Kota MANCHESTER, lebih dari sekedar kota MU dan CITY

alhamdulilah ga nyangka setelah 4 tahun thread ini jadi Hot Thread
terima kasih momod yang telah memberikan kesempatan HT kepada trit ane ini
Spoiler for HT:


*FOTO - FOTO ADA DI POST #2 YA GAN

Manchester, ya pasti mendengar nama itu kita langsung teringat Manchester United dan Manchester City salah satu klub sepak bola terbesar didunia.


Spoiler for RED:



ATAU
Spoiler for BLUE:




Spoiler for panas!:




Quote:tapi kali ini bukan membahas tentang klub sepak bola, tp kota tempat duo manchester itu berada yang sebelumnya kata manchester yang kita ketahui itu hanya klub Manchester United (kotanya ga banyak yang tau) walau ava ane manchester is red tp untuk di thread ini ane coba netral gan

Berikut sekilas tentang MANCHESTER


Manchester adalah kota kedua terbesar di Inggris (kota terbesar utamanya adalah London). Nama kota Manchester juga selalu direlasikan dengan klub sepak bola terbesar didunia yaitu klub sepak bola “Manchester United” dan juga klub sepakbola “Manchester City”. Manchester adalah kota surga bagi para shopaholic/pecandu belanja fashion bermerk, begitu juga untuk si bargain hunter (yang suka merk, tetapi dengan harga diskon habis). Pengungkapan mengenai berbelanja di kota Manchester dalam berbagai ragam pembelian produk barang bermerk tinggi otentik, fashion murah, trendy aksesoris, produk kecantikan, atau produk gadget elektronik, sampai ke barang vintage bermerk, ataupun barang sovenir unik lainnya, pasti dapat di cari di Manchester, karena Manchester adalah tempatnya…
Kota Manchester sendiri termasuk kedalam naungan Great Manchester (Manchester Raya).

Pengertian Great Manchester (Manchester Raya) adalah beberapa kota wilayah yang letak geografis daerahnya di bawah naungan nama Manchester.

Disini akan di jelaskan bagaimana mulainya nama Manchester lahir dan nama daerah yang dulunya sangat di hargai di depan mata para bangsawan-bangsawan kaya juga sukses, dan sekarang telah menjadi Kota Raya di Inggris yang paling maju ekonominya dan juga sangat terkenal kemajuannya di kalangan para negara Eropa tetangga maupun di mata seluruh dunia.

Spoiler for Dibawah ini beberapa kota wilayah di bawah naungan Manchester Raya:
Kota Manchester, kota Bolton, kota Bury, kota Oldham, kota Rochdale, kota Salford, kota Stockport, kota Tameside, kota Trafford dan kota Wigan. Pembagian terhadap wilayah geografis daerah terkadang menimbulkan kebingungan yang besar. Di United Kingdom (UK), dari negara Inggrisnya sendiri banyak yang memanggil julukan wilayah Manchester adalah “The North West of England (wilayah perbatasan yang lebih luas dari Utara-Barat Inggris), dan panggilan untuk wilayah geografisnya adalah “Lanchashire” atau “Great Manchester” (pengertiannya adalah Manchester Raya). Sekarang ini pembagian wilayah kota daerah dibawahnya telah hadir 10 kota daerah yang mana membentuk Manchester itu sendiri sebagai wilayah Metropolitan Greater County Manchester.


