Hal Menarik Kota Batam New Metropolitan




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kali ini akan membahas kota yang lagi gencar-gencarnya membangun yaitu kota kelahiran saya kota Batam, nah langsung sajameliput mengenai Hal-hal keren dan menarik yang anda jumpai di Kota Batam, Tahukah posisi Batam itu dimana?? Pasti taulah

Sekedar info saja Kota Batam ini terletak pada daerah terdepan wilayah Indonesia tepatnya di Provinsi Kepulauan Riau. Ingatloh TERdepan bukan perbatasan. Mengapa dikatakan terdepan? karena memang secarageografis dan geopolitis wilayah Kota Batam berhadapan langsung head to head dengan negara tetangga kita, yaitu Singapura.

Spoiler for Kota Kepulauan:
1. KOTA KEPULAUAN
Kota Batam salah satu kota di Indonesia yang secara administratif wilayahnya memiliki sekitar 300 an pulau. Dimana, Kota Batam mempunyai luas 3990,00 km2, terdiri dari Luas daratan 1040 km2 dan luas lautannya 2950 km2.
Spoiler for Peta Batam:

Spoiler for Jembatan Barelang:
2. JEMBATAN BARELANG
Jembatan Barelang adalah nama jembatan yang menghubungkan pulau Batam dengan beberapa pulau lainnya yakni Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setoko, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru. Jembatan Barelang telah menjadi ikon Kota Batam, bahkan telah populer sebagai landmark-nya Pulau Batam.
Jembatan Barelang merupakan pilot project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan dari tenaga ahli luar negeri. Dibangun untuk memperluas wilayah kerja Otorita Batam (OB) sebagai regulator daerah industri Pulau Batam.Enam buah jembatan megah ini merupakan proyek vital sebagai penghubung jalur Trans Barelang yang membentang sepanjang 54 kilometer.
Berikut sebagian fotonya:

Spoiler for Jembatan 1:

Spoiler for Jembatan 2:

Spoiler for Jembatan 3:

Spoiler for Jembatan 4:

Spoiler for Jembatan 5:

Spoiler for Jembatan 6:

Spoiler for Pelabuhan Laut Internasional:
3. PELABUHAN LAUT INTERNASIONAL
Yang membedakan dengan kota-kota di Indonesia, Di Batam memiliki banyak pelabuhan laut internasional. Pelabuhan laut internasional ini berjumlah 5 Pelabuhan internasional yang ada di Batam antara lain: Pelabuhan int Sekupang, Marina, Harbour bay-Batuampar, Nongsa dan Batam Centre.
Spoiler for Pelabuhan Internasional Marina:

Spoiler for Pelabuhan Internasional Batam Centre:


Spoiler for Sekupang Ferry Terminal:


Spoiler for 2 Bentuk Pemerintahan:
4. MEMILIKI 2 BENTUK PEMERINTAHAN
Masing2 kota di Indonesia memiliki pemerintahan daerah berjumlah satu. Namun TIDAK untuk Batam. Di Batam memiliki 2 bentuk pemerintahan, yaitu: Pemerintah kota Batam itu sendiri (PEMKOT/kalau di Batam disebut PEMKO) dan Badan Pengusahaan Batam (BP Batam/ dulu dikenal dengan nama Otorita Batam). Dahulu pemerintahan di batam di pegang oleh Otorita Batam dan otorita ini pernah di pimpin oleh BJ.Habibie ( Presiden RI-3 ) dari tahun 1978-1998, lebih lama dari mimpin Indonesia gan , namun sejak tahun 1983-1999 terjadi 2 bentuk pemerintahan yaitu sejak batam ditetapkan menjadi Pemerintahan kota administratif dan 1999-sekarang batam dimekarkan menjadi pemerintahan Kota Otonom.
Spoiler for Kantor otorita batam / BP Batam:

Spoiler for Kantor Walikota Batam:

Spoiler for Bandara :
5. LANDASAN PACU TERPANJANG dan KEPEMILIKAN BANDARA UDARA INTERNASIONAL HANG NADIM
Sebagian besar kota-kota besar dan di Indonesia memiliki kepemilikan bandara udara dibawah naungan BUMN PT.Angkasa Pura 1 dan PT. Angkasa Pura 2. Hal ini tidak terjadi di Kota Batam. Bandara udara Internasional Hang Nadim di Batam ini dibawah naungan BP Batam.
dan Batam salah satu kota di Indonesia yang memiliki bandara udara yng landasan pacu paling panjang se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara (Changi, Kuala Lumpur kalah). Landasan pacunya memiliki panjang 4025 meter.
Spoiler for Bandara Hang Nadim:


