Awas `Drakula` Penghisap Layanan Data

 Kisah Perjalanan Smartphone Ultra Tipis OPPO
Smartphone dan tablet dianggap sebagai perangkat paling pas untuk membantu aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, perangkat mobile yang kini lazim dipakai orang-orang itu kerapkali menguras dompet karena paket datanya yang boros.

Ya, apalah artinya smartphone dan tablet tanpa kuota layanan data. Namun terkadang sebagian orang tak sadar kuota layanan datanya tersedot karena beberapa aktivitas yang dilakukannya di perangkat mobile.

Bagaimana caranya agar layanan data bisa terpakai dengan efisien dan tidak membobol dompet? Berikut cara agar paket data bisa dioptimalkan dan tidak terbuang percuma.
 Ilustrasi Youtube
 Upload Video

Fitur kamera yang ada di perangkat mobile kini sudah semakin canggih dan memungkinkan penggunanya untuk membuat video dengan kualitas yang terbilang bagus. Namun, sebagian orang seringkali meng-upload video rekamannya ke YouTube atau layanan berbagi video lainnya menggunakan jaringan seluler.

Aktivitas ini merupakan kebiasaan yang sebaiknya dihindari, sebab upload video ke internet akan menyedot kuota data dalam jumlah besar. Semisal, satu video berkualitas HD berkapasitas 200 MB, maka tak perlu upload banyak video untuk menghabiskan kuota data bulanan Anda. Sebaiknya pakai koneksi Wifi saja.
 Pertama di Arab Saudi, Pasangan Menikah Lewat Skype
 Chatting Video

Berkomunikasi dengan video chat sepertinya lebih menarik daripada chatting teks. Namun, aktivitas komunikasi menggunakan fitur video call juga menjadi salah satu penyebab kuota data habis dalam waktu yang lebih singkat daripada teks chat.

Gunakan komunikasi video call dalam kondisi tertentu, misalnya sudah lama tidak bertemu pasangan atau keluarga dan merindukannya barulah gunakan video chat. Tapi jika berkomunikasi dengan teman-teman sehari-hari sebaiknya gunakan teks chat.
 Game online
 Online Game

Layanan online game cukup jadi hiburan bagi sebagian orang untuk membunuh waktu menjemukan sehari-hari. Sayangnya, aplikasi game online cukup kejam dalam menghisap kuota layanan data jika dipakai tanpa kontrol.

Supaya game online tetap bisa digunakan tanpa boros akses layanan data, sebaiknya atur batas maksimal penggunaan layanan data dengan mengelompokkannya dan berikan kuota 1MB sampai 10MB ketika bermain agar Anda tak lupa waktu yang mengakibatkan kebobolan kuota.
 Layanan Streaming
 Musik dan Video Streaming

Dua layanan multimedia ini juga merupakan 'drakula' penghisap kuota layanan data bagi pengguna perangkat mobile. Memang sih, menggunakan streaming bisa membuat ruang penyimpanan handset lebih luas karena tak perlu menyimpan lagu dan video di dalamnya.

Akan tetapi, kontrol batas penggunaan internet Anda untuk menonton atau mendengarkan lagu secara online. Jangan sampai, 3GB kuota layanan data Anda hilang karena keasyikan menonton video streaming berkualitas HD.
Tag : Internet
Back To Top