Panduan Tidak Tertulis dalam Menggunakan Internet

Quote:Quote:Internet dengan bermiliar-miliaran penggunanya dapat dianalogikan sebagai sebuah Negara terbesar. Semakin harinya, semakin banyak saja pengguna internet baru. Di internet, terkumpulah orang dengan berbagai macam budaya, ras, agama, dan berbagai macam latar keluarga yang berbeda. Namun, bagaimanakah cara orang dengan berbagai macam latar belakang itu bisa berkomunikasi dengan baik satu sama lainnya?
Berikut ini adalah buah dari pemikiran ane tentang peraturan tidak tertulis dalam menggunakan internet.


Spoiler for 1:
Quote:Persiapkan Diri

Quote:Sebelum kalian bertanya-tanya apakah perlu untuk mempersiapkan diri sebelum menggunakan internet, let me tell you this. Ada banyak sekali orang yang menggunakan internet, bahkan pada saat kalian membaca post ini. Tanyakan pada diri kalaian sendiri, apakah kalian sanggup menghadapi berbagai macam orang sampai pada level kegilaan maksimum? Sebagai mantan pengguna 4chan, ane sudah pernah melihat seseorang dibully sampai pada level tertentu, ada juga para hackers, krackers, Internet Trolls, Grammar Nazi's, Pedofil, pembunuh, pemerkosa, penipu, dan semacamnya. But hey, ane tidak bermaksud menakut-nakuti agan semua, tidak sedikit dari pengguna internet yang merupakan orang baik serta berbakat yang bisa membagi inspirasi bersama agan semua.

Spoiler for 2:
Quote:Berpikir Sebelum Memasukkan sebuah konten ke Internet

Quote:Seperti yang ane sampaikan tadi, banyak sekali pengguna internet, agan harus bisa berpikir sebelum memasukkan sebuah konten ke internet, harus bersiap-siap akibat dari konten yang agan masukkan itu disalahgunakan, misalnya saja foto, kebanyakan akun palsu, memakai foto-foto random dari indeks image yang terbaca google, jika foto agan disalahgunakan, maka mungkin saja agan dijadikan sebuah produk cercaan atau kambing hitam orang itu. Buat post juga, jangan sampai menyinggung seseorang individu atau instansi tertentu, seperti baru saja ada post twitter yang iseng-iseng, tapi dituntut karena si pelapor merasa tersinggung.
WARNING!! NEVER SHARE YOUR PRIVATE PHOTOS IF YOU DON'T WANT THEM TO BE MISUSED.
Now you have been warned


Spoiler for 3:
Quote:Don't Feed The Trolls

Quote:Buat agan yang belum tau, definisi internet trolls adalah
Quote:"a person who sows discord on the Internet by starting arguments or upsetting people, by posting inflammatory, extraneous, or off-topic messages in an online community such as a newsgroup, forum, chat room, or blog with the deliberate intent of provoking readers into an emotional response or of otherwise disrupting normal on-topic discussion."
yang bisa diterjemahkan sebagai seseorang yang menabur perselisihan di Internet dengan memulai argumen atau orang-orang yang menjengkelkan, dengan posting menyinggung, aneh, atau di luar topik pesan dalam komunitas online seperti newsgroup, forum, chatroom, atau blog yang dengan sengaja memprovokasi pembaca untuk membuat respons emosional atau sebaliknya yang menggangu diskusi tentang suatu topik.
Pendapat saya, jangan pernah marah ataupun merasa tersinggung dengan orang-orang ini, remember, kalian tidak mengenal mereka di kehidupan sehari-hari agan dan mereka juga tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan agan, kebanyakan internet trolls yang ane tau adalah BOCAH, ORANG TIDAK BERPENDIDIKAN, ORANG SETRES, ORANG YANG KESEPIAN, ORANG YANG TIDAK MENDAPAT PEHATIAN DI KEHIDUPAN NYATANYA! So.. buat apa ditanggapin?

Spoiler for 4:
Quote:Berhati-hatilah

Quote:Jangan pernah terbuai dengan perkataan seseorang, NEVER! Orang yang dari balik layar, belum tentu baik, jangan pernah memberikan sembarang password agan, seperti password internet banking agan, password facebook atau pun password penting agan, jangan terlalu terbuai iklan, jangan memberikan info di mana agan berada secara terang-terangan, jika mau bertemu orang, harus orang yang menurut agan benar dan jangan bertemu sendiri.