Spoiler for Landasan Pacu:

Spoiler for Kabel Listrik Bawah Tanah:
6. KABEL LISTRIK BAWAH TANAH (UNDERGROUND CABLE)
Berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia, hampir semua jalan besar di pusat kota dan jalan besar menghubungkan daerah lain banyak ditemukan kabel-kabel listrik yang berseliweran, Ini sangat menggganggu keindahan/estetika kota tersebut apalagi pada daerah padat aktivitasnya seperti kawasan perdagangan. Namun ini TIDAK terjadi di Batam. Semua jalan besar di Batam pada kawasan perdagangan (pertokoan/ruko) maupun kawasan lainnya telah menggunakan sistem jaringan kabel listrik bawah tanah yang rapih, yaitu kabel listrik ditanam dibawah tanah.
Spoiler for Gambaran Jalanan kota:






Jadi rapikan kota batam dan tertata rapi

Spoiler for Median Jalan yang lebar dan mulus:
7. MEDIAN JALAN YANG LEBAR DAN JALAN YANG MULUS
Mediann jalan merupakan pemisah jalur jalan, diwujudkan dalam bentuk taman. Jika teman2 sudah pernah berkunjung ke Batam pasti pernah merasakan dan melihat dengan mata kepala sendiri bahwa median jalan besar di Batam sangat lebar. Hal ini dapat dilihat ketika baru sampai di Bandara Hang Nadim lalu menuju arah Batam Centre/Sekupang. Dan Jalan di Batam semuanya memiliki 4 lajur 2 jalur, yang ditengahnya dipisahkan oleh median jalan.
Spoiler for Simpang Jam Baloi, Batam:

Spoiler for Jl. Jend. Sudirman:


Spoiler for Jalan Gajah Mada menuju Tiban, Sekupang:

Spoiler for Kawasan Industri:
8. KAWASAN INDUSTRI BATAM
Ya sebagai tujuan utama kota ini kota industri Kota Batam yang wilayahnya terdiri dari banyak pulau memiliki kawasan industri berjumlah 28 buah, Semua kawasan industri ini terletak di Pulau Batam.
Spoiler for Kawasan industri Batamindo dan Batu Ampar:



Spoiler for Status Tanah dan Bangunan:
9. STATUS TANAH DAN BANGUNAN HAK GUNA
Inilah salah satu keunikan batam dg kota lainnya. Di Batam tanah dikuasai oleh BP Batam. Tanah di Kota Batam umumnya berstatus hak guna. Pengguna lahan harus membayar UWTO (Uang Wajib Tahunan Otorita) secara berkala. Ada yang 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun, 60 tahun tergantung dari lokasi lahan. Begitupula dengan uang yang harus dibayarkan oleh mereka ke BP Batam.

Spoiler for Ada Nagoya dan Jodoh di Batam:
10. ADA NAGOYA DAN JODOH DI BATAM
Nagoya disini bukan daerah Jepang. Namun berupa sebuah kawasan perdagangan dan jasa yang terletak di Batam. Siapa yang ingin mencari jodoh silakan pergi ke Jodoh. hahaha. Jodoh juga merupakan suatu kawasan yang bersebelahan dengan Nagoya. Jodoh juga merupakan kawasan perdagangan dan jasa. Namanya kawasan perdagangan dan jasa, sehingga disini tempat anda sepuas-puasnya untuk berbelanja karena disini banyak Mall dan ruko/pertokoan. Selain Mall juga terdapat banyak Hotel.
Spoiler for Suasana Nagoya dan Jodoh:







Spoiler for Surganya Elektronik:
11. SURGANYA BARANG2 ELEKTRONIK DAN TAS DENGAN HARGA YANG WAWW
Bagi anda pecinta tas, parfum dan barang2 elektronik khususnya Hp, Smartphone anda bisa membelinya dengan harga yang murah. Namun menurut saya harga elektronik khususnya hp/smartphone beda tipis dengan harga di pasaran (paling beda 100, 200/ 300 rb). Jika ingin membeli smartphone/hp pergilah ke Mall Lucky Plaza dan Nagoya Hill Mall. Di Mall Lucky Plaza anda akan kaget melihat suasana disana, Mengapa?? Karena mereka (penjual) menjual barang2nya sudah seperti mirip orang jual kelengkeng di tepi jalan dan orang yang sedang jual tiket bus, semuanya berteriak-teriak. Seperti: apa bang, bang dipilih2 mau yang merek apa?? mau yang KW atau Ori. hehehehe
Spoiler for Mall Lucky Plaza:

Spoiler for Mall Batam:
12. BANYAK MALL
Jika anda berkunjung ke kota ini anda pasti banyak menjumpai mall/pusat perbelanjaan di setiap sudut kota. Jumlah mall/pusat perbelanjaan di Batam sebanyak 13 buah. Bahkan tak jarang masyarakat pulau-pulau sekitar batam banyak berkunjung ke Batam hanya untuk berbelanja saja.
Spoiler for Mall Nagoya Hill Batam:

Spoiler for BCS dan Kepri Mall Batam:


Spoiler for Mega Mall Batam:

Spoiler for Masyarakat Heterogen:
13. MASYARAKATNYA HETEROGEN
Jika anda baru pertama kali berkunjung ke Batam untuk liburan/mencari kerja, janganlah takut/merasa minder anda tidak bisa menggunakan bahasa daerah anda karena di Batam penduduknya Multietnis. Di Batam kita bisa menjumpai suku Jawa, Minang, Batak, Flores, Ambon, Aceh, Melayu, Bugis dan lainnya. Bahkan Suku Jawa merupakan suku yang dominan di Kota ini. Dan masing2 suku tersebut mempunyai paguyubannya masing-masing.

Spoiler for Tidak ada indomart:
14. TIDAK DITEMUKAN ADANYA INDOMART
Bagi Anda yang kebiasaan membeli barang pada ritel perdagangan ternama seperti Indomart, anda jangan mencarinya di Batam karena di Batam TIDAL DITEMUKAN INDOMART. Ini bukan merendahkan ataupun bermaksud lain. Tapi inilah FAKTA yang sesungguhnya terjadi disini. Memang Batam merupakan kota besar. Walaupun tak ada indomart, tapi disini ada banyak minimarket yang bertebaran di sudut2 kota. Bahkan tak jarang, banyak minimarket yang buka hingga 24 jam penuh.

Spoiler for PLN Batam:
15. PLN BATAM
PLN dibatam bukanlah singkatan dari perusahaan listrik negara tetapi pelayanan listrik nasional, nama lebih tepatnya Bright PLN. supaya tidak terlalu mencolok kalau PLN di batam itu Swasta. dan listrik yang di pakai di batam non subsidi

Spoiler for Studio Animasi terbesar se-asia tenggara:
16. Memiliki pusat studio animasi terbesar se-Asia Tenggara
Mungkin masyarakat Indonesia belum mengenal Infinite Studio atau bisa disebut juga sebagai Island Studio yang berada di bawah naungan Infinite Frameworks Group yang digerakkan oleh orang Indonesia asli bernama Mike Wiluan. IFW (Infinite Frameworks) juga sebelumnya telah sukses menjadi production house dari beberapa serial animasi televisi seperti ‘The Garfield Show’,'Lucky Luke’ dan ‘Franklin and Friends’. Studio ini dibangun di Nongsa, Batam dan memiliki luas 10 hektare. Studio ini menawarkan fasilitas menarik dalam proses pembuatan sampai produksi film yaitu adanya replika kota yang bisa disesuaikan dengan setting film yang akan dibuat, dua panggung ukuran besar masing-masing berukuran 14,000 sqf dan 30,000 sqf, workshops, studio animasi hingga fasilitas pasca produksi termasuk efek visual. Film Dead Mine yang dibintangi Ario Bayu yang juga bekerja sama dengan HBO Asia adalah film pertama yang menggunakan fasilitas dari Infinite Studio.
Disamping itu, peluang untuk sineas Indonesia dalam menghasilkan film-film animasi berkualitas pun mendapat titik terang berkat adanya fasilitas studio animasi di komplek infinite studio ini, dimana IFW sudah berpengalaman dalam memproduksi film-film animasi berskala internasional bahkan menghasilkan film 3D yang masih jarang “dijamah” sineas Indonesia.
Spoiler for IFW Batam:


Spoiler for Stop Kontak Kaki 3:
17. STOP KONTAK KAKI TIGA
Hampi seluruh kota di indonesia, di rumahnya mempunyai stop kontak berkaki 2 namun ini TIDAK di Batam. Jika anda pergi ke batam dan mempunyai saudara atau teman di batam, lihatlah stop kontaknya. Bisa dipastikan stop kontaknya berkaki 3.
Spoiler for Stop Kontak:

Stop kontak kaki tiga dipakai di negara2 Amerika, Singapura, Malaysia, Sebagian indonesia yang saya tau: Batam, Bintan dan Karimun dll
Sedangkan stop kontak kaki dua dipakai pada Indonesia,dll

Spoiler for Tulisan huruf beton terbesar di dunia:
18. Mempunyai tulisan huruf dari beton terbesar di Dunia.
Huruf tersebut bernama COASTARINA, dari MURI telah memberi penghargaan sebagai pemilik tulisan terbesar dan terberat di Indonesia, konon beratnya mencapai 600 Ton dengan tinggi bersih tulisan 8 meter, jika ditambah dengan landasan mencapai 10 meter, bahkan tulisan HOLLYWOOD yang ada di Amerika kalah besarnya dengan yang di Batam. Di kompleks ini akan dibangun perumahan namanya Coastarina. Konsep Coastarina adalah gabungan antara perumahan mewah dengan fasilitas wisata superlengkap. Jumlah rumah yang akan dibangun adalah seribu rumah dengan total luas kawasan total 150 hektar (termasuk 25 hektar taman dan fasilitas umum).
Spoiler for COSTARINA:

Spoiler for Pemandangan Singapura:
19. BISA MELIHAT SINGAPURA DENGAN JELAS
Jika anda yang bertempat tinggal di daerah Pulau Belakanpadang, Pulau Sambu, Tiban, Sekupang, Nagoya, Batuampar, dan Nongsa anda bisa melihat gedung-gedung bertingkat di Singapura dengan jelas (tanpa berkunjung ke Singapura)
Spoiler for Pemandangan:


Spoiler for Sumber air bersih dan pengelola:
20. SUMBER AIR BERSIH BERASAL DARI AIR HUJAN YANG DITAMPUNG OLEH 7 WADUK YANG LUASNYA CUKUP BESAR dan di kelola SWASTA
Untuk memperoleh air bersih di Batam masyarakat menggunakan air yang berasal dari waduk/Reservoir. dan pengelolaannya Semua kota-kota di Indonseia rata-rata pengelolaan sumber air bersih dikelola oleh PDAM setempat, namun untuk kali ini TIDAK di Batam. Sumber air bersih yang berasal Waduk-waduk yang ada di Batam ini sepenuhnya dikelola oleh swasta yaitu PT. Adhya Tirta Batam.
Spoiler for Waduk Batam:

Spoiler for Pengelola Air Batam:

Spoiler for Lapangan Golf Batam:
7 lapangan golf
Ada sekitar 7 lapangan golf terbaik yang berlokasi di beberapa tempat di Batam. Semuanya dibuat dengan standar internasional dan memiliki fasilitas terbaik untuk olah raga sekaligus berwisata.
Spoiler for Southlinks Golf dan Country Club:

Spoiler for Palm Springs Golf and Beach Resort:

Spoiler for Tering Bay Golf and Country Club:

Spoiler for Tamarin Santana Golf Club:

Spoiler for Para Puri Indah Golf Resort:

Spoiler for Batam Hills Golf Resort:

Spoiler for Padang Golf Sukajadi:

Spoiler for Bioskop Batam:
BIOSKOP di Batam
Bagi warga batam yang hobby nonton film" kesayangan sangat mudah di batam karena terdapat 5 studio bioskop yang tersebar di mall" besar batam, terdapat 1 studio XXI, 2 studio 21, dan 2 studio Blitzmegaplex,
Spoiler for Studio XXI Mega Mall:


Spoiler for Studio 21 BCS Mall:

Spoiler for Studio 21 Nagoya Hil:


Spoiler for studio Blitz Kepri Mall:


Spoiler for Blitz Harbourbay Mall:



Sekian dulu Thread dari saya budayakan komen

dan ini oleh - oleh dari batam saya kasih teh Obeng
batam tuh? keren banget ya
pengen bgt ke batam
Quote:Original Posted By enaktau
batam tuh? keren banget ya


Quote:Original Posted By 1arishidayat
pengen bgt ke batam


Iya gan batam
jalan" kesini biar langsung menyaksikan
kota gue berooh
apakah tanah warga di batam setatusnya juga sewa gitu gan?
apa malah udah tinggal di apartemen semuwa?
terus pembangkit listriknya pakai tenaga apa itu gan?
ane warga batam gan hhe
jujur aja ya dulu batam ni kota yang asik gak pernah macet, lalu lintasnya rapi, nyari pekerjaan gampang, tindak kriminal sedikit dan banyak lagi
namun sudah beberapa tahun terakhir mulai banyak masalah hadeh
mungkin ini yg namanya hidup di kota metropolitan ya
Quote:Original Posted By sitoy.51704
apakah tanah warga di batam setatusnya juga sewa gitu gan?
apa malah udah tinggal di apartemen semuwa?


