Simbiosis Yang Ada Di Kaskus



Welcome To My Thread


Simbiosis Yang Ada Di Kaskus



Quote:
Kata Pengantar

Quote:Jika diibaratkan pelajaran IPA, Kaskus bisa diibaratkan sebagai sebuah ekosistem yang di dalamnya terdapat berbagai habitat (forum) yang bersisi populasi dengan beragam karakter individu (kaskuser) yang membentuk komunitas. Didalamnya terjadi hubungan timbal balik antar individunya maupun dengan sistemnya. Terjadi pula peristiwa rantai makanan dimana jika produsenya adalah Thread maka konsumenya adalah kaskuser. Tak ketinggalan pula ada hubungan khusus di dalam Kaskus.




Quote:
Pembukaan

Quote:Pada tau yang namanya simbiosis kan gan? Yup, pelajaran IPA SD udah pelajarin soal simbiosis. Pengertian simbiosis yang ane kutip dari Wikipedia adalah Simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan. Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis.Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion.

Simbiosis memang identik dengan hubungan antar makhluk hidup yang berbeda jenis. Tapi kali ini ane pengen mengaplikasikanya di forum yang kita cintai ini.





Quote:
Pembahasan

Quote:
Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme adalah hubungan sesama mahkluk hidup yang saling menguntungkan kedua pihak.

ane kasih contoh hubungan mutualisme yang ada di Kaskus.
Spoiler for Kaskus dan Kaskuser Donator:



Yup, buat kaskuser yang berlabel Kaskus Donator akan mendapatkan banyak keuntungan dari Kaskus. Beberapa diantaranya adalah:
1. Kapasitas inbox Private Message (PM) yang lebih besar yaitu 500 pesan.
2. Dapat menggunakan fitur Quick Reply untuk langsung merespon thread tanpa Captcha.
3. Dapat melihat pemberi Reputation.
4. Akses ke forum khusus KASKUS Donatur.
Keterangan selanjutnya ne ane kasih link nya KASKUS DONATOR  (support.kaskus.co.id)
Keuntungan buat Kaskus sendiri jelas mendapat donasi dari para Kaskuser Donatornya.


Spoiler for Kaskus dan Pengiklan:



Menjadi forum terbesar di Indonesia jelas membuat Kaskus jadi magnet buat para pengiklan. Halaman home Kaskus sering berubah-ubah menyesuaikan tema terkadang juga disisipi iklan sebuah produk. Buat pengiklan jelas sangat menguntungan dengan memasarkan produknya lewat Kaskus. Kaskus sendiri jelas mendapat keuntungan tersendiri dengan banjirnya iklan yang masuk.


Spoiler for Kaskus dan FJB:



Buat para Kaskuser, FJB jelas jadi pasar menarik. Buat Kaskus sendiri keuntungannya ialah reputasi Kaskus sebagai salah satu forum jual beli yang besar dan terpercaya. Buat para seller jelas mendapat lapak bermutu.


Spoiler for Thread dan Kaskuser:



Thread bermutu, informatif, edukasi jadi keuntungan buat kaskuser. Mendapat banyak informasi jelas sebuah keuntungan karena nyaris semua informasi ada di thread di Kaskus. Buat thread itu sendiri jelas mendapar view dan reply banyak membuat threadnya laris manis.


Spoiler for TS dan Kaskuser:



TS (Thread Starter) mendapat keuntungan seperti mendapat reply, rate, cendol/bata buat karya alias thread yan dibuatnya. Buat para kaskuser jelas mendapat informasi terupdate, mendapat info yang fresh, dan hiburan.


Spoiler for Hot Thread dan Kaskus:



Kalo yang ini bersifat kompleks. Buat Kaskus, Hot Thread menjadi "wajah" dan menggambarkan identitas kualitas Kaskus itu sendiri. Dengan thread yang telah dipilih itu menjadi ciri khas Kaskus. Buat Kaskuser yang threadya terpilih jelas menjadi kebanggan tersendiri bisa terpilih dari ratusan thread yang berkualitas. Selain itu jelas lah buat TS sendiri mendapat keuntungan Cendol yang masuk ke kulkas, dan buat bata kolektor jelas menambah jumlah batanya buat bangun rumah


Spoiler for Kaspay dan Kaskuser:



Apa sih KasPay?
KASPAY adalah layanan pembayaran online yang dikelola oleh PT Darta Media Indonesia yang disiapkan untuk memfasilitasi transaksi e-commerce di Indonesia, dimana semua pemilik rekening KasPay dapat sekaligus menjadi pembeli dan penjual.