Spoiler for 5:
Quote:Gunakan Bahasa yang Sopan

Quote:Bahasa yang sopan itu berbeda dengan bahasa yang baku atau sesuai EYD dalam kajian kebahasaan, agan bisa menyisipkan kata-kata yang sudah mulai punah seiring dengan berkembangnya jaman. Believe it or not, kata seperti terima kasih, maaf, tolong, serta kata seperti itu mulai tidak dipakai. Agan sekalian bisa memulai dari menggunakan kata-kata tersebut. Meminta maaf jika menyinggung perasaan orang, meminta tolong untuk bantuan, dan berterima kasih jika sudah ditolong.

Spoiler for 6:
Quote:Be Openminded!

Quote:Tidak ada salahnya kita mengetahui sisi lain dari pemikiran kita sendiri, berpikiran terbuka tidak selamanya bermakna kita harus menerima atau mengikuti apa yang diterapkan orang lain, kita mendengar pendapat dari semua sisi dari bagian dunia, untuk menambah pengetahuan dan belajar hal-hal baru. Jika pihak lain berputar jauh ke arah yang agan anggap benar, tidak salahnya agan menasihati pihak yang bersangkutan, mengikuti atau tidaknya terserah pilihan mereka sendiri. Dari berpikiran terbuka, ane dapat sudut pandang dari sisi lain, contohnya dulu ane sering skype dengan seorang dengan latar kebangsaan Kanada, dia mengatakan bahkan melakukan hubungan seksual sebelum nikah adalah hal yang biasa, mengapa? karena mereka ingin mencoba "kemampuan" pasangan mereka.
Sementara itu, di Indonesia, hubungan seksual sebelum nikah adalah hal yang tabu karena Indonesia adalah Negara yang religius, sehingga hal seperti yang dilanggar agama adalah hal yang ilegal.


Quote:Semoga panduan saya berguna bagi agan semua
Jika ada kata yang menyinggung agan sekalian, saya menyampaikan mohon maaf sebesar-besarnya
#fliesaway

Walau ada aturan nggak tertulis gitu nyatanya banyak banget yang melanggar, contohnya spammer kaskus, tukang parfum, permen karet, dll
ternyata serumit itugan...ane baru tau...nice share gannn
cara cerdas menggunakan internet
kyk nya skrg internet cuma buat main game sama sosmed udah jarang ada yg mw ngaskus / baca" artikel
Pertamax

Sayangnya Aku ga bisa caranya Internetan sist
Kata trima kasih, maaf, tolong masih sering dipake kok, khususnya ditempat request ama file sharing
internet itu apa ya lys? :v
Quote:Original Posted By TooLoud
Kata trima kasih, maaf, tolong masih sering dipake kok, khususnya ditempat request ama file sharing

Betul gan
Quote:Original Posted By Ar.85
Pertamax


Selamat ya gan

Wooh udah HT aja
Satu lagi gan yang kurang dalam menggunakan internet...

Pastiin tagihan internet nya udah dibayar / kuota nya masih ada...

Ane gak ngerti internet gan, maaf...
pokok'e ngaskus












Dollar dekati 15ribu akhir bulan ini - Nabung disini yuuk  (tiny.cc)
Setelah menggunakan internet, pastikan hapus history browser dan pindahkan file-file download ke foldernya masing2 #IYKWIM
Betul sekali, dunia maya tidak terbatas, kita tidak tau kita berhadapan dengan siapa, jadi harus bijak
Mau gem gratis di COC?
Mau diamond gratis di LGR?
Mau diamond gratis di Boom Beach?

minimal 100 setiap harinya?

gampang banget.

caranya dengan search whaff di playstore.
lalu install..

setelah itu, masukan code AF71996
untuk mendapatkan bonus tambahan di awal registrasi.

Happy Gaming
baru tahu ane..bagus dech..ternyata kaya gitu
ane buka kaskus gak make internet
tutup dulu gan
silahkan gan kesebelah ----------->
Via: Kaskus.co.id
Tag : The Lounge
Back To Top