Tips Biar Agan Menjadi Recommended Seller di FJB !




WIH JADI HT GAN!
Terima kasih mimin momod dan kaskuser sekalian



UPDATE komeng kaskuser DI SINI   (www.kaskus.co.id) GAN!




Permisi Juragaan




Bro n Sis sekalian pasti udah tau dong kalau FJB adalah salah satu tempat bisnis jual beli online terbesar di Indonesia

Dengan klaim "The Largest Indonesian Community" , kaskus sendiri sudah memfasilitasi Komunitasnya (yang biasa disebut Kaskuser) dengan platform dan fitur-fitur yang membantu kenyamanan jual-beli di FJB.

FJB dan Kaskuser juga punya ikatan yang erat sehingga kegiatan transaksi Jual-beli seakan sudah mempunyai landasan kepercayaan yang telah dibangun dengan baik. Tapi seiring perkembangannya, ane banyak liat juga Kaskuser yang "kaget" dengan tampilan baru kaskus FJB sekarang (termasuk ane Gan)

Hmm.. Sebenernya bukan "kaget" sih gan, mungkin belum terbiasa aja. Justru ane sebagai kaskuser malah jadi penasaran dengan kehidupan FJB yang baru. Tapi setelah ane telusuri, sebenernya tampilan baru atau lama sama aja gan. Asal agan mau explore FJB lebih banyak pasti Agan tetep bisa buat lapak yang bagus dan menarik.


Maka dari itu ane pengen kasih tips nih berdagang yang baik dan agan bisa jadi Recommended Seller di FJB


Quote:Tips menjadi Seller yang baik

Intinya adalah bagaimana Agan mendapatkan kepercayaan dari Kaskuser lainnya. Yaitu dengan meningkatkan kualitas thread jualan agan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang dimiliki Kaskus serta berkelakuan baik sebagai Kaskuser. Ini beberapa tipsnya Gan :


1. Ikuti Aturan Main Forum


Sebelum Agan mulai berjualan, bacalah rules yang tertera di FJB. Rules ini biasanya di Sticky kok Gan. atau Agan juga bisa membaca F.A.Q setiap forum terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman antara Seller dan Buyer, dan untuk menghindari kesalahan biar Thread Agan gak di lock sama momod.


2. Beri Judul yang JELAS



Judul tuh penting banget gan. Karena dengan melihat judulnya aja, agan udah terlihat serius berjualan atau tidak. Sesuaikan judul dengan barang dagangan agan. Mengisi judul itu tidak harus panjang, yang penting singkat dan padat akan informasinya.


3. Buat Lapak Agan semenarik Mungkin


Buat Thread FJB sama aja kayak bikin Thread di forum lainnya gan. Agan harus bisa menghias lapak agan dengan sekreatif mungkin (lebay) Jangan lupa tambahkan smiley, gambar dan bahasa-bahasa yang menarik perhatian buyer. Tentunya isinya harus sesuai dengan dagangan agan ya.


4. Foto is a Must



Foto ini penting banget Gan, kalo kata Kaskuser "No Pic, Hoax" Ini bener banget, sekarang kan kaskus punya fitur baru tuh di search engine FJBnya, jadi foto dagangan agan bisa keliatan di kiri. Itu kan lumayan banget gan buat first impression lapak agan. Jangan lupa foto dagangan agan yang detail dari berbagai arah angin gan, kanan, kiri, atas, bawah, kolong dll. Kalau di lapak agan gak ada fotonya, buyer gak bakalan bisa melihat barang serta kondisi barang agan dongs. (Foto harus asli ya gan, jangan Copas dari mbah gugel !)