status tanah batam sewa gan seperti yg di jelasin di atas ada tempo 10 tahun. 20 thn, ,30 thn dst, yg di apartemen pasti ada tapi tak semuanya juga

Dan 1 hal yang unik di batam, apabila mencari alamat dengan menyebutkan NAMA JALAN sudah pasti tidak ada yang paham atau mengerti. Sebab masyarakat hanya mengetahui nama Kawasan/Area, Perumahan ataupun Kompleks
Ane udah 2 kali dinas ke batam
Biasanya nginep di hotel sebrangnya nagoya
Next kalo ke batam ane pengen hunting parfum ah, pas kemaren kemaren belom kepikiran
Harga parfum di jakarta bisa 2x lipat harga di batam broh! Hahahaha
Quote:Original Posted By tokekdekil
Dan 1 hal yang unik di batam, apabila mencari alamat dengan menyebutkan NAMA JALAN sudah pasti tidak ada yang paham atau mengerti. Sebab masyarakat hanya mengetahui nama Kawasan/Area, Perumahan ataupun Kompleks

haha tau aja

Quote:Original Posted By samuel_jonathan
Ane udah 2 kali dinas ke batam
Biasanya nginep di hotel sebrangnya nagoya
Next kalo ke batam ane pengen hunting parfum ah, pas kemaren kemaren belom kepikiran
Harga parfum di jakarta bisa 2x lipat harga di batam broh! Hahahaha

bisalah beliin 1
yg di post yg bagus2 aja perasaan... yg jelek2 nya ga dipost.. wkwkwkw

daerah yg sekarang banyak aspalnya diganti pake semen cor sampe sekarang ga di aspal2

pembangunan proyek perumahan yg semena2.. sampai jalanan jadi bolong2 hanya ditambal pake tanah

daerah yg hobinya ngebut2an dan tidak memakai peraturan (terutama bengkong)

polisinya yg gendut2

pendemo yg hobi buat macet..

kendaraan yg lumayan lebih murah, tapi jadinya batam sekarang rada sering macet

dll.. batam sekarang menjadi lebih buruk citranya berkat pendatang2 dari kota lain..

karena yg asli batam itu hanya sedikit.

ini yang diceritain batam jaman dulu (beberapa tahu yang lalu) sekarang batam baru mencekam banyak kriminalitas yang semakin merajalela sampe-sampe kadang memakan korban jiwa dan dibatam sekarang terlalu banyak pendatang baru yang pengen cari pekerjaan padahal sebagian warga asli batam (kelahiran batam) masih pada nganggur.
oiya sekarang batam dah mulai macet dan sebagian jalan banyak yang berlubang (padahal sebagian jalannya baru dibuat tapi kerana truk-truk yang jalan-jalan dibatam besar-besar).
jadi pengen tinggal di sono nih, oia, di batam uda kenal macet nelum yak ??
Quote:Original Posted By gaullamp
jadi pengen tinggal di sono nih, oia, di batam uda kenal macet nelum yak ??

udah mulai macet karna pendatang makin banyak di tambah kendaraan dari luar gampang masuk

ane pernah manggung di Batam gan, di daerah sei jodoh.
Batam itu suasananya enak gan, cuma panasnya aja yg ga ketulungan

para pemuda Batam pasti langsung ngeh kalo dibilang "BCA",
hayoo ngaku gan!
soalnya organizer ane waktu disana ngajak wisatanya kesana

sarapan mie lendir di nagoya joss gandos gan, baliknya ke adukan yg jual barang2 2nd tapi masih oke deket situ.
kalo mau ke batam. nyebrang dari sumatera via pelabuhan mana ya? atau dari tanjung priok adagak kapal yg langsung kesana? pengen bgt kesana nih
Quote:Original Posted By lutfidp
kalo mau ke batam. nyebrang dari sumatera via pelabuhan mana ya? atau dari tanjung priok adagak kapal yg langsung kesana? pengen bgt kesana nih


Kalau dari sumatra bisa lewat Riau, lewat pelabuhan Dumai naik ferry dumai express
Via: Kaskus.co.id
Tag : Domestik
Back To Top