Spoiler for Dialek/Ciri Khas Logat di Manchester:
Sifat penduduk setempat dalam menelaah perbedaan logat atau dialek yang datang dari luar Manchester tidak pernah mempermasalahkan, dan di Manchester sangat tidak asing lagi jika mendengar berbagai dialek/ logat dari penduduk setempat yang tidak “Mancunian atau Lancashire” (ciri khas logat orang asli asal Manchester), seperti logat asal dari kota kecil: Oldham, Cheadle, Gatley, Westhoughton, Macclesfield atau Rossendale. Tetapi dulunya, sangat tidak mengherankan bahwa orang asli berasal dari Salford, Stockport, Oldham, Rochdale, Tameside, Trafford, Bury, Bolton dan Wigan akan selalu bertindak keras membela hak mereka dalam memeprtahankan asal kota aslinya, Misalnya: Stopfordians (artinya orang asli dari Stockport), Ashtonians (artinya orang Asli dari Ashton), Mancunians (artinya penduduk asli Manchester), atau Boltonians, dan kota-kota kecil lainnya dibawah naungan kota Raya.


Spoiler for Kawasan Metropolitan di Manchester Raya:
Karakteristik dari Manchester sebagai kota metropolitan sangat unik ini, yaitu kota yang berkawasan di Utara Barat Inggris, dan adalah kota yang pertama dan terutama yang menandai batas dengan jelas dimana mulai batas dan akhir kota Stockport, kota Salford, kota Oldham, atau mulai batas dari 10 kota wilayah metropolitan lainnya.
Manchester juga merupakan salah satu kota wilayah metropolitan yang sangat mencolok dari seluruh Manchester Raya, yang namanya ditemukan dan diresmikan pada tahun 1974 dan di anugrahkan titel sebagai wilayah administratif kesatuan. Pada waktu itu 2 kota yang diikrarkan sebagai kota metropolitan utama, yaitu (Manchester dan Salford) yang mulanya telah tercipta sendiri atas keberadaanya, dan enam kota lainnya adalah yaitu Bury, Bolton, Oldham, Stockport, Rochdale dan Wigan (yang mulannya sebagai wilayah kota daerah), lalu menyusul 2 kawasan kota baru yang diciptakan, yaitu Tameside dan Trafford. Kedua kota terakhir yang telah berdiri ini (Tameside & Salford) entah kenapa ada sedikit keanehan ketika nama daerahnya diikrarkan, ini dikarenakan jika dilihat di peta Manchester daerah Tameside dan Salford tidak tercantum sebagai wilayah geografis di bawah naungan Manchester.
Jadi, titel judul dari “Greater Manchester” atau Manchester Raya adalah titel wilayah kesatuan yang tata wilayah kesatuan manajemennya di atur berdasarkan data kewilayahan, dalam tujuan untuk administratif praktis, dan walaupun terdiri dari 10 kawasan kota metropolitan dan diantaranya memiliki konfederasi yang nyata – Great Manchester administratif tetap bertindak sebagai satu tubuh kesatuan yang di hargai dari segala arah.


Spoiler for Kota Manchester Telah Dinyatakan Kota Ternama Di dunia!:
Manchester adalah kota favorit bagi para selebritas terkenal didunia, kota modern, kota bermulti budaya tinggi, dan juga adalah salah satu kota metropolitan ternama di Eropa. Kenyataan surveinya adalah dengan perkembangan kotanya yang sangat pesat tetapi dinamis, kota yang mempunyai konsep rencana pembangunan developmen baru yang bertarap dan diatur berdasarkan tata struktur yang benar dan baik tanpa menghilangkan bangunan sejarah dan juga monumen-monumen bernilai sejarah tinggi dari masa zaman romannya. Jukukan Manchester sebagai salah satu kota bonavit dari beberapa kota di bagian Eropa lainnya dapat dilihat sendiri dengan terbangunnya modern arsitektur gedung perkantoran, hotel-hotel bernuansa butik nan mewah, luxuri apartemen, high-end Internasional restoran, sarana tempat hiburan berkualitas untuk para muda-mudi (seperti klub musik, klub komedi, klub sport, seni teater dan menyaksikan para penyanyi dunia seperti Beyonce, Coldplay, Oasis dan masih banyak, di saksikan di stadion terkenal “Manchester Arena” (hanya 5 minute dari pusat kota Manchester). Sarana transportasi dan jalan raya yang tatanannya terbilang teratur dan berdisiplin tinggi (lengkap degan kamera hidup di setiap jalan-jalan) – dan perihal ini-lah yang membuat Manchester sebagai kota pintar dalam upayanya menanamkan sistem keamanan dikotanya dengan terencana, benar dan berfungsi, untuk di nikmati bagi para penduduk Manchester itu sendiri dan juga para pendatang.