5. Cantumkan Informasi dengan lengkap



Ketika Agan mau ngejual barang, kan ada kolom-kolom seperti Judul, Harga, Extra Attribute, Diskon, dan kolom deskripsi dibawahnya. Nah itu jangan sampe lupa diisi semua gan, agar lapak agan terlihat serius dan gak asal-asalan. Ente juga harus spesifik menjelaskan barang dagangan Agan di kolom deskripsi dibawahnya. Penjelasan produk Agan, Kondisi, Harga satuan, Cara pembayaran, Harga reseller adalah beberapa hal yang bisa Agan jelaskan di kolom Deskripsi. (*minjem lapaknya agan toto_suryo  (www.kaskus.co.id) makasih ya Gan )

6. Tulis Harga Pasti



Kalo ane jadi buyer, ketika ane udh tau barang apa yang akan di cari, pasti hal yang ane liat berikutnya adalah Harganya gan. Contohnya ane masih sering nemuin tuh kalo lagi nyari2 kolor di fjb, harga kolornya Rp 123.456.789 Ya kali gan ane kan jd males buka lapaknya, kyknya berantakan gitu. Menurut ane sih agan harus tulis harga pasti, toh andai kata kemahalan agan bisa pake fitur "Discount" biar buyer liatnya lapak agan lebih murah.


7. Cantumkan Kontak Agan dan Jaga Komunikasi dengan Buyer (PM, No Telf, Line, Whatsapp, Email)



Ini penting banget Gan, jangan sampai lupa mencantumkan nomer yang bisa dihubungi oleh buyer. Karena Agan harus menjaga komunikasi dengan buyer. Kalo perlu Agan pake komunikasi online macem YM, Gtalk, dll untuk memudahkan buyer menghubungi Agan.


8. Cantumkan Cara Pembayaran (Transfer-Rekber-COD)



Tentunya Agan harus mencantumkan metode pembayaran. Jika buyer menginginkan penggunaan Rekening Bersama, pastikan agan memilih jasa RekBer yang sudah familiar dan terkenal di FJB. Hal ini juga untuk menghindari penipuan dengan modus RekBer. Tips lainnya adalah dengan mempunyai rekening bank lebih dari satu. karena ini semakin memudahkan pembeli untuk mentransfer uang mereka lewat ke rekening agan. Jangan lupa untuk pake sms banking atau internet banking untuk mempermudah agan dalam pengecekan


9. Tulis kata kunci (Tags) dengan singkat dan jelas



Ketika Agan mulai membuka lapak, ada informasi Tags di bawah upload image. Tulislah Tags dengan bijaksana agar Thread Agan gampang di cari. Contoh misalnya Agan pingin jual Sepatu Adidas, Ketik Keywords atau Tags "Adidas" "Superstar"


10. Jadilah Kaskuser yang Baik (Gabung Komunitas atau Komeng dengan bijak)



Dengan ente menjadi Kaskuser yang baik, jujur, ramah dengan pelanggan/calon pelanggan maka reputasi ente sebagai Seller pun pasti dengan sendirinya juga bakal berdampak positif. Mungkin Agan bisa gabung ke komunitas-komunitas di Kaskus yang sekiranya membutuhkan produk Agan. Tentunya dengan komeng yang baik dan jangan menjadi Spammer atau Junker.


11. Minta Testimoni kepada Buyer yang telah membeli dagangan Agan



Jangan lupa meminta testimoni kepada pelanggan Agan, ini bisa menjadi bukti bahwa Agan bisa di percaya oleh Kaskuser. Buat Thread testimoni sendiri Agar lapak agan terlihat rapih dan enak dipandang.


12. Jangan Lupa Update Thread Jualan Agan



Update thread jualan ketika barang dagangan Agan sudah terjual, ada perubahan harga atau produk. Ini bakalan membantu Kaskuser lainnya agar lebih nyaman jika sedang belanja di FJB,


13. Menjadi Verified Seller



Ane denger-denger kan sekarang di Kaskus udh ada fitur "Verified Seller" tuh gan. Kalo Agan emang serius mau jualan di FJB, Agan bisa manfaatin tuh. Ane juga belom pernah sih. Tapi seharusnya dengan fitur ini, buyer pasti akan lebih percaya karena Agan sudah teridentifikasi dan terverifikasi oleh Kaskus. Agan juga bakal dapet Tags "Verified Seller" dibawah user id Agan. Lebih lengkapnya cek disini  (help.kaskus.co.id)


14. Berdoa



Yah yang ini jangan sampe dilupain Gan Kalo yang namanya Jualan terus dagangan gak laku mah udah hal yang biasa. Ente kudu pasrahin juga sama yang maha Esa, yang namanya rezeki kagak kemana-mana Gan. Yang penting kita udah usaha




Tambahan tips dari kaskuser

Spoiler for Tips dari kaskuser:
Quote:Original Posted By bellaadista
Jujur & ulet kunci utamanya bray


Quote:Original Posted By VeryBagus
Klo dri ane.

