Cek Repost (www.kaskus.co.id)
Spoiler for pilot:
Quote:Bagaimana rasanya menerbangkan pesawat tempur? Semua orang pasti memiliki mimpi besar untuk bisa berada di dalamnya. Lalu bagaimana caranya menjadi seorang penerbang tempur TNI AU?
"Untuk menjadi pilot pesawat tempur bisa dari lulusan Akademi AU, atau ikatan dinas pendek. Yang terakhir memiliki masa dinas terbatas di TNI AU," ungkap Kadispen AU Marsma Hadi Tjahjanto saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu (8/4).
Walau semua orang memiliki kesempatan yang sama, namun ada syarat utama yang harus dimiliki setiap calon penerbang. Yakni fisik, kecerdasan dan kesehatan yang prima. Ketiga faktor itu sangat penting untuk bisa menerbangkan sebuah pesawat tempur.
"Setelah itu, mereka harus lulus seleksi. Lalu mereka menjalani pendidikan penerbang mulai dari latihan dasar dan lanjut, kemudian akan dinilai apakah penuhi syarat," paparnya.
Sementara itu, sesuai aturan, mereka yang mengambil ikatan dinas pendek hanya dapat berdinas di lingkungan TNI AU selama 10 tahun. Sedangkan penerbang yang berasal dari Akademi AU bisa terus menjadi pilot pesawat tempur hingga usia 58 tahun.
"Rata-rata yang bisa mencapainya sampai berpangkat Letkol. Tapi berdasarkan tingkat itu maka kesehatan sudah tidak bisa lagi, makanya komandan skadron itu kebanyakan dipegang Letkol," jelas Hadi.
Spoiler for sukhoi:
Spoiler for F 16:
Quote:Berikut beberapa syarat lain untuk bisa menjadi penerbang TNI AU lewat Akademi Angkatan Udara:
Quote:1. Warga Negara Indonesia pria;
2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945;
4. Berusia setinggi-tingginya 22 tahun, dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan saat pembukaan pendidikan pertama;
5. Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI, berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap;
6. Tinggi badan minimal 165 cm, dan panjang kaki minimal 100 cm;
7. Sehat jasmani, rohani, bebas narkoba, dan tidak berkacamata;
8. Berijazah serendah-rendahnya SMA/madrasah aliyah (MA) jurusan IPA;
9. Belum pernah menikah, dan sanggup untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama, dan selama dua tahun setelah selesai pendidikan pertama;
10. Bersedia dalam ikatan dinas pendek (IDP) keprajuritan selama 10 tahun, terhitung mulai diangkat sebagai letnan dua, dan dapat diangkat kembali menjadi prajurit karier sesuai persyaratan;
11. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI;
12. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri; dan,
13. Lulus pemeriksaan dan pengujian yang meliputi postur dan lahiriah, administrasi, kesehatan, kemampuan jasmani, psikologi, mental, ideologi, tes bakat terbang, dan tes akademik.
sumber (www.merdeka.com)
Spoiler for buka:
Spoiler for buka:
Spoiler for buka:
Spoiler for buka:
Spoiler for buka:
Spoiler for buka:
wah nyoba daftar ah
tapi gw pernah jadi pilot modal 200 rb gan
jadi pilot merpati
tapi gw pernah jadi pilot modal 200 rb gan
jadi pilot merpati
enak maen game pesawat tempur saja gan... tanpa resiko.... kwokwokwokwo...
wan setubuh ama atas ane
cita cita ane dari kecil , gak tercapai cuman karena mata ane minus ...
ditempatkan di seluruh wilayah nkri ane kangen emak gan orang nya
dosen ane pak letkol pilot pesawat perang dlu , kata nya latihan nya parah , harus guling guling , biar gak muntah , tapi tetep ajah muntah
mata biasanya juga jadi acuan gan.. ga boleh minus ya
ya sama aja kayak masuk TNI atau POLRI gan
Quote:Original Posted By tokomapan ►
wah nyoba daftar ah
tapi gw pernah jadi pilot modal 200 rb gan
jadi pilot merpati
modal 200 rb gan?
Quote:Original Posted By omedee2u ►
cita cita ane dari kecil , gak tercapai cuman karena mata ane minus ...
sayang bgt gan...
Quote:Original Posted By aldean1605 ►
ditempatkan di seluruh wilayah nkri ane kangen emak gan orang nya
yah,susah dong gan
Quote:Original Posted By approve.cc ►
dosen ane pak letkol pilot pesawat perang dlu , kata nya latihan nya parah , harus guling guling , biar gak muntah , tapi tetep ajah muntah
guling guling sampe eneg,trs muntah
Quote:Original Posted By adipani ►
mata biasanya juga jadi acuan gan.. ga boleh minus ya
pasti gan, mata yg paling penting
wah nyoba daftar ah
tapi gw pernah jadi pilot modal 200 rb gan
jadi pilot merpati
modal 200 rb gan?
Quote:Original Posted By omedee2u ►
cita cita ane dari kecil , gak tercapai cuman karena mata ane minus ...
sayang bgt gan...
Quote:Original Posted By aldean1605 ►
ditempatkan di seluruh wilayah nkri ane kangen emak gan orang nya
yah,susah dong gan
Quote:Original Posted By approve.cc ►
dosen ane pak letkol pilot pesawat perang dlu , kata nya latihan nya parah , harus guling guling , biar gak muntah , tapi tetep ajah muntah
guling guling sampe eneg,trs muntah
Quote:Original Posted By adipani ►
mata biasanya juga jadi acuan gan.. ga boleh minus ya
pasti gan, mata yg paling penting
Ane blom cukup umur gan
Menurut temen ane yang di TNI AU, emang syarat untuk jadi pilot pesawat tempur tuh super duper susah, kalo dia bilang, yang jadi pilot TNI AU tuh pasti secara fisik dan otak sangat prima dan diatas rata2
Berat nih kayaknya ya gan
Gak sanggup ane gan
Gak sanggup ane gan
maju terus pilot2 TNI AU,semoga koleksi pswat tempurnya tambh n kesejahteraannya mkin baik
building planes is better than flying them
wah syaratnya g bgtu berat y gan
cita2nya ane pas TK gan ..*curhat
Via: Kaskus.co.id
Tag :
The Lounge