaskus juga)

iya seh gw akuin pengendara motor di jkt tepatnya di Indonesia tercinta ini rata2 begitu...
tapi sedikit2 mereka mulai jengah juga dengan kelakuan mereka, sediki2 mereka mulai sadar aturan harus di patuhin.
ada baiknya buat temen2 biker lainya bisa kasih contoh ke biker lain. jng malah ikut2an ngawur, agak sedikit keras gpp yg penting back to rule

1. masuk trotoa, aduh ngak deh,,, alhamdulilah belum pernah, dulu pernah ada yg kelason2 pas gw jalan kaki, yg ada gw maki2 tuh biker

2. masuk jalur bus way, yah.. yg ini gw juga lakuin kalo berangkat kerja, tapi kalo pas pulang kerja ngak ko, sumpah deh

3. nerobos lampu merah, idih amit2 deh, gw paling benci yg ini, sering neh gw ngalain pas gw lampu ijo, malah ketutup sama biker lain yg nyerobit lampu merah, yg ad gw tendang neh tuh motor/mobil (mungkin banyak yg jadi korban gw di BKT)

4. ada orang nyebrang malah ngebut atau jalan terus di depan / belakang dia,
berenti dulu bos, cuman 5 detik ko, coba bayangin itu orang yg anda sayang nyebrang kesusahan kaya gitu... gw biasa berhenti dan pake tangan kanan buat nyetop kendaraan lain, biar si penyebrang bisa lewat

5. main HP sambil berkendara, berdoa aja bro bukan gw di belakang lo, bisa gw kelakson panjang + gw maki2 (gw suruh minggir dulu buat main hpnya)


KEEP SAFE buat lo, boncengan lo, dan orang2 sekitar lo



Spoiler for yang ga baca dulu:

Quote:Original Posted By syaisa
ternyata banyak juga ya gan segi positifnya...

Quote:Original Posted By Existz
alhamdulilah masih ada positifnya ya?

sehari hari yg ane liat di jalan hanya negatifnya soalnya... dan yg melakukan bersikap itu biasa saja seolah itu adalah hal yang wajar


Quote:Original Posted By YaelahCeem
baru tau ada sisi positifnya
biasanya kan pemotor jakarta brutal




Quote:Original Posted By Davian
coba liat dari 2 sisi sebagi pengendara motor dan mobil, pikiran ente pasti bisa lebih terbuka dan ga sempit kyk sekarang...

pengendara mobil dan motor dua-duanya ga ada yang bener, dua2nya bikin macet, krn volume kendaraan yang ada tidak berbanding lurus sm ruas jalan yang ada, lebih baik solusinya tuh ga boleh ada kendaraan yang masuk ek jakarta, semua parkir di daerah peyangga dan untuk masuk ek jakarta menggunakan transportasi masal



coba jelasin ane pikiran sempit disebelah mana? Ane pemotor dan pemobil lho. Jadi ya ngerasain 2 2nya. Tapi di thread ini ane khusus menulis untuk motor saja.


Tersangkanya muncul peace bro

Quote:Original Posted By hideman23
ane banget gan


Spoiler for curhatnya kaskuser :D:

Quote:Original Posted By crashmajor
Jujur aja Gan, ane biker juga dan dulu Ane mungkin kayak biker2 yang TS sebutin, tapi semenjak Ane tau kaskus, skrg Ane jadi lebih sayang nyawa dan lebih taat aturan, soalnya bnyk banget Thread2 yang ngebahas masalah ini, dan Ane malu pas bacanya. Skrg Ane hampir ga pernah namanya ngelanggar aturan lalin lagi, sampe pernah Ane di klaksonin sama motor2 dibelakang Ane gara2 Ane berenti di belakang garis Zebra cross, trus pernah juga di klaksonin gara2 Ane ga mao jalan pas lampu merah dan jalanan lagi sepi. Makasih banget buat para pembuat Thread seperti ini, semoga bukan cuma Ane aja yang bisa jadi lebih baik
Quote:Original Posted By k3ichi
hmmm kisah fenomenal pengguna jalan ya di jakarta... gua ndiri pemakai mobil dan motor juga kalo jarak dekat.. mari kita bahas satu persatu..