itu sekilas tentang KasPay gan. Buat Kaskuser ini sangat membantu sekali dalam melakukan pembayaran online. misalnya kalo kita buka lapak d FJB. info selengkapnya bisa langsung aja ke tkp http://www.kaskus.co.id/thread/509d2...-pakai-kaspay/




Quote:
Simbiosis Parasitisme

simbiosis parasitisme adalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak lainnya. Contohnya :
Spoiler for Kaskus dan Hacker:



Mungkin ada yang sekedar tau, ada yang mungkin ngalaminnya. Upaya menjatuhkan Kaskus melalui serangan DDoS. Pada tanggal 16-17 Mei 2008, Kaskus diserang menggunakan teknik DDoS (Distributed Denial of Service) oleh oknum yang diduga berasal dari komunitas YogyaFree. Serangan ini menyebabkan database Kaskus corrupt sehingga administrator terpaksa mengunci thread-thread yang ada.

Penyerangan tersebut diduga terkait dengan peristiwa perusakan (deface) situs YogyaFree beberapa hari sebelumnya.Penyerang yang mengklaim dirinya sebagai salah satu anggota Kaskus juga melontarkan celaan yang bernada mengejek di salah satu bagian forum YogyaFree. Hal tersebut membuat beberapa anggota YogyaFree berang, dan kemudian balik menyerang Kaskus dengan DDoS. Akibatnya, administrator Kaskus terpaksa mematikan server Kaskus.


Spoiler for TS dan Kaskuser:



Buat bata kolektor jelas ini menguntungkan buat mereka. Namun tidak bagi yang reputasinya netral atau cendol kolektor. Biasanya ada yang iseng, gak suka/gak cocok ma thread (padahal bukan thread sara/kontroversi), kaskusernya lagi kesel. kadag juga ada yang gak suka ma reply kita dan akhirnya di bata.


Spoiler for TS dan TS:



TS buat sebuah thread sudah melalui proses cek repost ato tidak. Ada yang mencantumkanya dalam threadnya da juga yang tidak. Tujuanya agar threadnya menjadi original. Repost atau gak itu relatif. Soalnya kalo seperti berita kan harus ada sumber yang jelas dan sekarang banyak banget website portal berita yang menyajikan berita-berita yang update. Sederhananya repost berarti buat thread yang sudah ada yang buat sebelumnya. Tapi menurut ane pribadi repost ini mencopy thread lain yang 99% copas dan 1% editan TS. Jika tema sama ane rasa gak masalah asal isinya gak copas. Semua udah ada aturanya di Kaskus.


Spoiler for Thread dan Longchat:




Tuh perbandingannya gan. logcat jauh lebih panjang dari gedung pencakar langit sekalipun. Momok menakutkan buat TS dan kaskuser yang pengen reply. Longcat ini sangat mengganggu terutama kalo d taroh d pejwan. Selain mengganggu kaskuser juga membuat pejwan jadi gak nyaman


Spoiler for Kaskus dan Junker:





Sering lihat Kaskus maintenis kan? salah satu penyebabnya adalah over posting. Penyebabnya bisa gara-gara junker dan booter.


Spoiler for Kaskuser Dan Penipu Di FJB Kaskus:



Nah lho, penipuan di dunia maya apa lagi di forum jual beli juga ada di Kaskus. Contohnya seperti berita diatas ada seorang penjual d FJB Kaskus melakukan penipuan terhadap buyernya. Kan ini jadi parasit buat temen-temen kaskus yang tertipu sejumlah uang dan juga Kaskusnya sendiri yang tercoreng nama baiknya.
- ini ane sertakan link beritanya Klik  (www.beritamaya.com)
- Ini juga ada thread yang bahas soal penipuan Klik  (www.kaskus.co.id)




Quote:
Simbiosis Komensalisme

Simbiosis Komensalisme adalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan. Agak sulit mencari contohnya. Ane coba aja ya :

Spoiler for Teman Kaskus:



Di atas contoh live posting akun ane. Maksudnya disini buat ane sesuatu yang menguntungkan karena kita bisa tau thread bagus yang temen-temen ane reply. Buat mereka gak ngaruh dan gak untung dan juga gak rugi.


Mohon maaf baru bisa ngasih contoh satu aja, Kalo ada yang berkenan membantu nambahin ane ucapkan banyak terimakasih.






Quote:
Penutup

Spoiler for Tambahan dari temen-temen kaskuser:

Quote:Original Posted By superkomplit
ane tambain gan, thread ga penting sama junker, saling bersimbiosis dua-duanya, threadnya ada yang postingin sama junkernya juga namba postingan





Quote:
Sekian dulu thread ane. Ane yakin masih banyak kekurangan di Thread ane ini. Sekiranya ada kritik dan saran mohon disampaikan. Jika ada yang mau nambah ane persilahkan. Terima Kasih atas kunjunganya.






