Saudara Orangutan Borneo yang Diambang Kepunahan

  (www.kaskus.co.id)
Bissmillahirrahmanirrahim...Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Datang dithread ane
Semoga bermanfaat



Spoiler for cek:

Orangutan Sumatera adalah jenis orangutan yang paling terancam di antara dua spesies orangutan yang ada di Indonesia. Dibandingkan dengan 'saudaranya' di Borneo, orangutan Sumatera mempunyai perbedaan dalam hal fisik maupun perilaku.

Spesies yang saat ini hanya bisa ditemukan di propinsi-propinsi bagian utara dan tengah Sumatera ini kehilangan habitat alaminya dengan cepat karena pembukaan utan untuk perkebunan dan pemukiman serta pembalakan liar. Terdapat 13 kantong populasi orangutan di pulau Sumatera.

Dari jumlah tersebut kemungkinan hanya tiga kantong populasi yang memiliki sekitar 500 individu dan tujuh kantong populasi terdiri dari 250 lebih individu. Enam dari tujuh populasi tersebut diperkirakan akan kehilangan 10-15% habitat mereka akibat penebangan hutan sehingga populasi ini akan berkurang dengan cepat.

Menurut IUCN, selama 75 tahun terakhir populasi orangutan Sumatera telah mengalami penurunan sebanyak 80%. Dalam kurun waktu 1998 da 1999, laju kehilangan tersebut dilaporkan mencapai sektar 1000 orangutan per tahun dan terdapat di Ekosistem Leuser, salah satu luasan hutan terbesar di bagian utara Pulau Sumatera.

Saat ini populasi orangutan Sumatera diperkirakan hanya tersisa sekitar 6.500-an ekor (Rencana Aksi dan Strategi Konservasi Orangutan, Dephut 2007) dan dalam IUCN Red List edisi tahun 2002, orangutan Sumatera dikategorikan Critically Endangered atau sudah sangat terancam kepunahan.


Quote:Persebaran Orangutan Sumatera
Spoiler for 1:
Quote:Quote:Orangutan sumatera hanya ditemukan di Pulau Sumatra. Dengan hanya 6.600 individu yang tersisa di alam liar, spesies orangutan ini berada dalam kondisi sangat terancam punah.

Satu-satunya populasi orangutan sumatera (Pongo abelii) yang hidup berdampingan dan berjumlah lebih dari 1.000 individu terdapat dalam wilayah yang disebut sebagai Kawasan Ekosistem Leuser, membentang di perbatasan antara Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Dengan luas sekitar 2.500.000 hektar, Kawasan Ekosistem Leuser merupakan kawasan konservasi ekosistem hutan yang terluas di Asia Tenggara dan menaungi sekotar 80% orangutan sumatera yang tersisa.


Quote:Ciri-ciri Fisik
Spoiler for 2:
Quote:images coutesy of pinterest.comQuote:Kebalikan dari orangutan Borneo, orangutan Sumatera mempunyai kantung pipi yang panjang pada orangutan jantan. Panjang tubuhnya sekitar 1,25 meter sampai 1,5 meter. Berat orangutan dewasa betina sekitar 30-50 kilogram, sedangkan yang jantan sekitar 50-90 kilogram. Bulu-bulunya berwarna coklat kemerahan.

Jantan dewasa umumnya penyendiri sementara para betina sering dijumpai bersama anaknya di hutan. Rata-rata setiap kelompok terdiri dari 1-2 orangutan dan kedua jenis kelamin mempunyai daya jelajah sekitar 2-10 kilometer yang banyak bertumpang tindih tergantung pada ketersediaan buah di hutan.

Setelah disapih pada umur 3,5 tahun, anak orangutan akan berangsur-angsur independen dari induknya setelah kelahiran anak yang lebih kecil. Orangutan Sumatera betina mulai berproduksi pada usia 10-11 tahun, dengan rata-rata usia reproduksi sekitar 15 tahun.


Quote:Pola Makan
Spoiler for 3:
Quote:images courtesy of mongabay.comQuote:Sekitar 60% makanan orangutan adalah buah-buahan seperti durian, nangka, leci, mangga dan buah ara, sementara sisanya adalah pucuk daun muda, serangga, tanah, kulit pohon dan kadang-kadang telur serta vertebrata kecil.

Mereka juga tidak hanya mendapatkan air dari buah-buahan tetapi juga dari lubang-lubang pohon. Orangutan Sumatera diketahui menggunakan potongan ranting untuk mengambil biji buah. Hal ini menunjukkan tingkat intelegensi yang tinggi pada orangutan Sumatera.