MOTOR - meski gua suka pake motor juga, terus terang gue juga suka empet ama motor, apa lagi yg suka ga pake helem, jalan ugal abis, mainan hape sambil jalan ngloyor ga jelas, nyelip sana sini, kalo lampu merah jalan terus, sehingga jalur yg sudah ijo kehalang ama alay2 yg nerobos ini, dan suka berenti di depann 5 meteran lampu merah, biar makin deket ke jalur yg dia tuju, kalo sepi ya hajar teruss..
suka ngelawan arus juga trus malah klakson2 mrasa benar, suka masuk ke trotoar juga, jalur bussway, jalur apapun poko nya bisa di masukin, mungkin kalo Mall bisa masuk motor di masukin juga tuh lantai mall.
kalo nyenggol malah galakan dia, suka maen motong aje gada sein, jadi istilah "bajaj cuma Tuhan dan si supir yg tau kemana dia mau melaju" ga berlaku lagi dsini

MOBIL : sebagai pengguna mobil juga jangan salah sangka mentang2 pakai mobil gua mendukung para pemakai mobil. jangan salah, gua jga banyak banget empet para pemakai mobil, terutama mobil mewah, bangsa nya Alphard, harier, fortuner, Bmw, Mrcy dll lah... itu juga ga kalah nyolot nya.. maen sradak sruduk ga keruan, klakson2 terus pdahal jelas2 depan macet.. rebutan jalan kalo menyempit udah kayak pengen berak. kadang suka ga sengaja keliatan dari kaca, kirain yg bawa ugal itu supir- ternyata ya si pemilik mobil - yang ternyata juga sama aja sampah nya kelakuannya..
suka jalan di tengah pelan, di klakson dikitt.. malah ga seneng, di salip malah marah nyalip balik ( padahal tadi nya jalannya pelan kek bekicot nyimeng ), lampu merah karna sepi hajar teruss.. udah jalan nya pelann.. jalan nya di jalur tengah garis bikin bingung yg dari belakang.kayak ga ngerti aturan alur jalanan aja...
zebracross juga ga pelan2. hajar teruss... yang mau nyebrang ampe takut2.. malah kadang di klaksonin yg mau nyebrang di jalur zebracross itu.. sungguh aneh.
sangat di sayang kan, mobil mewah cuma bawa nya kampungan katro, mentang2 kaya jadi terkesan dia harus di utamakan dan waktu nya sangat berharga., dan Inova juga banyak banget yg pake mobil ini dan ugal2 banget yg bawa.. entah kenapa, banyak banget yg pake inova itu nyolot2 en ugal..
kalo angkot ugal yah.. udah bisa di mengerti lah ya.. namanye juga angkot..

PEJALAN KAKI : ini juga ga kalah konyol nya.. nyebrang di tempat yang sesuai yg dia mau "yaa gua emang pengen nyebrang kesonoo dari sinii " ditmpat dimanapun dia mau ya nyebrang dah, ga liat2 itu jalur bahaya ato engga, rame ato engga, pdahal jelas2 di atass nya ada jembatan penyebrangan..cuma naek dikit aja males nya amit2. suka bikin kaget en rem mendadak, dan kadang2 bikin kaget mobil belakang juga kaget en rem mendadak.. bisa2 jadi kecelakaan juga hal2 sperti itu...

so.. intinya..sebagai penghuni jakarta dan suka memakai jalan di jalanan Jakarta sabar2 aja lah.. soalnya budayanya emang begitu.. taat peraturan malah terkesan salah.. lain sama di luar negri, langgar praturan disana malah malu..

Tips jalan di jalanan jakarta buat mobil : bawa cd lagu sebanyak2 nya lagu2 isntrumental penenang jiwa, bawa minuman segar jus buah ato semacam nya (krna katanya minuman manis bisa menenangkan prasaan yang tegang, ato air dingin)
jangan sering2 liat kaca spion belakang, tetap fokus ke depan dan jaga jarak. krna kbiasaan para orang2 gila di jalanan itu suka ga sabar dan mepet2, jadi kalo kesringan liat belakang dan liat dia mepet, kita jadi ikutan kebawa ga sabar juga sama yang depan nya dan jadi stress sendiri.
perbesar naluri tidak peduli dengan keadaan sekitar , cth nya misal belakang klakson2 terus sampe brisik. cuekin aja ga usa jadi kbawa emosi dan perbesar volume lagu instrumental tadi ato lagu lain nya menurut kesukaan agan2 sekalian sembari minum jus buah ato air dingin yg tadi di bawa, ntar si gila itu juga minggir sendiri en nyalip..yg pnting tetap fokus sama depan dan jaga jarak aman.. (bukan berarti harus berlambat2 ato kebut2an lho.. ikuti arus saja )
dari semua yg di atas, tetap berprinsip ikutin aturan aja.. biarkan yg lain gila2an.. yg pnting kita tidak speerti itu.. pengalaman pribadi, pas malem2 lampu merah udah sepi.. gua brenti sendirian yng lain libas semua dan banyak juga mobi... tapi lama2 juga ada yg ikutan gua brenti di lampu merah dan lama2 nambah nambah.. yaa mayan lah masih ada juga yg waras.. ga semua nya gila hehee..

so kita yang emang memutuskan tinggal di jakarta, ya brati udah siap menerima kondisi lalin sakit jiwa seperti itu hehe
kalo ga betah ya pindah aja keluar negri gimana kek cara nya..

sori kepanjangan sharing hehehe..
peace for everyone..