Spoiler for Populasi penduduk di Manchester:
Dari kantor Statistik Nasional yang bekerjasama dengan kewalikotaan Manchester mengumumkan, total populasi pendududuk di Manchester untuk bulan Desember pada tahun 2003 adalah 422.300, jumlah total ini meningkat menjadi 29.500 dari statistik perkiraan di tahun 2001. Di pertengahan tahun 2002 estimasi penigkatan populasi penduduk Manchester adalah 22.000, meningkat dari estimasi di pertengahan tahun 2002 – yaitu estimasi 20.000.


Spoiler for Manchester adalah kota multi budaya…:
Dengan terus menerus mengalirnya pengunjung baru dari berbagai negara asal Asia dan Eropa, entah kunjungan untuk belajar/mencari ilmu, bisnis ataupun berlibur – nuansa di kota Manchester ternyata semakin mengesankan, yaitu dikarenakan adanya bebagai ragam nasionality, kontinen dan juga berbagai bahasa, pengunjung atau pendatang resmi saling berbaur dengan harmoninya dengan penduduk asli di sekitarnya. Inilah yang membuat indahnya kota Manchester dibanding dari kota-kota Eropa lainnya!


Spoiler for Jenis Pekerjaan Para Penduduk di Manchester:
Jenis pekerjaan yang paling umum untuk para penduduk di Manchester yaitu jatuh dalam sektor administrasi dan kesekretariatan dan juga akutansi (jumlah 170.650 pekerjaan) atau (16.7%). Pekerjaan Manajer dan administrasi akuntansi (14,1%). Penghasilan kotor rata-rata yang dihasilkan bagi para pekerja di Manchester, tertingginya rata-rata £420,40/per-mingguan. Oldham memiliki penghasilan terendah laba kotor rata-rata permingguannya, yaitu £ 345,80. Manchester juga memiliki sektor keuangan perbankan yang sangat signifikan dan telah dinyatakan Manchester adalah kota yang berperghasilan tinggi.


Spoiler for Pengusaha Utama di Manchester:
Banyak bisnis manufaktur perusahaan bernama yang berbasis di dalam dan sekitar daerah Manchester Raya. Banyak yang berbasis di kota tetangga, yaitu di wilayah kota Trafford Park – manufaktur termasuk produsen penting seperti Coats Viyella, T & N, Renold dan Cirqual. Pada tahun 1997, Greater Manchester memiliki Output Manufaktur Kotor sebesar £19400000000.


Quote:Fakta dan kenyataan tentang Manchester - Manchester adalah kota tersukses di Inggris dan juga kota yang selalu aktif dengan para wisatawan dari berbagai negara di Eropa dan negara dari Asia. Dari data yang di dapat, misi kunjungan dari para negara luar (Eropa dan Asia), khususnya mereka datang untuk : tujuan wisata belanja, wisata hiburan menyaksikan para penyanyi dan komedi terkenal, wisata liburan sport, liburan romantik, kunjungan bisnis dan liburan sambil belajar (research). Dan di perkirakan pada tahun 2003 lebih dari 90 juta pengunjung datang untuk tujuan bisnis kunjungan dan selebihnya dikatagorikan untuk misi wisata liburan dalam perorangan atau grup. Berkat adanya dan semakin derasnya pengunjung datang ke Manchester, diperkirakan memberikan kontribusi untuk kota Manchester hampir £ 2 milyar poundsterling untuk lokal ekonomi itu sendiri.