-No. Hp selalu sama. #biar gak dikira tipu2.
-Iklan jelas padat.
-Selalu terima Cod kirim. Rekber opsi terakhir.
-Layani semua sms ,bbm,wa dri buyer dg senyum.
-kasih detail kondisi barang.


Lumayan banyak yg direct langsung kesaya. Tapi rata2 mereka lenyap begitu saja tanpa 1 testi apapun.


Quote:Original Posted By fauzieuy
Yang penting "Kepercayaan"...

- Menggunakan Rekber
- Selalu tepat waktu pengiriman
- Fast Respon
- Harga bersaing



Quote:Original Posted By capulet.inc

GOT IT BOSS... !!
udah ada di ane semuanya...

nambah tips dari pengalaman ane sbg seller aktif mulai 2011 :
- pakai watermark di tiap pic, biar gak di copas sama tukang tipu
- cantumkan garansi resmi / personal (jika 2nd)
- beri keterangan pasti utk transaksi (COD /kirim²)
- jangan cuma maunya COD an aja, kasih kesempatan buat buyer luar kota untuk beli dagangan ente. ini iklan online gan... bukan iklan di warung Kopi
And the last.....

~ Beri kesempatan buyer untuk menawar, bukan FJB namanya kalau tidak tawar-menawar...


Quote:Original Posted By prayoganteng
tambahan dari ane :
- kalo bales bbm yg ramah..jgn cm 1-2 kata
- jgn maksa nentuin format pemesanan..karena buyer jg perlu tanya2 sebelum beli
- jangan songong ke custumer dgn aturan ini itu...customer adalah raja..ga ada customer barang ente ga akan laku


Quote:Original Posted By gomamon.
Ribet amir gan, saya sih cukup ingat satu kata aja "kepercayaan"
Pengalaman pribadi dulu, walaupun kita baru pertama buka iklan di FJB, asal kita jujur sepenuhnya dengan buyer, pasti kita akan dicap recommended seller oleh buyer yang percaya pada kita

Kunci utama dan paling penting jadi recommended seller di Kaskus cuma kepercayaan buyer
Kepercayaan itu ibarat perawan, kalau kita sekali saja menipu buyer, maka otomatis selamanya lapak dan ID kita tidak akan dipercaya lagi

Gak ada testimoni?, gk usah khawatir gan buat yg mau pertama buka iklan di FJB
testimoni itu cuma formalitas untuk buka lapak aja, biar tambah meyakinkan, asal kita niat jualan jujur, gak ada unsur tipu menipu, buyer pasti akan datang sendiri
"Trust is built through action, not a words"- Chris Redfield


Quote:Original Posted By daniumar
metode Cod juga penting gan, tp hati2 dan teliti waktu mencoba/cek barang..
krn sekarang makin banyak aja kasus penipuan bahkan dgn cod sekalipun :serem


Quote:Original Posted By noobies1122
ane ada pelanggan beberapa dari ada juga dari olx dan tokopedia ,jadi gatau dari mana aja yg contact ane.jadi jarang minta testimoni.
ada beberapa item yang ane memang males cod.jadi sistem kepercayaan,bukan mau nipu(bikin rejeki seret doang tipu2).tapi emang ada kala nya beberapa item yang harus dikirim,atau ada kerjaan/kegiatan lain
tapi biasanya kalo ga cod ane selalu tag resi(kalo perlu ane kasih no resi nya terus buyernya ane suruh tracking resi2 yg dikirim)
alhamdulillah ada aja yg beli dan sampai sekarang masih berbisnis dengan beliau2 disana walaupun tanpa testimoni2
(soalnye ane juga ga bisa buat trit yang bagus)

jadi curhat

semoga para seller di fjb kaskus rejeki nya nambah


Quote:Original Posted By DemonZkey
yang paling penting sih

-fast respond
-ramah(biarpun udah feeling ini orang kayanya ga mau beli tapi tetep jawab pertanyaannya)
-harga bersahabat

buyer gw juga cuma beberapa aja yang ninggalin testi di lapak,disitu kadang says merasa

tapi untung aja buyer baru selalu datang Dan ada juga yg ngasih testi(banyakan yang engga haha)