Quote:Ancaman
Spoiler for 4:
Quote:Quote:Ancaman terhadap populasi orangutan Sumatera mencakup hilangnya habitat hutan yang menjadi perkebunan sawit, pertambangan, pembukaan jalan, legal dan illegal logging, kebakaran hutan dan perburuan.
Spoiler for Penurunan dan Hilangnya Habitat:
Habitat orangutan di Sumatera menghilang dengan sangat cepat. Di Sumatera Utara, diperkirakan tutupan hutan telah berkurang dari sekitar 3,1 juta hektar di tahun 1985 menjadi 1,6 juta hektar pada 2007. Sebaran orangutan di masa yang lalu diperkirakan hingga ke Sumatera Barat (Yeager, 1999), tetapi saat ini sebaran orangutan di habitat aslinya hanya terdapat di Aceh dan Sumatera Utara serta areal reintroduksi orangutan di perbatasan Jambi dan Riau.

Sebuah rencana untuk membangun jalan besar melalui Ekosistem Leuser di bagian utara Sumatera saat ini mengancam habitat orangutan. Jalan raya ini setidaknya akan memotong Ekosistem Leuser di sembilan tempat dan unit-unit habitat tambahan orangutan di bagian utara yang lebih jauh. Diperkirakanjika jalan raya tersebut dibuat melintasi kawasan hutan, penebangan liar pun akan semakin meluas sehingga meningkatkan ancaman terhadap habitat orangutan Sumatera.

Spoiler for Perburuan:
Quote:Meskipun telah dilindungi oleh hukum di Indonesia sejak 1931, perdagangan liar orangutan untuk dijadikan hewan peliharaan merupakan salah satu ancaman terbesar bagi satwa langka ini.

Saat ini di beberapa lokasi di sumatera utara dilaporkan telah terjadi konflik antara orangutan dan manusia akibat adanya pembukaan hutan alam untuk pengembangan perkebunan kelapa sawit di habitat atau wilayah jelajah orangutan. Akibat fatal biasanya menimpa orangutan.


Dari data terakhir yang dimiliki oleh ANTARA SUMUT, populasi Orangutan Sumatra diperkirakan hanya tinggal 6.624 individu dan termasuk salah satu spesies yang sangat terancam punah.
Untuk menghentikan terus terjadinya penurunan jumlah populasi orangutan di hutan sumatera maka perlu adanya tindakan nyata dari pemerintah dan masyarakat.
Quote:
Beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan primo animale Indonesia ini adalah :
Spoiler for 1:
Quote:Penyelamatan Habitat OrangutanQuote:images courtesy of pinterest.comQuote:Sebagai langkah awal dalam penyelamatan Orangutan Sumatera dari kepunahan adalah dengan cara menyelamatkan habitatnya terlebih dahulu.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara penghentian pembukaan hutan untuk lahan perkebunan sawit, berperang melawan illegal logging, reboisasi dan menggalakkan gerakan tanam seribu pohon.
Spoiler for 2:
Quote:Memberikan Seruan Terhadap MasyarakatQuote:images courtesy of google.comQuote:Di indonesia tingkat pembunuhan dan penjualan orangutan terbilang cukup tinggi karena pada umumnya masyarakat tersebut tidak mengetahui atau tidak menganggap orangutan sebagai salah satu satwa kebanggaan negeri kita. Dan masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga kelestarian orang utan masih sangat sedikit.
Untuk itu kita herus menggalakkan kampanye orangutan di berbagai daerah di sumatera, baik di perkotaan maupun dipedesaan.

Misalnya mengadakan seminar tentang orangutan, sosialisasi, memberikan pendidikan langsung tentang konservasi terhadap masyarakat khususnya di Sumatera, penyebaran poster-poster dan slogan tentang penyelamatan Orang utan Sumatera dari kepunahan, memberikan seruan agar tidak membuka lahan perkebunan di kawasan konservasi, dan lain-lain. Dengan adanya kegiatan seperti ini masyarakat mendapatkan informasi tentang orang utan dan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk ikut melestarikan orang utan tersebut.
Spoiler for 3:
Quote:Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Orangutan SumateraQuote:images courtesy of pinterest.comQuote:Disamping memperbaiki habitat Orangutan Sumatera dan menumbuhkan kesadaran pada masyarakat, kita juga harus melakukan penelitian terhadap orangutan, seperti cara pengobatan, tingkah laku dan kebiasaan sehari-hari orangutan seperti perilaku makan, tidur, grooming, kimpoi, perilaku maternal dan banyak lagi.

Hal ini penting agar kita tidak salah dalam mengambilkan tindakan dalam penangkaran dan konservasi. Selain itu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Orangutan Sumatera juga dapat dilakukan dengan penangkaran dan rehabilitasi.
Spoiler for 4:
Quote:Meningkatkan Hubungan Antara LSM Dengan LSM Terkait, Pemerintah, Dan MasyarakatQuote:images courtesy of wwf.or.idQuote:Pelestarian orangutan sumatera tidak mungkin hanya dilakukan oleh pemerintah, atau LSM tertentu saja, tetapi harus ada dukungan dari semua pihak, termasuk dukungan dari masyarakat Internasional.