Quote:
Daftar Isi

Quote:
Sumber 1  (id.wikipedia.org)
Sumber 2  (www.google.com)
Sumber 3  (www.kaskus.co.id)
Pendapat dan analisa TS




Quote:
Lampiran

Quote:

Jangan lupa bantu sundul thread ane dengan

Kalo berkenan ane dengan senang hati menerima

Jika sekiranya thread ane kurang berkenan di hati agan-agan mohon jangan lempar






Quote:
Quote:Kunjungi juga beberapa thread ane. Alhamdulillah beberapa diantaranya HT
Quote:
[Meme] Perang Antara Samsung vs Apple vs Nokia  (www.kaskus.co.id)

Ketika Meme Bercerita Tentang Cinta  (www.kaskus.co.id)

Ternyata Simbiosis Juga Ada Di Kaskus  (www.kaskus.co.id)

[HT]Ternyata Mesin Waktu Ada Di Sekitar Kita  (www.kaskus.co.id)

Beberapa Momen Berharga Dalam Hidup Kita  (www.kaskus.co.id)

[HT] Tanpa Sadar Kita Menggunakan Ilmu Ini Waktu Ngaskus  (www.kaskus.co.id)

[HT] Tempat Main Paling Asik Ketika Kita Masih Kecil  (www.kaskus.co.id)

[HT] Kumpulan Rival Terpanas Dari Berbagai Belahan Dunia  (www.kaskus.co.id)

[HT] Desain Hp Jadul vs Desain Hp Sekarang  (www.kaskus.co.id)

[HT] Beberapa Meme Yang Bisa Ingetin Saat-Saat Kita Sekolah  (www.kaskus.co.id)

Selengkapnya bisa cek langsung ke profil ane Kumpulan Thread pato337  (www.kaskus.co.id)

ilustrasi longcatnya kocak jir
simbiosis komensialisme-nya dikit ya gan

tapi nice trit gan
ooo gitu toh gan, ane jadi tau sekarang
nice share
kaskus donator mantab gan

ane jg kepengen beli
Quote:Original Posted By j6bountyhunter
ilustrasi longcatnya kocak jir


gedung pencakarlangit aja kalah

Quote:Original Posted By septiansendi
simbiosis komensialisme-nya dikit ya gan

tapi nice trit gan


maap masih dalam proses gan. makasih banyak udah mampir
Quote:Original Posted By rodojr
ooo gitu toh gan, ane jadi tau sekarang
nice share


makasih gan.semoga bermanfaat

Quote:Original Posted By attackaskus
kaskus donator mantab gan

ane jg kepengen beli


ikutan aja gan. banyak kelebihanya tuh...
mungkin simbiosis yang ada di kaskus ini bisa juga disebut sebagai rantai kaskusan
Boleh juga ini analisanya...
bener juga nih
nice share gan
yg penting nambah ilmu dan info aja klo buat ane
keren gan info nya....

jadi tambah wawasan tentang KASKUS karena ane masih newbie

semoga jadi HT nih thread and mejeng di pejwan
Quote:Original Posted By yusuf712
mungkin simbiosis yang ada di kaskus ini bisa juga disebut sebagai rantai kaskusan


serius neh ane juga mikir gitu
hmmm, yang parasitismenya agak lebay sih gan, ga gitu juga ah
setuju ane gan
Quote:Original Posted By cocacola
Boleh juga ini analisanya...


makasih banyak gan. bantu lho ya

Quote:Original Posted By sepp.blatter
bener juga nih
nice share gan


bantu y gan
Quote:Original Posted By Muzzin
yg penting nambah ilmu dan info aja klo buat ane


kaskuser netral neh
mantaps gan
Quote:Original Posted By gadogadopecel
keren gan info nya....

jadi tambah wawasan tentang KASKUS karena ane masih newbie

semoga jadi HT nih thread and mejeng di pejwan


semoga bermanfaat gan. bantu sundul trit ane y gan
Quote:Original Posted By thesuperbejo
hmmm, yang parasitismenya agak lebay sih gan, ga gitu juga ah


hehehe...cuma pendapat ane aja gan, bantu ya gan

Quote:Original Posted By lapisgaring
setuju ane gan


makasih banyak gan. bantu ya gan

Quote:Original Posted By gigi.7784
mantaps gan


sip. bantu ya gan
Via: Kaskus.co.id
Tag : The Lounge
Back To Top