Quote:Original Posted By ry777
Nice info gan..
Nambah 1 lg, kalo mau recommended di FJB mesti Fast Response dan Ramah.
2 hal itu juga penting gan..

Ane paling males beli dilapak orang jutek meskipun harganya miring..


Quote:Original Posted By KangoorooRizky
Kepercayaan nih bener-bener no.1 gan. Jadi kalo seller labil kayak ane mah mending bertapa dulu deh
BTW, foto juga jadi peran penting juga sih kalo mau jualan, soalnya ane juga pernah buka lapak, karena bener-bener mepet ane cuman ngasih 1 gambar doang hasilnya : gaada yang sms -_-. Besoknya ane upload lagi foto, eh banyak yang nanyain

Thanks for sharing gan. Mulai hari ini ane akan jadi seller yang tidak labil dan dapat dipercaya


Quote:Original Posted By Gembelalas
Kalo boleh nambahin sih.selain kudu jujur atas barang yg dijual, seller harus fast respon, kalo bisa kasih nope, pin BBM (jgn pin atm), WA, ato pokoknya pake jalur mana yg sekiranya agan seller yg cepat balesnya.

Yang bikin sauwedih itu ketika si buyer udah bilang mau kasih testis eh testi tapi nyatanya langsung ilang


Quote:Original Posted By introvertion
kontak sama penampakannya gan yg kata ane penting.
sama harga harus bersaing


Quote:Original Posted By ngoaha
kalau ane apa yaa

ane sih rekber
ntar orang pas liat jualan yang udah laku dengan sistem rekber pasti percaya dan di lapak lain bisa gk pake rekber lagi


Quote:Original Posted By bombdamn
yang penting jujur dan ramah, jujur dalam menjelaskan kondisi barang dan ramah menanggapi calon pelanggan


Quote:Original Posted By pratama.putra
menurut gw kalo kaskus serius menggarap fjb, seharusnya sistem verified seller itu prioritas


Quote:Original Posted By gfy
semakin maraknya penipuan/lapak palsu di fjb jadi banyak calon buyer yg mengutamakan rekber dan cod :d


Quote:Original Posted By jeampus
mantap gan. tips jitu nih klo mau dagangan laku. jujur ane lbh tertarik yg threadnya ga full tulisan mllu ud gtu rata kiri lg. monotone jd nya. yg bergambar, bnyk spoiler dan quote malah kelihatan lbh rapih dan elegan


Quote:Original Posted By NoTiCe
Harga net menurut ane sangat efektif tuh gan, jadi ga ada acara tawar menawar pas di hubungi


Quote:Original Posted By eddiesangadjie
Selalu bersedia menggunakan rekber di dalam setiap penjualan kita gan...
ane aje yg penjualan barang nya udh banyak di fjb tetep aja masih memberbolehkan menggunakan rekber gan...


Quote:Original Posted By danu93
kalo pengalaman ane pribadi biar dinilai sbg recomended seller itu harus jujur, terus juga masalah pengiriman harus segera kalau pembeli udah transfer lalu diinfokan no resi walau pembeli ga minta



Quote:Original Posted By agoenk70
Nice gaaaan.. mungkin di tambah promo menarik itu akan lebih mantep lagi


Quote:Original Posted By liverpool521
Hanya 2 cara biar harta kita bergerak gan, berdagang dan sedekah..jd jgn lupa sedekah gan klo jualan kita udh laris InshaAllah gantinya berlipet lipet...pelanggan jd nambah