Sejarah Manchester
Pada awalnya telah diperdebatkan nama untuk Manchester itu ada pengertian. Pengertian nama yang pertama adalah di lambangkan dari Benteng Romawi di Castlefield, dan pengertian nama yang kedua adalah dilambangkan dari jalan di sepanjang bangunan sejarah Manchester Katedral dan juga Sekolah Musik Chetham, lokasi inilah yang membentuk teradinya lingkup batas sebagai nama kota Manchester pada zaman abad pertengahan. Pada masanya Norman Barons, yang telah merebut Britania (Inggris) pada tahun 1066, di wilayah kecil Manchester itu dulunya sangat jelas sekali telah menggunakan bahasa Inggris Kuno atau disebut dengan bahasa Anglo-Saxon. Sebagai bahasa utama yang digunakan zaman dulunya itu, maka lahirnya nama panggilan kotanya kota yaitu “Mameceaster” – Tetapi sebelum masuk ke abad 17 nama panggilan kotanya yaitu “Manchester” ternyata lebih populer dengan penduduk, lebih mudah di ucapkan dan juga lebih sering digunakan. Pada awalnya, Manchester juga lebih dikenal sebagai dusun kecil yang berdekatan dengan kota Salford, dan kepemilikan kotanya waktu lalu adalah kota Salford itu sendiri. Dibawah ini adalah kutipan sejarah singkat tentang bagaimana daerah yang sekarang di kenal sebagai Manchester tercipta.

Spoiler for Mamuciam – Penduduk suku Roman asli di Manchester awal abad 410:
Setelah penarikan bangsa Romawi/Roman keluar dari benteng di Mamuciam sekitar abad 410 AD, tetap saja seluruh kota (dan benteng) di Manuciam jatuh dan mengalami kehancuran ke dalam mangsa dari berbagai fraksi/musuh yang menyerang dari luar negeri. Semua daerah di Mamuciam waktu itu berpendudduk asli seperti penduduk asli Angle, penduduk asli Denmark dan penduduk asli Saxon, yaitu golongan penduduk yang bermukim di daerah Mamuciam untuk tinggal beberapa waktu saja dan juga untuk jangka waktu panjang. Untuk golongan penduduk yang telah tinggal dalam jangka waktu panjang, pada akhirnya dapat dibilang telah menjadi penduduk lokal daerah itu sendiri. “Mamuciam” dalam bahasa latinnya berarti ” bukit berbentuk payudara.” Dan berdasarkan dari deskripsi Agricola (budayawan), dearah tempat ini (di Mamuciam) dibagun beserta benteng aslinya menghadap ke arah sungai Irwell, sekarang dapat dilihat sisa-sisa sejarah bangunannya di sekitar Camp Street / Jalan Camp (di kota Salford).


Spoiler for Awal tahun pertengahan abad Pertengahan dalam upaya mempertahankan tanah Manchester.:
Sejarah singkat yang referensinya diambil dari catatan kependudukan kota, mencatatkan tentang putra dari raja besar “Alfred” (bernama Edward, dari generasi marga Elder), mengambil alih seluruh tanah kota Manchester di abad 920 AD (dengan diikuti meninggalnya raja Alfred di tahun 899), berikut juga dalam upayanya memperbaiki “benteng-benteng” pertahanan yang rusak berat (untuk kepastian tahun perbaikan kotanya berbasis di sekitar tahun ketika terbangunnya gedung-gedung katedral (Cathedral)/gedung kekuasaan tertinggi di Manchester), dan sangat memungkinkan sekali jika bentuk bangunan Katedral-nya masih sangat kuno dengan menggunakan pagar dari kayu.