Spoiler for di kota lain:
Quote:Original Posted By hari512
Semrawut banget dah jalanan .... Udah mewabah ampe kota kecil sampe desa2 .... Saking baiknya leasing dan kreditur pembayaran motor ...
Quote:Original Posted By eser_smile
ya ga jauh bedalah sama d kota ane d bandung

cman ga sebrutal itu sih pengendara2nya waktu lampu merah

Quote:Original Posted By BERB
Mengenai Sifat Pengendara Motor Ini Menurut Ane Bukan Hanya Terjadi Di Jakarta, Tapi Hampir Di Setiap Kota-Kota Besar Di Indonesia

Quote:Original Posted By huzzywuzzy
Kemasan negatif dengan bahasa positif membuat saya

Kalo di kota medan soal perbedaan warna beda lagi gan

Hijau artinya jalan
Kuning artinya ngebut dan tancap gas
Merah artinya berani....hahahhaha

Quote:Original Posted By gugum12
beuh,,, di tempat ane jg sama gan d bogor.
mulai dari motor, angkot smuanya ga kenal sama yg namanya lampu merah,,,
pada insafnya kl lg ada PM yg kadang sk jaga ngatur lalin disitu,,,, baru deh pd ga brani nglewatin garis,,,

Quote:Original Posted By 5770577
di banjarmasin mulai gitu kok gan

Quote:Original Posted By chakil22

sekedar infoh

di bandung sdh mulai macet macet .......ngga beda jauh sama yg di pajang ts

Quote:Original Posted By umikkkk
nae dijogja gan..sekarang keadaannya mulai sama kayak dijkkt..ruameee
kelakuannya juga mulai sama kayak dijkt
maen nylonong.kalo lampu merah klakson"..
mah kl khusus dilampu merah pas merah blkg ane ada yg klakson" langsung ane ludahin tuh,ntah motor apa mobil
syukur ga ane lempar helm tuh

Quote:Original Posted By Badvriel
wuanjis itu gambar ngena banget
TS lupa soal pengendara motor yang suka sms ya

kebeneran ane suka kritis soal ginian
ane di bandung

pengendara motor di bandung tuh:
1. suka smsan di jalan sambil melaju..
kalo kaya ane sih ke pinggir bentar ga 1 menit bales sms maju lagi
ditegur malah mereka yang marah

2.ambil jalur yg belok kiri langsung di lampu merah
yang mau belok ketutup
malah pas antrian ga panjang mereka pada ambil jalur itu ga pada antri
ane suka banget tuh ga nagsih jalan biar pun keadu bodi

3. terobos lampu merah
no komen dah soal ini...kalo diklakson mereka yang marah

4. Diem di bawah pohon saat siang walau itu ngehalangin jalan
resiko pemotor bos..ga mau pnas pake mobil atau bawa payung

5. saat macet ambil jalur lawan..
kalo misal 1 jalur lawan udah sampe antri
ambil 1 jalur lagi dan seterusnya sampe nutup penuh jalur lawan
dannn...macet total deh jadinya

6.kaga ngasih jalan buat kendaraan yang mau nyebrang atau belok
mcaem sendirinya ga pernah minta izin belok

banyak sih cuma lupa..
ane sendiri pengendara motor cuma kesel ama pengendara lain..
yang biasanya pelaku2 gitu sih bapak2 rata2..
apalahi yang badan gede
kalo anak muda emang banyak tp ga seberani bapak2..

cendol buat ts udah kasih hiburan



Spoiler for solusinya:

Quote:Original Posted By endra_85
ga naek motor lagi skrng...saat nya beralih ke KRL

Quote:Original Posted By tebe78
hahaha thread nya agan boleh juga, yang perlu dibenahin pemerintahnya dengan cara disosialisasikan berkendara yang baik, instansinya yang tidak mudah memberikan sim pada pengendara, dan penegak hukumnya diperbanyak, jujur, bersih, tegas.