Quote:Original Posted By abizaidan
jujur itu modal awal
fast respon.. juga ramah


Masih banyak yang ane belum update gan.. maklum belom sempet ngaskus lg nich. Tapi pasti bakal ane update terus... makasih gan



nice idea gan !
Quote:Quote:
Quote:www. TVGaviliation .com  (www.kaskus.co.id)
Quote:kualitas tag heur harga kaskus !
barang ORIGINAL
garansi 1 TAHUN



Quote:Quote:
Quote:www. TVGindonesia .com  (www.kaskus.co.id)
Quote:kualitas tag heur harga kaskus !
price start from 140.000
garansi 1 TAHUN



Quote:Quote:
Quote:www. pantofel-keren .com  (www.kaskus.co.id)
Quote:harga mulai Rp120.000,-
itu knp ada gambar pengacara gagal dah, bkin eneg aja.

mesin canon  (rzlfotocopy.com)
Jujur & ulet kunci utamanya bray
Gambarnya kocak2 gan
Tapi itu ada pantat ampas
mantap gan tipsnya
nice share gan top markontop

Wew udah hot trit aja ni trit, baca dulu :bigcendol
yang penting jujur mah bro

setdah itu kenapa ada fantat abbas ?
njir yang verified seller kagak ada ilustrasi laen apa
Klo dri ane.

-No. Hp selalu sama. #biar gak dikira tipu2.
-Iklan jelas padat.
-Selalu terima Cod kirim. Rekber opsi terakhir.
-Layani semua sms ,bbm,wa dri buyer dg senyum.
-kasih detail kondisi barang.


Lumayan banyak yg direct langsung kesaya. Tapi rata2 mereka lenyap begitu saja tanpa 1 testi apapun.

GOT IT BOSS... !!
udah ada di ane semuanya...

nambah tips dari pengalaman ane sbg seller aktif mulai 2011 :
- pakai watermark di tiap pic, biar gak di copas sama tukang tipu
- cantumkan garansi resmi / personal (jika 2nd)
- beri keterangan pasti utk transaksi (COD /kirim²)
- jangan cuma maunya COD an aja, kasih kesempatan buat buyer luar kota untuk beli dagangan ente. ini iklan online gan... bukan iklan di warung Kopi
And the last.....

~ Beri kesempatan buyer untuk menawar, bukan FJB namanya kalau tidak tawar-menawar...
ada fitur verified seller juga sekarang ?
Kalo boleh nambahin sih.selain kudu jujur atas barang yg dijual, seller harus fast respon, kalo bisa kasih nope, pin BBM (jgn pin atm), WA, ato pokoknya pake jalur mana yg sekiranya agan seller yg cepat balesnya.

Yang bikin sauwedih itu ketika si buyer udah bilang mau kasih testis eh testi tapi nyatanya langsung ilang
Quote:Original Posted By VeryBagus
Klo dri ane.

-No. Hp selalu sama. #biar gak dikira tipu2.
-Iklan jelas padat.
-Selalu terima Cod kirim. Rekber opsi terakhir.
-Layani semua sms ,bbm,wa dri buyer dg senyum.
-kasih detail kondisi barang.


Lumayan banyak yg direct langsung kesaya. Tapi rata2 mereka lenyap begitu saja tanpa 1 testi apapun.

santai gan, kita jualan barang.. bukan testie
Buyer akan tau sendiri ntar..



keep spin FJB Seller
Yang penting "Kepercayaan"...

- Menggunakan Rekber
- Selalu tepat waktu pengiriman
- Fast Respon
- Harga bersaing
Kepercayaan nih bener-bener no.1 gan. Jadi kalo seller labil kayak ane mah mending bertapa dulu deh
BTW, foto juga jadi peran penting juga sih kalo mau jualan, soalnya ane juga pernah buka lapak, karena bener-bener mepet ane cuman ngasih 1 gambar doang hasilnya : gaada yang sms -_-. Besoknya ane upload lagi foto, eh banyak yang nanyain

Thanks for sharing gan. Mulai hari ini ane akan jadi seller yang tidak labil dan dapat dipercaya
wahh nice info deh gan, ane juga sering dagang di fjb
nice tips gan
Nice infoh
Via: Kaskus.co.id
Tag : The Lounge
Back To Top