Contohya dalam menyelamatkan habitat orangutan, departeman kehutanan harus bekerja sama dengan LSM lingkungan hidup, kepolisisan, dan masyarakat sekitar, karena sangat sulit jika mereka bekerja secara individu dan rintangannya pasti akan lebih ringan apabila dilakukan dengan bekerjasama.



Spoiler for source:

Demikian thread sederhana ane.
Jika bermanfaat boleh Rekomendasikan HT  (docs.google.com)
Ane sangat mengharapkan cendul nya gan




reserved by TS
harus dilestairkan dan dilindungi sebelum terlambat
biar ht
btw tu gara gara hutan yang dibabat ama orang sedeng tuh

kok gak bisa di opmin
miris juga gan, habitatnya mulai tersingkir ,


kasian habitatnya sudah semakin hilang
ane pikir orangutan cuman ada di borneo
ternyata...
Quote:Original Posted By doderemifasol
harus dilestairkan dan dilindungi sebelum terlambat

iya gan, harus itu. kalok gak pasti cepat atau lambat spesies ini akan punah.
Quote:Original Posted By pertamaxeceran.
biar ht
btw tu gara gara hutan yang dibabat ama orang sedeng tuh

iya gan, udah banyak kali orang sedeng kutengok.

demi kepentingan pihak tertentu.
selain orang utan.....masih banyak lagi yang di ambang punah gan....
miris...
kasihan habitatnya dirusak, ntar kalo orang utannya msuk ke daerah perkebunan di bunuh, pdahal kn yg slah manusianya.
Quote:Original Posted By dopoj0npen
miris juga gan, habitatnya mulai tersingkir ,



iya bang, akibat ulah orang yang ga bertanggung jawab, kayak ilegal looging, dan lahan baru untuk kebun sawit bang.
Quote:Original Posted By kohakuken
kasian habitatnya sudah semakin hilang

iya gan.
Quote:Original Posted By uao
ane pikir orangutan cuman ada di borneo
ternyata...

di sumatera juga ada gan.
Quote:Original Posted By koernikoe92

demi kepentingan pihak tertentu.

iya gan. bukan hanya itu banyak juga pihak yang tak bertnggung jawab. kasian
Quote:Original Posted By curut77
selain orang utan.....masih banyak lagi yang di ambang punah gan....
miris...

iya bang, ane bahas yang satu ini, karena ane orang sumatera.
Quote:Original Posted By baloenkz11
kasihan habitatnya dirusak, ntar kalo orang utannya msuk ke daerah perkebunan di bunuh, pdahal kn yg slah manusianya.

iya emang bener sih. emang manusia juga yang buat kerusakan dimuka bumi ini.
kasian mereka









Dollar Dekati 15Ribu akhir bulan ini - Cuma ngisi survei dapet dollar
Daftar yaaa - Gratis lho
  (goo.gl)
Quote:Original Posted By big605
kasian mereka


iya gan
padahal lucu banget orang utan nya
"Meskipun telah dilindungi oleh hukum di Indonesia sejak 1931, perdagangan liar orangutan untuk dijadikan hewan peliharaan merupakan salah satu ancaman terbesar bagi satwa langka ini. "

Waduh
Kasian, biarkan mereka hidup bebas #SaveOrangutans

Jadi keinget film rise of the planet of the apes
Quote:Original Posted By HughWolverine
"Meskipun telah dilindungi oleh hukum di Indonesia sejak 1931, perdagangan liar orangutan untuk dijadikan hewan peliharaan merupakan salah satu ancaman terbesar bagi satwa langka ini. "

Waduh
Kasian, biarkan mereka hidup bebas #SaveOrangutans

Jadi keinget film rise of the planet of the apes

iya bang. kita harus menjaga habitatnya mereka agar mereka kembali hidup bebas dan tidak kekurangan mangsa/makanan.
save orangutan untuk kehidupannya dan lingkungan
moga para pelaku penebang pohon bisa diberi peringatan atau larangan
Quote:Original Posted By keretasenja08
save orangutan untuk kehidupannya dan lingkungan
moga para pelaku penebang pohon bisa diberi peringatan atau larangan


iya bang senja.
maka dari itu harus ada peranan penting antara pemerintah, LSM, dan tentunya kita sebagai masyarakat.
ane miris ngeliatnya bang. karena ini ditempat ane disumatera utara itu #bukitlawang dekat leuser hanya tinggal sedikit populasi orangutan yang dulunya ane liat masih mau turun dari gunung ke pemukiman dan sekarang nihil bang.
Via: Kaskus.co.id
Tag : The Lounge
Back To Top