Facebook Didesak Hapus Emoji 'Gemuk'

 Ilustrasi Facebook (Mashable)

Kelompok aktivis Endangered Bodies menggelar petisi online di Change.org untuk mengkritik Facebook. Endangered Bodies meminta Facebook untuk menghapus opsi status dan emoji 'feeling fat' dari pembaruan status.

Saat berita ini ditulis, petisi itu sudah mendapatkan lebih dari 15 ribu tandatangan dari target 25 ribu. Endangered Bodies menilai status dan emoji tersebut seperti mengolok-olok orang-orang yang bertubuh gemuk, serta dapat melahirkan pikiran buruk.

"Ketika pengguna Facebook membuat status 'feeling fat', mereka mengolok-olok orang-orang yang merasa kelebihan berat badan, termasuk yang memiliki gangguan makan," jelas Endangered Bodies, seperti dilansir Mashable, Senin (9/3/2015).



Endangered Bodies menegaskan 'feeling fat' seharusnya tidak digunakan untuk menggambarkan perasaan. "Fat (gemuk) bukan sebuah perasaan. Gemuk adalah bagian alami dari tubuh kita, berapa pun beratnya. Semua tubuh pantas dihargai dan dilindungi," sambung Endangered Bodies.

Tak hanya melalui petisi, hastag #fatisnotafeeling juga digunakan untuk menggambarkan kekesalan mereka terhadap opsi pembaruan status Facebook tersebut.

Adapun Facebook melalui juru bicaranya mengatakan bahwa opsi 'feeling' yang ada saat ini di layanannya hadir dari berbagai masukan para pengguna.

"Orang-orang menggunakan Facebook untuk berbagi perasaan dengan teman-teman mereka dan saling mendukung. Salah satu opsi yang kami berikan adalah menambahkan 'feeling' ke postingan. Ada lebih dari 100 'feeling' yang kami tawarkan berdasarkan masukan dari pengguna," jelas juru bicara tersebut.
Tag : Internet
Back To Top