Spoiler for Norman Manchester dan Domesday (penguasa Manchester tahun 1086):
Sebagai ucapan terimakasih kepada Baron Norman yang telah mendukung dalam menaklukan Britania, Raja William (si Penakluk) diberikan hadiah murah hati sebagai imbalannya, yaitu kepemilikan tanah. Pembagian tanah untuk daerah Salford diberikan kepada Rogier de Poitevin (juga dikenal sebagai Roger de Pitou) yang meliputi untuk beberapa feifdoms (ketua daerah) dan bangsawan Manchester antara mereka. Bangsawan bernama de Poitevin adalah satunya dan dengan pendukung kesatuan sendiri, yaitu Albert de Greslé (dikenal sebagai Albert Grelley). Grelley adalah penguasa pertama yang menganut titel Baron di Manchester, dan untuk keseterusannya keluarga Grelley juga akan memegang tahta manor/bangsawan untuk masa 200 tahun dan ke depan.


Spoiler for Awalnya Industri Tekstil di Manchester:
Pada tahun 1322 ada beberapa bukti catatan yang menuliskan adanya pabrik pemintalan katun bersekala besar di Manchester, yang juga menunjukkan awalnya dari pabrik tekstil di Manchester dengan pemintalan sendiri berikut juga proses pembuatan ragam macam katunnya. Pabrik tekstil pemintalan katun lainnya juga menjamur di sekitar luar Manchester dengan ukuran gedung pabriknya yang bisa dibilang sangat besar. Dulunya gedung pabrik pemintalan katun Manchester ini letaknya tidak jauh dari bangunan-bangunan penting di Manchester; (Katedral Manchester, gedung sekolah musik akademi Chetham dan juga gedung kekuasaan penting lainnya). masih dari awal tahun 1300-an lokasi gedung pabrik katun Manchester ini ternyata berlokasi berdekatan dengan sungai besar Irwell dan juga dengan jembatan “Hanging Bridge” (yang dulunya dijadikan tempat penjemuran bergantung untuk kain-kain basah dari pabrik katun Manchester).


Spoiler for Keluarga La Warre dan Pondasi Kekusaan di Manchester:
Semasa abad ke-14, Manor (pemilik kekuasaan tanah) di Manchester di kuasai kepemilikannya oleh keluarga bermarga “de la Warre”. Dan pada tahun 1422, Thomas de la Warre, Lord of the Manor (bangsawan yang berkuasa), ia mendirikan sebuah perguruan tinggi berlisensi sebagai pemberian dari kekuasaan kerajaannya, yaitu mendirikan sekolah perguruan itu masih tetap bertahan sampai sekarang, yaitu bernama: Chets School= lebih dikenal sebagai Chetham school; dan sekarang telah dijadikan dan dikenal sebagai sekolah musik ternama di Inggris dan juga didunia ), ia juga dan mendirikan sebuah gereja perguruan tinggi (yang dikenal sebagai katedral). Berdirinya gereja/katedral baru saat itu adalah pemberian yang didedikasikan untuk Santo Maria, Santo Denys dan Santo George – keduanya (Santo Maria dan Santo George) berdedikasi di politik dan diplomatik, dan untuk Santo Denys adalah sebagai santo pelindung Paris. Juga dari generasi ketururuan Perancis “De la Warre’s Norman; Santo George, didedikasikan sebagai Santo Pelindung dari Inggris, yang menunjukkan bahwa keluarga keturunannya telah ber-ihkrar sebagai orang Inggris (dan tidak lagi berstatus Norman French/ asal perancis), dan untuk Santo Mary dikarenakan belum termasuk sebagian dari wilayah Manchester (dan Inggris), lalu didedikasikan sebagai Penganut Katolik Roma yang setia. Perluasan untuk pembangunan gereja- gereja lama dimulai kembali, di perbaharui dengan bangunan bergaya modis Gotik tegak lurus, yang bangunannya sekarang masih tetap berdiri kokoh dan untuk sejarah sepanjang abad berikutnya.


Iklim & Cuaca
Prediksi iklim cuaca di Manchester-Inggris yang sebenarnya adalah dikatagorikan berdasarkan musim setiap tahunannya, yaitu: Spring (musim semi), Summer (musim panas), Autumn (musim gugur) dan Winter (musim dingin).