Quote:Original Posted By lukmanrents
Ane prihatin bacanya gan. Ane sendiri tersindir karena sering banget klaksonin orang...
kalo menurut ane orang kita Gak pernah dapet trening berprilaku yang baik di jalan gan.
Dapet SIM kebanyakan nembak jadi gitu deh prilakunya. coba pemerintah/kepolisian adakan trening kilat "berperilaku yang baik di jalan dan peraturan2 yang wajib diketahui" saat kita menunggu SIM kita jadi, daripada bengong ato ngobrol yang gak jelas, siapa tau sedikit merubah perilaku berkendara kita
Btw Nice trit gan
kalo boleh di letakkan di pejwan gan

Quote:Original Posted By skyfury
Susah juga jadi orang yang ngikutin aturan.
Berhenti pas lampu merah nyala malah diklaksonin. Biasanya ane pake ear bud sambil dengerin musik. Jadi bodo amat sama yang klakson dan ngomel ga jelas
Paling kesel kalo dah kebagian lampu hijau tapi masih ada yang ngotot maju dari arah yang lampu merah. Biasanya ane potong aja. Kalo bisa sampe nyangkut di tengah-tengah perempatan. Biar tau rasa

Alias cuek bebek, yang penting kita dipihak yang bener
Quote:Original Posted By aboutmath
perlu ada pelajaran etika berkendara di sekolah

Quote:Original Posted By zaloe75
so far ane masih bsa nahan diri gan, berhenti di belakang garis n jalan klo pas transisi kuning ke ijo, tapi keselnya ya itu bikers Jakarta banyak yg "positif" cuma ane ah biarin aja, klo gak mulai dari diri sndiri kacau ntarnya, makanya ane seneng klo ada bikers yg nemenin waktu nunggu lampu merah ktika para bikers "positif" lain jalan, dan berkata masih ada juga yg taat peraturan

Quote:Original Posted By motopit
mantep TS ilmu sarkasme akut nya!!

btw ane juga bikers di jakarta, kadang-kadang susah juga kalo kita ga ngelanggar, tapi semua orang melanggar...

harus penegakan hukum yang jelas, supaya perasaan halus para penurut peraturan seperti ane ga muncul :

"sial, gw bae-bae ikut peraturan, malah jadi lama sampe rumahnya, dia ngelanggar, ga diapa-apain sm polkis, lebih cepet sampe rumah"

alhasil ane ikutan juga deh (masuk busway)

BTW polkis kita juga payah, perempatan gatot subroto kuningan mampang situ, kan awal mulanya 3 in 1, tapi perempatannya sering nyangkut parah karena arah mampang dari kuningan buntutnya belom abis tapi lampu dari gatsu ke semanggi udah ijo.... polkisnya ngapain? nungguin mobil (berharap nangkep orang yg ga ber3, supaya dapet duit) di setelah perempatan di arah semanggi, padahal jelas-jelas perempatan stuck, mereka ga pusingin tuh....




Spoiler for Tambahan Poster Kaskuser:

Quote:Original Posted By ngenThut




Quote:Alhamdulillaah, sejauh ini menghasilkan 12

Makasih agan2
#Assalamualaikum gan, tapi jarang banget yang begitu gan

Sudah mulai menular ke kota2 laen gan...
wkwk bener juga ya gan
ah ente gan ane fikir apa taunya konfrontasi gt welee
ternyata banyak juga ya gan segi positifnya...
koawkoakwo...
kirain ada positifnya..
Quote:Original Posted By imdik
koawkoakwo...
kirain ada positifnya..


coba dicari gan sisi positifnya



nais triiiittttt
positif tapi berkebalikan yah..
klo yg klakson2 keqnya bukan pemotor doang gan... itu juga sifat positifnya pengguna mobil... apalagi klo pengguna motor yg kata agan harus berhenti di belakang garis zebra cross... beuh brasa denger lagu gan tin tan tin tun wkwkwk (pengalaman berhenti sebelum garis zebra cross)
Quote:Original Posted By redshadowxxx
klo yg klakson2 keqnya bukan pemotor doang gan... itu juga sifat positifnya pengguna mobil... apalagi klo pengguna motor yg kata agan harus berhenti di belakang garis zebra cross... beuh brasa denger lagu gan tin tan tin tun wkwkwk (pengalaman berhenti sebelum garis zebra cross)


sama gan. Tapi ane cuek bebek aja, lha wong kita bener


bsa aja neh TSnya jadi
Quote:Original Posted By 7lonewolf
Sudah mulai menular ke kota2 laen gan...


benr2 bangt gan
di kota2 lain udah nukar nih
Semrawut banget dah jalanan .... Udah mewabah ampe kota kecil sampe desa2 .... Saking baiknya leasing dan kreditur pembayaran motor ...
iya jg sih klw d pikir2
hehehe bener juga gan positifnya
kesel gan sebagai pemotor yang taat kepada pemotor yang ga bener apa lagiii yang suka klakson...
Via: Kaskus.co.id
Tag : The Lounge
Back To Top