Spoiler for peta manchester:


Lanjutannya ada di post #2 gan

Jangan lupa di rate ya gan
~AnarchyBoyz~
Sekilas foto-foto Manchester



Spoiler for Manchester Town Hall di Albert Square, pusat pemerintahan daerah Manchester, adalah contoh dari arsitektur Gotik era Victoria.:


Spoiler for Piccadilly Gardens, salah satu ruang terbuka hijau di Manchester.:


Spoiler for Salah satu sudut Chinatown di Manchester.:


Spoiler for Trafford Centre adalah pusat perbelanjaan terbesar kedua di Britania Raya.:


Spoiler for Menara Beetham di Deansgate merupakan gedung tertinggi di Manchester dan menara hunian tertinggi di Inggris.:


Spoiler for Bandar Udara Manchester merupakan merupakan bandar udara tersibuk ketiga di Britania Raya dan terbesar kedua di luar London.:


Spoiler for Stasiun Manchester Piccadilly, salah satu dari dua stasiun utama di Manchester.:


Spoiler for Gallagher bersaudara dari Oasis:


Spoiler for Manchester Arena, tempat pertunjukan musik utama di kota.:


Spoiler for The Opera House, salah satu teater terbesar di Manchester.:


Spoiler for Canal Street, salah satu pusat hiburan malam di Manchester dan bagian dari desa gay.:


Spoiler for Pintu masuk ke Old Quadrangle dan Whitworth Hall, bagian dari kampus Universitas Manchester.:


Spoiler for Old Trafford stadium:


Spoiler for Etihad Stadium:
Pertamax gan
Pantesan ajh ada dua club,
Kotanya keren gila
Keren gan
ternyata ga cuma MU dan City
tapi juga Bolton
Ijin nyimak gan
Mantap dah emang manchester.
Apa lagi sekarang city makin bagus.
Jadi bisa tambah ngetop dari kota milan n madrid.
Tapi tetep UNITED selalu di hati.
Kapan ya bisa jalan kesana
Keren.. Apalagi MUFC gan,, the king club of england...
wah gan desany keren beud tuh,,
jd pengen ke sana
aduuuh pgn bener ane ksana gaaan, tp kapan ya?!
Quote:Original Posted By dodoldodolan
Mantap dah emang manchester.
Apa lagi sekarang city makin bagus.
Jadi bisa tambah ngetop dari kota milan n madrid.
Tapi tetep UNITED selalu di hati.


iya gan mudah"an jd salah satu kota terkenal di dunia
ada yg terlewat gan,
the past of manchester is RED,but the future is BLUE.


Quote:Original Posted By bluerevolution
ada yg terlewat gan,
the past of manchester is RED,but the future is BLUE.




tapi butuh waktu gan buat ngejar 19 gelar liga inggris
Spoiler for MU:


ini mah tampak depan rumah ane gan...di jalan komodo raya..:
kapan ya bisa ksana??
hanya bsa mimpii
Quote:Original Posted By AnarchyBoyz
tapi butuh waktu gan buat ngejar 19 gelar liga inggris



ignore past,look forward.
get the brighter future.

Quote:Original Posted By pikoq
Spoiler for MU:


ini mah tampak depan rumah ane gan...di jalan komodo raya..:


oh iya gan yg samping smp 4 itu ya?

Quote:Original Posted By bluerevolution

ignore past,look forward.
get the brighter future.



oke deh sesama manchester kita hancurkan klub kota milan
nice info gan
wah, lebih keren kalau fotonya di perbanyak dan diperbesar gan
Quote:Original Posted By susantophan
nice info gan


thankyou gan

Quote:Original Posted By ukaya
wah, lebih keren kalau fotonya di perbanyak dan diperbesar gan


iya gan thanks msukannya tp fotonya mang dpetnya ukuran segitu
Via: Kaskus.co.id
Back To Top